Tips sukses menjalankan usaha telur asin untung besar

Tips sukses menjalankan usaha telur asin untung besar – Pernahkan anda mengkonsumsi telur asin? Pastinya anda pernah mencicipinya. Telur asin merupakan salah satu makanan yang memiliki sumber gizi yang baik, kaya akan protein hewani bahkan kabarnya lebih tinggi dari telur ayam biasa. Pengolahan dengan metode pengasinan juga membuat daya tahan telur menjadi lebih awet, selain itu cita rasa yang di hasilkan juga menjadi lebih di sukai di bandingkan dengan hanya di rebus seperti biasa. Kandungan gizi dalam telur asin terbilang tinggi sehingga banyak dikonsumsi masyarakat. Selain memiliki nilai gizi tinggi, rasa dari telur asin sendiri sangatlah gurih.

Tips sukses menjalankan usaha telur asin untung besar

Tips sukses menjalankan usaha telur asin untung besar

Dengan banyak kelebihan yang di miliki kuliner ini, menjadikannya begitu di sukai masyarakat dengan berbagai usia. Maka dari itu terdapat peluang yang cukup menjanjikan dari usaha pembuatan telur asin ini. Bagi anda yang ingin mencoba peruntungan usaha telur asin modal bukanlah masalah yang terlalu serius karena dengan modal di bawah 1 juta saja, anda sudah bisa menjalankan bisnis yang satu ini. Bahan baku yang dibutuhkan untuk membuat telur asin diantaranya adalah telur bebek atau telur puyuh mentah, batu bata yang dihaluskan, aneka rasa bumbu, dan garam. Bahan-bahan itu bisa didapatkan dengan mudah di pasaran dan harganya tidak terlalu mahal.

Cara memulai usaha telur asin untuk pemula

Mengetahui Proses Pemilihan Telur

Jenis telur yang digunakan sebagai bahan baku membuat telur asin berasal dari telur bebek. Sebelum diproses menjadi telur asin ada beberapa langkah wajib dilakukan yakni memilih telur berkualitas baik. Tips selanjutnya mengenai bisnis telur asin aneka rasa yakni harus memilih mana telur berkualitas baik dan layak untuk dijadikan telur asin. Biasanya pemilihan telur tidak terlalu rumit cenderung memperhatikan ukurannya.

Namun, tidak hanya ukuran saja, dalam menjalankan bisnis telur asin aneka rasa setiap pebisnis di bidang ini harus bisa memilih telur sehat. Kondisi telur yang sehat tentu saja tidak berbau, cangkang telur tidak retak, dan embrio di dalam masih bagus. Ada cara mudah untuk menentukan kualitas telur yakni dengan menenggelamkannya dalam satu tempat berisi air. Jika telur ternggelam maka telur tersebut layak konsumsi, tetapi jika tidak tenggelam sebaiknya jangan dikonsumsi.

Cara membuat telur asin

Bersihkan telur dari kotoran yang menempel di permukaan kulit telur, pilih telur dengan kualitas yang bagus.
Membuat tempat pengasinan, yaitu campuran bata halus (bisa juga abu), garam, dan aneka rasa yang anda inginkan.
Lumuri telur dengan adonan pengasinan dan taruh pada wadah yang disediakan, biarkan selama 2 minggu agar rasa asin dan tambahan rasa lain meresap ke dalam telur.
Setelah 2 minggu, ambil telur, bersihkan, dan rebus sampai matang. Tunggulah sampai dingin dan anda bisa menambahkan stempel di kulit telur tersebut untuk mengenalkan nama usaha anda.

Menambahkan Rasa Baru

Rasa baru dalam telur asin ternyata bisa memberikan efek variasi kepada konsumen. Rasa asin yang selama ini identik dengan telur asin bisa di kombinasi dengan rasa lain seperti jahe, rasa makanan laut, dan rasa bawang. Sebenarnya untuk rasa telur asin sendiri, dalam pemberian rasa tidak berbeda jauh saat membuatnya, hanya dengan menambah perasa pada campuran batu bata halus.

Cara Memasak

Rata-rata pengusaha telur asin memasak telur dengan cara direbus, tetapi Anda bisa memasaknya dengan dipanggang atau diasapi. Cara memasak telur asin tersebut akan memberikan rasa berbeda dan terlihat lebih alami. Tips sukses usaha telur asin aneka rasa ini membutuhkan kreasi dalam memilih bahan perasa.

Proses Pengemasan

Tips sukses selanjutnya di dalam bisnis telur asin adalah proses pengemasan dimana dalam mengemas telur asin gunakan desain kemasan yang menarik perhatian konsumen. Menambahkan beberapa keunikan seperti melabeli kemasan dengan merek unik bisa jadi satu cara mendapatkan perhatian konsumen. Rata-rata pengusaha lebih memilih mengemas produk telurnya ke dalam kemasan kertas karton dan terbuka, karena jika menggunakan plastic kedap udara telur lebih mudah basi.

Pemasaran Produk

Produk telur asin sangat banyak dipasarkan di berbagai daerah, bahkan di beberapa tempat memiliki pusat pembuatan telur asin jadi lebih mudah dalam memasarkannya. Tips selanjutnya yang tidak boleh di tinggal ialah dalam bidang pemasaran, dimana bisa menggunakan media online dan reseller. Tetapi setiap reseller kini sudah bisa mengerti bagaimana cara memilih produk berkualitas di pasaran. Media online tentu bisa menjadi satu tips sukses usaha telur asin aneka rasa, tawarkan kepada konsumen mengenai keunggulan dari produk telur asin Anda kemudian beri tahu cara membelinya.Jika sudah bisa berjalan lancar, maka bisnis telur asin dapat memnuhi kebutuhan perekonomian keluarga. Bila Anda masih ingin menjual telur asin tanpa bantuan sistem online maka jual dengan menitipkan barang ketoko sembako juga bisa.

Usaha telur asin ini memang gampang-gampang susah di jalankan, namun dengan modal yang tidak begitu besar, bisnis yang satu ini bisa menjadi pilihan bagi anda. Tetapi tetap saja anda harus pintar dalam mengolah telur bebek menjadi telur asin yang lezat dan di sukai banyak konsumen.

Keuntungan usaha telur asin

Menurut beberapa sumber yang saya baca, keuntungan bisnis telur asin ini ada di kisaran 20% dari omset penjualan. Jadi jika dalam satu hari anda menjual 500 butir telur asin dengan harga 1 butirnya 3 ribu, maka omset harian anda Rp 1.500.000, 00, dan dalam satu bulan omset anda mencapai Rp 45.000.000, 00. Dengan omset itu, anda berkesempatan mendapatkan keuntungan hingga Rp 9.000.000, 00 tiap bulannya.

Pencarian terkait:

Usaha bebek telur 2017