Tips Jitu Menjalankan Usaha Jasa Service Elektronik

Tips Jitu Menjalankan Usaha Jasa Service Elektronik – Saat ini barang elektronik telah menjadi bagian tidak terpisahkan dari kehidupan manusia modern. Jenis barang ini sangat beragam, dan barang-barang elektronik ini dapat mengalami kerusakan karena berbagai sebab. Karena harga yang kemungkinan mahal atau masih dapat diperbaiki, kebanyakan orang memilih melakukan servis untuk peralatan elektronik mereka yang rusak.

Tips Jitu Menjalankan Usaha Jasa Service Elektronik

Tips Jitu Menjalankan Usaha Jasa Service Elektronik

Nah, bagi anda yang mempunyai keahlian di bidang reparasi elektronik tidak ada salahnya jika mencoba membuka jasa service elektornik yang sangat menjanjikan. Pengguna jasa ini sangat banyak, mulai dari individu, rumah tangga, hingga perusahaan atau pabrik besar.

Jadi ketika anda ingin mulai membuka usaha jasa servis elektronik maka sasaran konsumen adalah semua orang yang memiliki barang-barang elektronik. Tahap awal Anda bisa menawarkan jasa servis elektronik ke rekan-rekan Anda di kantor, keluarga, dan tetangga yang ada di sekitar lokasi usaha anda.

Peluang bisnis service elektronik modal kecil

Tentukan Bisnis yang Ingin Anda Geluti

Seperti yang kita tahu bahwa usaha toko dan servis elektronik sangatlah luas. Oleh sebab itu tentukan poin-poin mana saja yang memang anda pahami dan ingin tekuni. Misal servis televisi, servis AC, servis dinamo dan lain-lain. Jika anda ingin merangkul semua, maka persiapkan juga semua alat dan kebutuhan termasuk sumber daya manusianya secara matang.

Pilih Target Pasar dan Lokasi yang Strategis

Setelah memilah-milah bagian yang ingin anda geluti, selanjutnya tentukan target pasar dan lokasi anda dalam berbisnis. Misal anda ingin mentarget konsumen di sebuah kota, maka anda harus membangun tempat yang sangat strategis dan mudah dijangkau oleh masyarakat kota tersebut. Jika target anda lebih luas, silahkan manfaatkan sosial media dan beberapa media lainnya.

Siapkan Perlengkapan Kerja dan SDM

Selanjutnya anda harus menyiapkan perlengkapan kerja untuk servis barang elektronik. Jika anda ingin membuka toko, siapkan juga barang-barang yang ingin anda jual. Selain itu jika anda tidak mampu menghandle semua pekerjaan sendiri, siapkan juga sumber daya manusia untuk membantu anda dalam menangani semua pekerjaan.

Tentukan Strategi dan Media Promosi yang Tepat

Agar bisnis anda laris manis, diperlukan promosi yang tepat untuk menggaet para konsumen. Anda bisa memanfaatkan media internet untuk promosi yang murah dan efektif. Buatlah promo-promo yang menarik minat konsumen seperti garansi servis, gratis servis, diskon, dan masih banyak lagi yang lain.

Manajemen yang Baik Untuk Bisnis Jangka Panjang

Poin terakhir ini adalah poin yang paling penting dalam menjaga agar bisnis atau usaha elektronik anda dapat bertahan lama. Usahakan agar perputaran uang (cash flow) berjalan dengan lancar agar bisnis anda juga tetap lancar. Oleh sebab itu diperlukan manajemen yang sangat baik untuk menjaga keberlangsungan bisnis anda.

Analisa usaha jasa reparasi elektronik

Yang paling menyenangkan dalam dunia bisnis adalah menghitung omzet dan laba. Hal ini akan segera anda alami jika anda mau menekuni usaha yang satu ini. Katakan saja dalam seminggu anda menangani 20 barang elektronik, setiap ikonnya anda mengambil laba 50 ribu, maka dalam seminggu anda bisa mengantongi uang Rp.1.000.000. Itu baru satu minggu, bagaimana jika satu bulan, satu tahun dan seterusnya?!. Mari kita hitung bersama;

  • Omzet 1 bulan 1.000.000 x 4 = Rp.4.000.000 (kayak gaji PNS, hehe)
  • Omzet 1 tahun 4.000.000 x 12 = Rp.48.000.000 (bisa beli motor balap sekaligus biaya kawin)
  • Omzet 3 tahun 48.000.000 x 3 = Rp.144.000.000 (bisa beli mobil)