Tips Lengkap Budidaya Kroto Yang Menghasilkan

Penjelasan Tips Lengkap Budidaya Kroto Yang Menghasilkan – Semut kroto ini kian populer saja di kalangan masyarakat. Permintaan pasar terhadap kroto sungguhlah besar, sementara kroto yang tersedia di alam semakin habis. Hal ini menimbulkan harga kroto terus meningkat dari hari ke hari. Kroto memang bisa di bilang sebagai salah satu peluang bisnis rumahan yang sangat menjanjikan, karena kroto merupakan salah satu makanan burung kicauan paling bagus dan berkualitas.

Tips Lengkap Budidaya Kroto Yang Menghasilkan

Tips Lengkap Budidaya Kroto Yang Menghasilkan

Baru-baru ini harga kroto di pasaran berkisar 150ribu – 160ribu per-KG. Nah, disinilah sebenarnya peluang bisnis kroto yang bisa kita ambil. Budidaya semut kroto patut kalian coba untuk memanfaatkan peluang ini. Ada beberapa alasan yang bisa dijadikan pertimbangan, mengapa kalian patut mencoba budidaya semut kroto. Contohnya sebagai berikut :

  • Budidaya kroto bisa dilakukan dengan modal minimal, yaitu ratusan ribu atau bahkan nyaris tanpa modal sama sekali. Mengapa demikian? karena yang diperlukan hanya bibit kroto, rak, umpan makanan dan lain sebagainya. Tentu saja, hal tersebut pun bisa kalian dapatkan dari sekitar kalian. Namun, jika tidak ingin repot-repot terutama soal bibit kroto kalian bisa beli penjual terdekat.
  • Bisnis ini tidak menyita banyak waktu. Karena yang diperlukan hanya menyediakan makanan secara cukup. Hal itu tentu saja bisa kalian lakukan dalam waktu beberapa menit saja. Selesai memberikan makanan, kalian pun bebas berkegiatan apapun.
  • Kalian cukup menyiapkan tempat untuk rak secukupnya saja. Bahkan, kalian pun bisa membuat rak bertingkat-tingkat sesuai keinginan.
  • Budidaya semut kroto, terutama media toples tergolong masih minim pesaing. Bisnis ini masih cukup menjanjikan untuk beberapa tahun ke depan. Apalagi didukung dengan potensi pasar yang cukup besar dari tahun ke tahun.
  • Budidaya Semut kroto bisa dipelajari dengan mudah. Budidaya semut kroto tidak memerlukan kecanggihan teori dan konsep yang berbelit-belit. Yang dibutuhkan hanya ketelatenan dalam berbisnis serta membangun jejaring yang luas.
  • Bisnis ini tidak terikat waktu. Berbeda dengan bisnis kebanyakan yang kadang kala dipengaruhi oleh waktu (siang malam, musim hujan, musim kemarau). Sebab bisnis ini bisa dilakukan dalam musim apapun. Asal saja yang terpenting, perhatikan semut-semut rangrang penghasil kroto supaya tidak terkena langsung dengan sinar matahari dan dekat dengan sumber panas atau api.
  • Hasil dari budidaya kroto sungguh menggiurkan, bankan bisa saja mengalahkan gaji PNS. Loh, seperti yang kami jelaskan jika 10 toples saja, kalian bisa memanen 2 KG kroto dalam sebulan. Itu artinya kalian bisa mendapatkan uang 320 ribu rupiah. Dengan asumsi harga kroto 160/KG. Bayangkan saja, jika kalian memiliki 100 toples saja, kalian bisa mendapatkan uang 3,2 juta rupiah. Jika kalian memiliki 500 Toples, kalian bisa memperoleh penghasilan 16 juta rupiah dalam sebulan.
  • Bisnis ini tidak perlu memerlukan banyak karyawan, bahkan bisa dikelola oleh satu orang pun. Namun, kalau terpaksa kalian sibuk, kalian bisa menggaji beberapa orang saja. Tentu saja, hal ini menghemat pengeluaran kalian dalam berbisnis. Karena yang diperlukan dalam bisnis ini adalah menyediakan makanan dan minuman secukupnya, sembari menyiapkan toples kosong untuk didekatkan ke toples yang penuh untuk pembibitan.
  • Bisnis ini terbilang minim resiko. Resikonya adalah kalian lupa memberikan makanan dan minuman sehingga semut-semut rangrang penghasil kroto kalian bisa mati kelaparan. Resiko lainnya misalnya dicuri pencuri, kejatuhan benda-benda keras, lupa menaruh toples kroto dalam tempat yang aman sehingga semut-semut kabur entah kemana. Namun, resiko-resiko tersebut tentu bisa kalian minimalisir, jika kalian mau telaten, sabar dan mau belajar.

Cara dan Persiapan Budidaya Kroto

  • Penentuan Lokasi Kandang Kroto
    Penentuan lokasi kandang kroto, kandang kroto dapat disiapkan di luar rumah maupun dalam rumah. Yang perlu diperhatikan dalam penentuan kandang kroto ini adalah sinar matahari yang tidak masuk langsung ke dalam kandang, tidak masuk air hujan ke dalam kandang dan diusahakan kandang jauh dari kebisingan atau keramaian, karena semut tidak menyukai hal tersebut. untuk suhu ruangan kandang berkisaran antara 24 – 31 derajat celcius.
  • Tempat Rak Untuk Kroto
    Rak semut ini dapat terbuat dari kayu atau bambu dengan ukuran tinggi, luas dan lebar dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Dan jumlah lantai-lantai di rak pun dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kandang, lantai-lantai rak dapat memakai triplek maupun memakai bambu yang dibuat jarang seperti pagar supaya mudah dalam proses pemanenan kroto. Cuma yang paling wajib dalam rak kroto ini adalah harus adanya pengaman berupa wadah di setiap kaki-kaki rak yang diisi oleh air maupun oli supaya semut tidak kabur. Ketinggian lantai rak paling bawah ke dasar lantai kandang juga perlu diperhatikan, kami sarankan minimal 30cm, dan sebaiknya lebih dari 30cm karena semakin dekat lantai rak ke lantai dasar kandang, semut akan semakin mudah untuk kabur, baik dengan cara menjatuhkan diri atau semut membuat rantai bergabung dengan koloni yang lain untuk membuat jalan kabur ke bawah.
  • Pemiihan Bibit Kroto
    Pilihlah bibit kroto yang berkualitas, jangan sampai salah pilih bibit. Karena kualitas bibit kroto yang baik berpengaruh terhadap hasil panen.
  • Media Sarang Kroto
    Media sarang kroto dapat terbuat dari pipa paralon, bambu, bekas botol aqua, atau yang paling populer adalah menggunakan media toples. Pemilihan media disesuaikan dengan kebutuhan peternak, dan tiap media tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jika hanya menjual kroto saja maka media pipa paralon atau bambu dapat dipergunakan, tapi jika tidak hanya menjual kroto saja tetapi akan menjual bibit kroto juga, maka media toples adalah pilihan media yang paling sesuai. Karena media toples dalam penjualan bibit kroto paling mudah, praktis, efektif dan efisien.
  • Memberi Pakan dan Minum
    Pilihlah pakan dan minum yang sesuai untuk budidaya kroto. Pastikan selalu melakukan kontrol secara berkala ke tempat budidaya misalnya setiap hari sekali mulai dari kontrol kondisi kandang, rak budidaya, pengaman rak, suhu ruangan, dan lain sebagainya. Jangan sampai semut tidak betah di rak, sehingga semut bukannya bertelur malah semut menjadi stress dan berusaha untuk kabur, bahkan sampai pada tingkat banyaknya semut yang mati karena salah dalam hal pemeliharaan.
  • Tahap Panen Kroto
    Panen kroto ada dua cara. Yang pertama panen dengan metode tumpah, dalam metode ini sarang semut dirusak dan ditumpahkan semua kedalam wadah pemanenan, kemudian dilakukan pemisahan antara semut dengan kroto. Dalam metode ini kelebihannya hasil kroto lebih maksimal, tetapi kelemahannya semut perlu membuat sarang lagi dari awal dan membutuhkan waktu. Panen yang kedua adalah panen dengan media sogrog, dalam metode ini ada syaratnya yaitu lantai rak budidaya harus menggunakan bambu yang jarang (mirip pagar), bukan lantai rak yang terbuat dari triplek yang tertutup. Caranya sarang semut tidak diambil dari rak, tetapi cukup dengan menggunakan bilah bambu kecil saja yang ditusukan melalui bawah sarang semut di rak budidaya, metode ini mirip dengan cara kita kalo mengambil kroto dari alam dengan bambu. Kelemahan dari metode sogrog ini hasilnya kurang maksimal paling hanya 85% kroto yang terambil dari tiap toples, tetapi kelebihannya semut akan lebih cepat dalam pembuatan sarang kembali, karena sarang tidak semuanya rusak.

Pencarian terkait:

harga kroto 2017 , ternak kroto 2017 , kroto 2017 , prospek ternak kroto , harga kroto 2017 madiun , prospek ternak kroto 2017 , bisnis kro , ternak kroto menjanjikan tahun 2017 , ternak kroto thn 2017 , prospek kroto di 2017 , prospek budidaya kroto 2017 , prospek bisnis ternak kroto , pengusaha kroto 2017 , menjadikan ternak kroto sebagai penghasilan utama , https://bisniswirausaha net/ide/prospek-ternak-kroto-tahun-2017 , harga pasaran kroto di madiun tahun 2017 , bisnis kroto 2017 , Ternakkroto2017