Tips sukses mempromosikan usaha clothing distro

Tips sukses mempromosikan usaha clothing distro – Distro berasal dari kata Distribution Outlet kemudian oleh kebanyakan pelaku usahanya disingkat menjadi kata distro yaitu tempat atau sarana untuk mendistribusikan barang dagangan. Tak heran jika saat ini marak sekali bermunculan brand clothing distro di pasaran, di karenakan oleh meningkatnya permintaan konsumen seiring dengan gaya fashion yang selalu up to date.

Saat ini banyak orang yang ingin membuka usaha distro, bisnis kaos distro, bisnis baju distro, atau usaha clothing distro. Ada yang memiliki modal usaha yang besar namun ada pula yang kebetulan modal usahanya terbatas. Untuk kamu yang modalnya cukup besar tentu saja tidak kerepotan dalam pengalokasian dananya untuk memenuhi kebutuhan distronya.

Tips sukses mempromosikan usaha clothing distro

Tips sukses mempromosikan usaha clothing distro

Mempunyai bisnis baju distro berarti bisnis yang menguntungkan bahkan hingga ke tahun-tahun mendatang. Dengan strategi membangun branding yang kuat, dikombinasikan dengan ide kreatif anda, dapat dijamin anda akan dapat memperoleh keuntungan walaupun dunia fashion mengalami perubahan dari waktu ke waktu.

Cara memulai usaha clothing pakaian distro

Tentukan Konsep

Dengan persaingan yang semakin lama semakin ramai, ada baiknya sebelum memulai usaha kaos distro ini para wirausaha menetapkan apa yang ia ingin capai dalam bisnis ini. Setelah misi ditetapkan maka proses selanjutnya adalah menentukan konsep dari brand kaos anda tersebut. Apakah nasionalis, apakah musik, apakah gothic dsb. Konsep ini yang nantinya akan menjadi nilai jual produk anda kepada konsumen, sehingga makin unik ide anda tersebut semakin baik dan juga menemukan pasar yang pas, usaha kaos distro anda akan sukses.

Lakukan Riset

Riset ini penting sebelum anda memasuki proses produksi. Riset ini bertujuan untuk melihat potensi pasar yang akan anda garap nantinya. Riset ini melingkupi riset tentang berapa harga jual yang akan ditawarkan, bagaimana pasar merespons, persebaran ukuran kaos, dan juga tema apa yang laku dipasaran. Di samping itu juga, anda perlu untuk meriset vendor (jika anda tidak produksi sendiri) karena itu penting dalam operasional anda nantinya.

Pikirkan Sistem Distribusi

Dalam operasional usaha kaos distro ini, system distribusi bukanlah sebagai komponen pelengkap saja, akan tetapi system distribusi adalah komponen penting yang dapat mempengaruhi kesuksesan usaha kaos distro anda. Meskipun produk yang anda hasilkan sangat bagus, jika anda tidak bisa mendistribusikannya maka usaha anda tersebut berada dalam bahaya. System distribusi disini mencakup bagaimana anda akan menjual hasil produksi anda online atau offline, toko mana saja yang bisa berkonsinyasi dengan anda, perlukah agen atau reseller freelance,dsb.

Pikirkan Konsep Marketing

Marketing bukanlah hanya bagaimana kita dapat menjual kaos distro kita. Branding, advertising, dan juga promosi harus kita pikirkan dalam bagian ini. Kaos distro tidak hanya tentang produk yang bagus tapi juga tentang sebuah simbol dari gaya hidup yang menarik dan dinamis. Kita harus pintar-pintar mengemasnya dalam berbagai aktivitas promosi, baik di social media maupun di lapangan.

Permodalan

Memulai usaha kaos distro tentu saja membutuhkan modal untuk memulainya. Besaran modal bisa bervariasi tergantung dari kuantitas dan kualitas kaos yang ingin dibuat. Banyak yang terjebak pada perhitungan modal ini. Jika anda memikirkan nominal biaya yang anda perlukan dalam membuat usaha kaos distro (misalkan satu juta), maka kalikanlah nominal tersebut dengan angka 5. Hal ini diperlukan karena dalam memulai usaha seringkali para wirausaha berpikir usahanya akan langsung sukses dan barang yang diproduksi akan sold out, tetapi kenyataan tidak selalu seperti itu. Dengan dikali oleh angka 5 tadi, maka wirausaha akan mendapatkan nominal modal yang aman dalam menjalankan usahanya.

Modal membuka usaha clothing baju distro

Biaya Produksi

  • Kaos combad cotton 30s Harga Rp 55.000,-/48 = Rp 2.640.000,-
  • Design Harga Rp 100.000,-/1 = Rp 100.000,-
  • Packaging Harga Rp 5.000,-/48 = Rp 240.000,-
  • Total = Rp 2.980.000,-
  • HPP = Rp 63.000,-

Perhitungan Keuntungan

  • Harga Jual = Rp 125.000/48 = Rp 6.000.000,-
  • Biaya Konsinyasi (30%) = Rp 37.500/48 = Rp 1.800.000,-
  • Biaya Produksi= Rp 63.000/48 = Rp 2.980.000,-
  • Profit = Rp 1.220.000,-
  • Profit per pcs = Rp 25.500,-