Tips sukses mengelola usaha catering makanan untuk pemula

Tips sukses mengelola usaha catering makanan untuk pemula – Menjalankan bisnis kuliner merupakan bisnis yang menjanjikan saat ini, karena prospek usaha kuliner akan terus berkembang mengingat kuliner atau makanan menjadi kebutuhan semua orang dan permintaan konsumen terus meningkat. Bagi anda ibu rumah tangga yang ingin membuka usaha, tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis catering. karena memasak merupakan kegemaran dari ibu rumah tangga. Bisnis catering juga cocok di jalankan bagi anda yang memiliki kegemaran terhadap makanan atau bagi anda yang melihat peluang yang besar di dalam bisnis catering ini.

Tips sukses mengelola usaha catering makanan untuk pemula

Tips sukses mengelola usaha catering makanan untuk pemula

Usaha catering dapat dilakukan dimana saja, akan tetapi pemilihan tempat yang strategis adalah faktor penentu keberhasilan usaha catering anda. Memilih lokasi yang strategis dimana masyarakat luas dapat menjangkau usaha catering anda. Usaha catering makanan ini biasanya di butuhkan ketika ada acara seperti hajatan, pernikahan, sunatan, reuni dan lain sebagainya. Saat ini hampir setiap hari pasti ada saja acara tersebut terutama di daerah pemukiman padat seperti kota-kota besar di indonesia. catering menjadi pilihan banyak orang karena dengan catering, tidak perlu repot-repot lagi memasak untuk para tamu undangan.

Cara menjalankan usaha catering agar laris manis

Persiapkan Modal

Untuk menjalan bisnis ini, dibandingkan usaha rumahan lainnya. Usaha ini cukup membutuhkan biaya modal yang cukup besar. Dan jangan salah, bahwa orang yang telah menjalan usaha ini sudah banyak juga, sehingga persaingan sangat berat. Setidaknya anda memiliki modal agar mempunyai kelebihan yang bisa ditonjolkan untuk promosi besar-besaran.

Menentukan jenis usaha katering makanan

Ada berbagai macam jenis usaha katering ini :

  • Catering Rumahan : usaha katering yang melayani pesanan sampai dengan 100 orang. Meliputi rantangan untuk rumah tangga, pesanan prasmanan untuk arisan/pengajian, pesanan nasi boks untuk 20-100 porsi, dan pesanan nasi tumpeng.
  • Catering makanan anak : yaitu katering makan pagi/siang untuk Anak sekolah. Biasanya disajikan dalam rantang/tromol makan khusus anak-anak. Selain itu ada juga yang namanya katering makanan sehat dan katering makanan bayi.
  • Catering Kantoran : yaitu rantangan karyawan kantor, nasi boks atau prasmanan untuk perayaan/syukuran di kantor.
  • Catering Acara Khusus / Hajatan : seperti pernikahan dan perayaan. Umumnya menggunakan sistem prasmanan, tetapi kadang ditambah pula dengan pesanan nasi boks dan tumpeng.

Menentukan Lokasi Usaha Katering

Sebenarnya bisa dijalankan dimana saja, untuk mengurangi modal awal anda bisa sementara memulai di rumah anda sendiri. Tapi jika harus menyewa, pastikan lokasinya strategis, tempat yang ramai dengan jumlah penduduk padat

Memastikan Jenis Hidangan Makanan dan Kualitas

Ini sangat penting, karena ini adalah jualan anda. Inti dari bisnis katering ini. Tetap haus akan informasi pengetahuan tentang manakanan-makanan yang sedang populer, lokal, dan khas.

Ada beberapa keterampilan yang harus anda miliki disini :

  • Aneka masakan dan variasinya. Buat standar masakan anda yang membedakan dengan masakan pesaing
  • Pintar mengelola makanan agar tidak banyak terbuang atau basi, busuk untuk mengurangi kerugian
  • Membina hubungan dengan siapa saja, bahkan dengan pesaing sesama pengusaha katering agar dapat menentukan harga bersama.
  • Mempelajari teknik belanja agar sesuai perhitungan
  • Mengetahui tempat perbelanjaan yang biasa menawarkan harga miring.

Strategi Pemasaran/ Promosi yang tepat

Pergunakan semua model promosi atau pemasaran yang anda punya. Sebar brosur ke tempat penduduk yang padat, ke kantor perusahaan, ke kantor-kantor pelayanan, rumah sakit dan lain-lain. Bila perlu hubungi juga teman anda yang bekerja dikantoran. Juga manfaatkan kecanggihan sosial media, dan masuk ke grup-grup komunitas tertentu yang masih bisa dijangkau.

Harga

Sebagai pengusaha katering pemula, tak perlu mematok harga yang terlalu mahal. Coba berikan harga-harga permulaan, setidaknya sekaligus untuk test rasa makanan yang anda hidangkan dan promosi mulut ke mulut.

Selalu Membuat Inovasi Baru

Selalu ciptakan menu-menu baru dengan inovasi terbaru yang membuat jenis hidangan anda banyak pilihan. Tapi dengan tetap mempertahankan cita rasa makanan sebagai daya jual utama. – Inilah 7 Kunci Sukses Menjalankan Bisnis Katering Bagi Pemula

Penyajian Hidangan Yang Cepat dan Tetap Bersih

Jangan sampai terlambat, biasakan anda sudah berada di tempat acara minimal satu jam sebelum acara dimulai. Agar anda mempunyai waktu untuk mempersiapkannya dan tidak terburu-buru. Dan orang yang menggunakan jasa anda pun puas. Ingat juga, jangan karena klien anda sudah banyak makan lupa dengan kebersihan. Penting juga kebersihan para pramusajinya.