Tips Membuat Kandang Ternak Lovebird Sistem Koloni

Membuat Kandang Ternak Lovebird Sistem Koloni – Lovebird adalah jenis burung yang hingga sekarang masih tenar dan semakin terkenal di setiap harinya. Karena lovebird adalah jenis burung yang gampang diternakan, untuk saat ini di kalangan masyarakat justru sering membudidayakannya dengan sistem koloni. Kali ini kami akan membahas tentang cara pembuatan kandang lovebird sistem koloni yang benar dan tepat.

Tips Membuat Kandang Ternak Lovebird Sistem Koloni

Tips Membuat Kandang Ternak Lovebird Sistem Koloni

Cara Membuat Kandang Ternak Lovebird Sistem Koloni

Jangan sekali-kali kalian mengabaikan hal paling penting dalam pembuatan Kandang Lovebird Koloni, yaitu apakah Lovebird nantinya nyaman tidak selama di kandang. Kalian tentu tidak ingin kandang yang sudah di buat dengan susah payah malah ternyata sempit dan tidak membuat lovebird nyaman dikandang Selain itu, kalian juga harus memperhatikan poin penting lainnya seperti, apakah nantinya kamu akan dengan mudah membersihkan kandangnya. Serta pintu yang ada juga harus dirancang sedemikian rupa sehingga pemilik burung dapat mengeluarkan serta memasukkan tangan dengan mudah namun tidak membuat burung dapat lolos keluar. Bahan pembuatan kandang lovebird koloni ada dua jenisnya, yaitu bahan terbuat dari besi dan yang kedua kandang terbuat dari kayu.

  • Pembuatan Kandang Lovebird Dari Besi
    Membuat kandang memakai bahan besi atau kawat adalah lebih simpel. Jika kalian memilih memakai dari bahan kawat, seperti biasa tentukan terlebih dahulu panjang dan lebar kandang. Setelah itu kamu buat komponen kawat dengan cara memotongnya sesuai dengan ukuran yang kalian inginkan. Setelah itu, kalian dapat menyusunnya sendiri memakai las atau menjasakannya. Poin yang perlu kalian ketahui ketika pembuatan kandang memakai besi atau kawat yaitu, kalian harus membuang kawat-kawat yang mencuat tidak rapi, karena ini dapat melukai lovebird.
    Lalu, jika kandang telah siap dipakai tambahkan asesoris lainnya, jangan lupa sediakan pula sarang Lovebird buat bertelur, tambahkan tempat makan dan tempat minum serta tempat bertengger atau tangkringan untuk lovebird.
  • Pembuatan Kandang Lovebird Dari Kayu
    Awalilah dengan pengukuran dan potong kayu sesuai kebutuhan, lalu pasang-pasanglah membentuk persegi, ataupun sesuai dengan keinginan kamu, terserah saja. Setelah itu potonglah jeruji untuk bagian depan kandang. Kalian bisa merakitnya dengan menggunakan paku dan lem. Jangan lupa untuk membuat pintu di bagian depan yang sesuai dengan ukuran tangan kalian sehingga memudahkan untuk mengambil burung di dalam atau untuk melakukan sesuatu tanpa khawatir burung akan keluar. Jadi, pastikan kalian membuatnya sesuai dengan ukuran tangan, tidak terlalu besar atau tidak juga terlalu kecil. Selanjutnya tempatkan wadah pakan dan minumnya di tempat-tempat yang gampang dijangkau lovebird, seperti pada tempat lovebird bertengger atau dekat tangkringan. Supaya wadah pakan dan minumnya tetap bersih dan bebas dari kelembaban, kalian taruh saja di luar kandang. Kalian dapat memberi triplek yang dapat ditarik keluar seperti sangkar kotak Untuk bagian alasnya, tujuannya agar kotoran dapat dengan mudah dibersihkan. Lalu tempat bertelurnya, kalian dapat menyiapkannya dari triplek yang kalian buat dengan ukuran 20cmx20cmx5cm. Atau kalau tidak mau repot , pakai saja mangkok yang sudah tidak terpakai, Kemudian sediakan koran bekas, rumput kering, dan serutan kayu atau pasahan kayu. Prosesnya, kalian taruh saja bahan-bahan diatas kedalam kandang. Burung lovebird akan menata sendiri dan mengerjakan tugasnya menyusun sarang. Biasanya burung Lovebird akan membuat sarang sendiri dengan bahan-bahan di atas, sesuai keinginan lovebird itu sendiri.

Untuk ukuran kandang loverbird bisa bermacam-macam, sesuai kebutuhan kalian. Ada yang  40 cm x 40 cm x 40 cm, bisa juga  50 cm x 50 cm x 50 cm. Bisa juga lebih besar dari ini. Jadi agar tidak pusing ditengah jalan pikirkanlah dulu kandang nantinya dibuat dengan ukuran berapa.

Kelemahan kandang Lovebird sistem koloni, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Jika lovebird disatukan akan ada dampak bertengkar yangg rata-rata berjalan terhadap lovebird yg telah dewasa atau ada lovebird baru yang dimasukkan ke kandang koloni dan mampu mengakibatkan lovebird sanggup mati atau terluka bahkan cacat.
  • Lovebird tidak berhasil mengeramkan telurnya, karena disebabkan sistem koloni dapat merusak telur atau menggoda pasangan baik jantan atau betina yang mampu menghambat proses produksi.
  • Bila ada burung lovebird yang terkena penyakit, maka lovebird yang lain akan ikut tertular. Karena lovebird saling pertalian diantara mereka.
  • Lovebird yang berpasangan bersama pasangan berlainan kategori dapat membuahkan keturunan yang tak kalian inginkan. Contohnya pasangan lutino mata merah yang kalian harapkan nyata-nyatanya pilih lovebird hijau dan keturunannya diluar perkiran kalian bukan lutino melainkan hijau, artinya kalian yang berharap untuk membentuk warna lovebird agak mengalami kesusahan disebabkan mereka bebas pilih pasangannya. Solusinya adalah kalian mampu memisahkan masing-masing kategori di kandang koloni yang tidak serupa maka hal-hal yang tidak diinginkan dapat terhindar dari faktor tersebut.

Pencarian terkait:

cara membuat kandang lovebird dari kayu , kandang ternak lovebird dari kayu , kandang koloni lovebird dari kayu , buat kandang burung lovebird , cara buat kandang koloni , cara buat pintu kandang koloni , desain kandang lovebird koloni , desain kandang ternak love bird