Tips Pemasaran Hasil Usaha Pertanian Melalui Media Online

Tips Pemasaran Hasil Usaha Pertanian Melalui Media Online – Pemasaran hasil pertanian melalui online dapat meningkatkan penjualan para petani. Dengan menggunakan internet kalian dapat memantau pemasaran produk dengan menggunakan website yang dibuat khusus sebagai tempat bertransaksi. Proses pembayarannya pun cukup mudah, jika ada konsumen berminat dengan produk kalian maka tinggal transfer uangnya ke rekening. Kemudian kalian tinggal mengirim pesanan ke alamat konsumen. Bisnis yang sangat praktis. Keuntungan yang di dapatk dalam pemasaran hasil pertanian melalui online adalah dapat menghemat biaya pemasaran. Efisiensi dan efektivitas dalam berhubungan dengan konsumen pun terjaga dengan baik.

Pemasaran Hasil Pertanian Lewat Media Online

Pemasaran Hasil Pertanian Lewat Media Online

Pemasaran Hasil Pertanian Lewat Media Online

  • Media Website
    Dengan menggunakan website pemasaran hasil pertanian berasa lebih mudah. Website kalian hendaknya berisi informasi produk pertanian, daftar produk pertanian, dan gambar produk pertanian yang kalian jual.
  • Media Weblog
    Hampir serupa dengan penggunaan website. Bedanya adalah pemasaran hasil pertanian dengan menggunakan weblog kalian tidak membutuhkan biaya. Dengan kata lain gratis. Jangan lupa untuk memberikan informasi lengkap produk yang kalian jual. Cantumkan juga kontak yang bisa dihubungi oleh konsumen kalian.
  • Media Email
    Jika menggunakan cara ini sebagai sarana pemasaran hasil pertanian, kalian harus memiliki website atau weblog terlebih dahulu. Kemudian baru bisa menggunakan email untuk mempromosikan website kalian. Promosi bisa berupa ajakan kepada alamat email yang kalian kirim dengan mencantumkan link website. Sehingga penerima email tinggal meng klik alamat website dan langsung masuk ke halaman utama website. Diharapkan dengan berkunjung ke website kalian penerima email akan tertarik dengan salah satu produk yang ditawarkan.
  • Media Sosial ( Facebook, Twitter, Instagram )
    Saat ini fenomena media sosial sedang marak. Selain menjalin hubungan dengan para kolega, kalian bisa juga menggunakan facebook sebagai sarana pemasaran hasil pertanian. Misal di facebook, saat ini sudah banyak yang memasarkan hasil pertanian menggunakan facebook. Banyak grup – grup jual beli hasil pertanian di facebook. Jika berminat, kalian bisa langsung gabung ke grup tersebut sebagai media pemasaran hasil pertanian. Jumlah yang bergabung dalam satu grup pun tidak sedikit, bisa sampai ratusan bahkan ribuan orang. Sangat menjanjikan sekali.

Adapun kelebihan yang didapatkan jika menggunakan internet sebagai media pemasaran hasil pertanian adalah sebagai berikut :

  1. Jangkauan pemasaran hasil pertanian yang luas. Tidak hanya dalam negeri saja, tetapi pangsa pasar luar negeri pun bisa kalian jangkau.
  2. Bisa kalian kerjakan dimana saja. Perkembangan pemasaran hasil pertanian dapat kalian pantau di rumah, kantor atau dari mana saja. Tentunya menggunakan media handphone, laptop atau komputer rumah kalian.
  3. Tidak seperti toko konvensional biasa dimana ada batasan waktu untuk penjualan produknya. Dengan internet Toko online kalian bisa online 24 jam dalam melakukan pemasaran hasil pertanian.
  4. Biaya yang dikeluarkan relatif kecil tetapi keuntungan yang didapat bisa berlipat.
  5. Perusahaan kecil pun bisa memiliki daya saing dalam pemasaran melalui internet.
  6. Tenaga kerja yang dibutuhkan tidak banyak. Kalian bisa menghemat gaji karyawan.
  7. Mempermudah dalam mendapatkan kolega bisnis. Dengan semakin banyak kolega maka pemasaran hasil pertanian akan lebih mudah dilakukan.
  8. Selain melakukan pemasaran hasil pertanian, kalian juga bisa mendapat informasi dan teknologi terbaru tentang dunia pertanian. Sehingga dapat meningkatkan hasil pertanian.

Pencarian terkait:

grup whatsapp pertanian