Tips Sukses Menjalankan Usaha Toko Buku Dan Alat Tulis

Tips Sukses Menjalankan Usaha Toko Buku Dan Alat Tulis – Apakah anda sedang mencari ide bisnis? Mungkin bisnis satu ini bisa anda coba, ya usaha toko buku atau a;at tulis. Usaha toko buku dan alat tulis bisa kami katakan sebagai salah satu potensi usaha yang sangat berpeluang besar menghasilkan untung besar dan balik modal cepat. Asalkan Anda tau bagaimana cara tepat dalam mengelola usaha toko buku dan alat tulis.

Tips Sukses Menjalankan Usaha Toko Buku Dan Alat Tulis

Tips Sukses Menjalankan Usaha Toko Buku Dan Alat Tulis

Meski dari sisi potensi usaha ini sangat menjanjikan, tetapi kesalahan dalam strategi bisa menyebabkan usaha ini tak bisa sukses menjual sesuai target yang Anda tentukan. Simaklah tips yang kami berikan seperti berikut, semoga bisa menjadi referensi anda untuk menjalankan usaha toko buku dan alat tulis. Selengkapnya :

Peluang usaha toko buku dan alat tulis

Pilih lokasi strategis

Ini adalah kunci utama dari usaha toko buku dan alat tulis, karena usaha semacam ini sebisa mungkin harus cukup dekat dan terjangkau dengan pasar potensialnya. Misalkan dekat dengan sekolah, kawasan kompleks perkampusan atau malah dekat dengan kawasan perkantoran. Hindari pilihan lokasi yang sekiranya sudah terlalu pada persaingan karena usaha seperti ini rentan dengan persaingan, semakin ketat persaingan maka pemain lama biasanya yang mudah bertahan.

Sediakan produk dengan lengkap

Jadikah toko Anda serba ada untuk segala jenis produk alat tulis dan buku. Ini membuat toko Anda sebagai tempat yang paling dicari untuk mereka yang mencari segala kebutuhan segala alat. Bila Anda membuka usaha ini di kawasan dimana banyak kalangan muda menjadi konsumen Anda, maka coba maksimalkan penjualan Anda pada produk dengan tema kartun, bentuk yang lucu dan unik karena produk macam ini banyak disukai kalangan remaja.

Tetapi bila pasar Anda adalah kalangan perkantoran, coba siapkan produk alat tulis kalangan menengah yang dikemas secara eksklusif. Atau kalau memang memungkinkan siapkan keduanya sekaligus untuk menggaet kedua pasar.

Siapkan etalase yang mudah dicapai konsumen

Kebanyakan konsumen dari usaha toko buku dan alat tulis cenderung memiliki kecenderungan untuk memilih sendiri barang yang ingin mereka beli sesuai dengan selera mereka. Kebanyakan konsumen juga membeli alat tulis dengan mempertimbangkan kenyamanannya di tangan mereka. Itu sebabnya sebaiknya sediakan etalase yang memungkinkan konsumen mencapai sendiri setiap produk yang Anda jual dan mudah pula untuk mereka pilih dan jajal sendiri.

Selalu siapkan kelas-kelas harga

Konsumen Anda bisa datang dari berbagai kelas ekonomi, jadi usahakan menjual produk dengan beberapa tingkatan harga supaya bisa mencakup semua kelas. Bagaimanapun akan sulit bertahan dengan usaha toko buku dan alat tulis yang sengaja menentukan segmen pasar tertentu saja.

Tambahkan layanan lain

Untuk menambah nilai keuntungan dari usaha toko buku dan alat tulis, sebaiknya Anda menambahkan fasilitas layanan yang semakin menguatkan usaha Anda. Misalkan dengan membuka layanan fotokopi, layanan printing digital dan pengetikan, penjilidan, pemotongan, layanan terjemahan dan desain dan masih banyak ide layanan tambahan lain. Beberapa usaha sejenis juga menyediakan beberapa buku bacaan yang sekiranya banyak dicari seperti buku cerita anak, buku mewarnai dan kreatifitas anak atau buku agama. Untuk layanan tambahan, sebaiknya jalin kerjasama supaya Anda bisa mendapatkan mesin fotokopi atau mesin printing yang murah meriah. Misalkan sekarang ini sudah banyak penawaran sewa mesin fotokopi yang bisa Anda manfaatkan untuk usaha Anda.

Jalin kerjasama

Ingin penjualan alat tulis Anda semakin kencang? Jalin kerjasama dengan perusahaan atau institusi di sekitar Anda supaya Anda bisa menjadi supplier alat tulis bagi perusahaan atau institusi tersebut. Ini akan membantu Anda memastikan penjualan produk alat tulis berjalan lancar, meski biasanya sistem pembayarannya akan berjalan dengan sistem termin.

Bentuk kerjasama lain yang bisa Anda jalankan adalah jalinan kerjasama dengan panitia event tertentu di kota Anda. Dengan cara ini, seluruh kebutuhan alat tulis dan pencetakan dan fotokopi akan menggunakan jasa dari usaha Anda, tentu saja dengan harga khusus dan dengan imbalan usaha Anda akan masuk dalam daftar sponsor. Ide ini akan meningkatkan popularitas usaha Anda, dan tentu saja Anda tetap bisa meningkatkan penjualan.

Temukan supplier yang menjual harga miring

Lebih baik beli langsung dari supplier atau distributor resmi ketimbang Anda membeli dari penjual grosir. Karena biasanya harganya akan jauh lebih miring sehingga memberi Anda ruang cukup untuk mengambil keuntungan.

Buat promosi

Pada musim tertentu seperti menjelang pergantian tahun ajaran baru, Anda bisa menambah stok barang dagangan Anda dan membuka promosi khusus seperti paket alat tulis dengan harga lebih murah atau paket pembelian buku dengan harga miring. Lalu buat pengumuman promosi ini besar-besaran di kota Anda dengan banner di jalur yang ramai dilalui orang dan dalam sekejab stok Anda akan ludes terjual. Diakui cara ini akan memaksa Anda menanam modal besar, tetapi dengan pengembalian yang cepat dan keuntungan yang menggiurkan.

Rincian perhitungan usaha toko buku

Modal Awal

Peralatan

  • Renovasi Tempat = Rp. 3.000.000,00
  • Lemari etalase kaca = Rp. 1.000.000,00
  • Rak kayu dan meja display = Rp. 1.000.000,00
  • Meja kursi kasir = Rp. 300.000,00
  • Papan Nama = Rp. 100.000,00
  • Jumlah = Rp. 6.400.000,00

Peralatan tersebut mengalami penyusutan selama empat tahun dan memiliki nilai residu sebesar Rp. 1000,- . bila memenggunakan metode penyusutan dengan garis lurus.Biaya Penyusutan = (Rp. 6.400.000,00 – Rp.1.000,00) : 4 = Rp. 1.599.750,00 per tahun atau sama dengan Rp. 133.313,00 per bulan.

Perlengkapan

  • Kantong Plastik = Rp. 100.000,00

Perhitungan laba/rugi

Pendapatan

  • Rp.200.000,00 x 30 hari = Rp. 6.000.000,00

Biaya – biaya

  • Listrik = Rp. 200.000,00
  • Persediaan ATK = Rp. 2.000.000,00
  • Gaji Karyawan = Rp. 1.000.000,00
  • Biaya Perlengkapan = Rp. 100.000,00
  • Biaya Penyusutan Peralatan = Rp. 133.313,00
  • Lain – lain = Rp. 100.000,00
  • Jumlah = Rp. 3.533.313,00

Laba/Rugi Bersih = Pendapatan – Biaya
Rp.6.000.000,00 – Rp.3.533.313,00 = Rp. 2.466.687,00