Syarat Sukses Bisnis Tanaman Hias Beromzet Ratusan Juta

Prospek bisnis tanaman hias – Bisnis tanaman hias merupakan salah satu bisnis yang memiliki prospek cerah di masa depan. Semakin berkurangnya lahan untuk menanam dikarenakan pembangunan yang terus menerus menjadi salah satu alasan mengapa bisnis tanaman hias ini memiliki peluang bisnis yang menjanjikan sejalan dengan pertumbuhan bisnis property yang semakin menggeliat. Bagaimanapun juga setiap orang memerlukan tanaman hias untuk mempercantik tampilan rumah. Mereka pasti tidak mau memiliki sebuah rumah yang indah namun tidak ada hiasan tanaman yang menambah keindahan tampilan rumah mereka.

cara memulai bisnis tanaman hias

Saat ini bisnis tanaman hias banyak diminati karena jangkauan pasarnya semakin luas mulai dari masyarakat ekonomi menengah sampai dengan masyarakat kelas atas. Namun ada baiknya sebelum anda terjun ke dalam dunia bisnis tanaman hias, anda harus memahami dengan baik seluk beluknya terlebih dahulu. Selain itu, anda harus mempersiapkan semuanya agar Anda tidak terjebak hanya pada trend bisnis tanaman hias yang terkadang bersifat sesaat.

Pada dasarnya, persiapan dalam membuka suatu bisnis hampir sama, hanya pada beberapa pokok yang sedikit berbeda. Untuk permulaan bisnis tanaman hias ini, anda harus memperhatikan beberapa persiapan khusus. Berikut ini bisniswirausaha.net akan mencoba membahas beberapa hal yang perlu di perhatikan sebelum memulai bisnis tanaman hias.

Pengetahuan yang Cukup Tentang Tanaman Hias

Sulit rasanya jika Anda ingin membuka usaha pada bisnis tanaman hias namun sama sekali tidak memiliki pengetahuan tentang tanaman itu sendiri. Mungkin semua bisnis juga seperti itu, namun dalam kaitannya dengan bisnis tanaman hias, tidak bisa ditunda lagi.

Anda harus memiliki pengetahuan dasar yang mumpuni untuk memulai membuka usaha tersebut. Karena jika tidak memiliki dasar pengetahuan yang cukup tentang tanaman hias, tidak menutup kemungkinan tanaman hias yang akan anda jadikan bisnis bisa layu atau bahkan bisa mati sebelum terjual.

Sebagai saran, carilah informasi sebanyak – banyaknya mengenai tanaman hias. Bagaimana cara merawatnya, bagaimana cara menjadikannya lebih indah dan lainnya. Anda bisa browsing, atau anda bisa langsung berguru pada ahli atau yang sudah berpengalaman. Itu akan lebih memudahkan anda dalam membuka bisnis tanaman hias ini.

Lokasi yang Strategis

Lokasi bisa menjadi salah satu kunci sukses dalam menjalankan bisnis tanaman hias. Anda mungkin tidak memiliki banyak pilihan karena selain butuh dana juga lahan atau tempatnya terbatas. Jangan khawatir, anda tidak perlu membayangkan lokasi seperti di Nurseri yang memiliki asset besar. Semua bisa diawali dari apapun yang kita miliki. Bila anda hanya punya rumah berpekarangan , boleh dijadikan lokasi untuk pembudidayaan tanaman.

Anda bisa memanfaatkan rumah anda sebagai lokasi usaha untuk sementara waktu. Pertimbangkan luas area yang akan Anda manfaatkan untuk usaha. Karena berbisnis tanaman hias sedikit membutuhkan area yang lebih luas sebagai tempat memajang tanaman Anda.

Selain pertimbangan di atas, yang perlu Anda perhatikan juga adalah kesesuain suhu daerah anda dengan tanaman hias yang akan anda budidayakan dan jual. Jika tanaman tidak cocok dengan suhu, maka bisa dipastikan tidak akan maksimal atau bahkan bisa sampai mati. Anda tidak mau kan mengalami kerugian sebelum dapat menjual tanaman anda??

Pemilihan Jenis Tanaman Hias

Pemilihan yang tepat bisa menjadikan bisnis tanaman hias bisa langgeng dan tetap eksis. Ada banyak jenis tanaman hias yang bisa menjadi komoditi bisnis yang menjanjikan. Jika misalnya anda menentukan bunga sebagai bisnis yang akan anda tekuni, pilihlan beberapa tanaman yang trendnya tidak musiman, atau pasarnya abadi sebagai cadangan pondasi. Kenapa, karena di pasar ada 2 golongan tanaman hias berdasarkan permintaannya, pertama yang stabil dari tahun ke tahun dan kedua permintannya meledak saat sedang trend dan turun drastic saat trend mulai tenggelam. Anda bisa memilih beberapa jenis tanaman yang stabil permintaanya dan sebagian lain yang mengikuti trend. Ini kombinasi yang bagus, agar anda juga bisa mengambil momentum memperoleh keuntungan besar saat trend-trend muncul.

Atau jika dirasa terlalu berat dalam mengelola beberapa jenis bunga sekaligus, Anda bisa memulainya dengan fokus terlebih dahulu dengan satu atau dua jenis tanaman hias. Baru setelah dirasa ada perkembangan yang bagus, anda bisa menambah jenis tanaman hias baru.

Perawatan Tanaman

Seperti yang telah dibahas tadi bahwa anda harus memiliki kemampuan untuk merawat, mengenali karakteristik jenis tanaman yang hendak anda budidayakan dan anda jual. Selain itu yang perlu dipertimbangkan adalah biaya operasional untuk perawatan tanaman. Gunakan media tanam yang sesuai dengan lokasi tempat anda budidaya. Jika lokasinya sempit maka bisa digunakan polybag ataupun pot pot dengan mode tingkat.

Teknik Promosi dan Penjualan

Ada banyak cara mempromosikan dan menjual produk tanaman hias yang anda miliki :

1. Sewa lahan

Pernahkah anda melihat tanaman-tanaman hias di di pinggir jalan ?Nah, Anda pun bisa memajang dan menjual produk tanaman hias anda di tempat yang banyak yang dilalui oleh orang. Tentunya dengan menyewa kepada pemilik lahan.

2. Open House

Jadikanlah rumah anda seperti nursery, bila anda tanam di pekarang rumah, silahkan buat masyarakat sekitar tahu bahwa anda punya tanaman hias yang menarik.

3. Melalui Pameran

Ini juga cara yang bagus untuk berpromosi dan berjualan produk tanaman hias yang anda miliki. Silahkan ikuti setiap pameran yang ada untuk meningkatkan penjualan produk anda.

4. Menitipkan Tanaman

Ini cara termudah, titipkan lah ke kerabat atau penjual tanaman hias di pinggir-pinggir jalan atau bahkan yang memiliki gerai. Anda bisa memakai sistem bagi hasil apabila menitipkan tanaman hias anda di lapak milik penjual lain.

5. Mempekerjakan Tukang Gerobak Keliling

Anda juga bisa mempkerjakan orang – orang yang menganggur di sekitar kita. Upahlah mereka per hari atau bisa juga dengan sistem bagi hasil, jajakan dengan cara berkeliling ke pemukiman penduduk khususnya di perumahan. Istilahnya jemput bola, banyak yang awalnya tidak tertarik menjadi tertarik. Kadang mereka juga memiliki kesibukan sehingga tidak sempat pergi ke gerai hanya sekedar untuk membeli tanaman hias.

6. Pemasaran via Online

Promosikanlah di situs jual beli online gratis seperti bukalapak, tokopedia, OLX, kaskus dsb. Bila perlu, buatlah website resmi sebagai media pemasaran produk anda. Jangan lupa juga maksimalkan promosi di sosial media, buatlah fanpage di facebook, akun twitter serta Instagram.

Dalam menjalankan bisnis tentunya pasti ada masalah atau hambatan. Persiapkan mental anda karena tidak ada bisnis yang selamanya terus berjalan mulus. Agar bisnis anda bertahan lama maka yang harus anda lakukan adalah bekerja keras, konsisten, dan tekun. Jangan sampai anda cepat menyerah dalam menjalani bisnis apapun. Selamat mencoba

Pencarian terkait:

profil pebisnis sukses tanaman hias adenium , berikan satu profil pebisnis sukses tanaman hias adenium , proposal budidaya tanaman anggrek , keuntungan berwirausaha tanaman hias , sebutkan tanaman hias selain anggrek dan adenium yang memiliki peluang besar dalam berbisnis , apa keuntungan berwirausaha tanaman hias , biografi pengusaha sukses dibidang tanaman hias , proses pencarian ide budidaya tanaman hias , sebutkan 5 peluang usaha dalam budidaya tanaman dalam brainly , tanaman hias 2018 , tanaman hias paling laris , tanaman hias paling laris 2017 , tanaman hias paling laris2017 , tanaman hias terlaris 2017 , profil wirausaha dibidang budidaya tanaman hias , profil pebisnis usaha adenium , Apa keuntungan be , beberapa media yang dapat digunakan untuk penanaman adenium antara lain brainly , bunga terlarid di th 2017 , contoh proposal budidaya pisang , contoh proposal pembibitan tanaman pisang , kesulitan budidaya , lahan bisnis , profil kewirausahawan di bidang tanaman hias singkat , apa keumtungan berwirausaha tanaman hias , tanaman hias yang menguntungkan dilahan sempit