Strategi Sukses Bisnis Ternak Ayam Kampung Pedaging

Strategi Sukses Bisnis Ternak Ayam Kampung Pedaging – Siapa yang tidak tau dengan jenis hewan ayam yang terkenal dengan rasa dagingnya yang lezat dan telurnya mengandung protein yang tinggi. Mahalnya produk ternak ayam kampung seharusnya bisa dijadikan peluang usaha menjanjikan, baik sampingan maupun usaha pokok. Karena persaingan dalam usaha budidaya masih sangat kecil, bayangkan saja 10 juta berbanding 200 juta = 1 : 200. Kalau diukur berdasarkan analisa SWOT, bisa dikatakan usaha ayam kampung saat ini masih sangat menjanjikan. Kekurangan daging ayam kampung berdasarkan angka BPS tahun 2016 ini tidak lain penyebabnya adalah jumlah peternak ayam kampung yang sidikit, sehingga menyebabkan pasokan pasar juga sedikit. Akhirnya sesuai dengan hukum ekonomi, penawaran sedikit dan permintaan banyak maka mau tidak mau harga menjadi tinggi.

Strategi Sukses Bisnis Ternak Ayam Kampung Pedaging

Strategi Sukses Bisnis Ternak Ayam Kampung Pedaging

Tips Budidaya Ayam Kampung Pedaging

Beternak ayam kampung tidaklah sulit. Secara alamiah budaya telah mengajarkan kita tentang cara beternak ayam skala kecil. Hampir semua suku nusantara, memiliki budaya memberi sebasang ayam kepada pengantin baru. Artinya, setiap keluarga di negeri ini sejak awal telah diajarkan mengembangakan ternak sebagai usaha. Itulah nilai dibalik sepasang ayam kampung tersebut.
Berikut ini adalah tips ternak ayam kampung :

  • Siapkan kandang : Ukuran kandang ayam kampung secara standar sederhana adalah 5-7 ekor, kandang bisa sistem baterai ataupun postal, semua terserah kepada calon peternak. Atap sebaiknya dari rumbia ataupun asbes.
  • Beli bibit ayam kampung super : Karena cepat panen bila dibandingkan dengan ayam kampung biasa. Ayam kampung super sudah bisa dipanen pada usia 8-9 minggu, hampir mendekati masa budidaya ayam potong (broiler).
  • Gunakan pakan pabrikan : Untuk mendapatkan pertumbuhan cepat maka sebaiknya gunakan pakan pelet ayam potong seperti S5.11, S5.12 dan lain-lain baik yang diproduksi Pokphand, Japfa, Gold Coin.
  • Lakukan perawatan seperti pada ternak ayam potong, khususnya pemberian vitamin harian.
  • Jual tepat waktu : Kalau mau untung dengan proses budidaya ayam kampung seperti sebelumnya maka jangan pernah telat menjual ayam kampung yang siap panen biasanya ukuran 1 Kg keatas. Ini untuk menghemat biaya produksi, kalian tahu bahwa biaya produksi terbesar dalam budidaya ayam ada pada pengeluaran pakan. Hampir 70% biaya produksi hanya untuk penyediaan pakan.

Tips Pemasaran Ayam Kampung Pedaging

Menjual hasil panen ayam kampung pedaging. Bisa dilakukan langsung kepada panjual ayam kampung di pasar tradisional. Bagi peternak ayam kampung pedaging yang sudah 1-2 kali panen, biasanya pembeli atau pemborong akan datang sendiri ke peternakan sehingga memudahkan penjualan ayam hasil panen. Promosi dari mulut ke mulut biasanya cukup efektif pada peternakan ayam kampung pedaging. Saat ini, umumnya pemasaran sudah tidak sulit, bahkan pada kenyataannya banyak peternak ayam kampung pedaging di berbagai daerah yang belum bisa memenuhi permintaan pasar. Pemasaran melalui distributor atau pengepul memang lebih efektif dan efisien, tetapi keuntungan yang didapat lebih sedikit. Sebaliknya, pemasaran langsung ke konsumen akan mendapatkan keuntungan yang lebih daripada menjual dahulu ke distributor. Namun, hal ini cukup membutuhkan waktu dan tenaga ekstra agar konsumen bisa langsung mendatangi ke lokasi peternakan. Karena itu, penting pula untuk melakukan strategi marketing agar pemasaran bisa sampai kepada konsumen. Sarana promosi dan pemasaran berupa iklan bisa melalui media elektronik atau dunia maya. Iklan di dunia maya atau internet cukup ampuh karena semakin banyak yang mengakses media ini. Promosi tidak disengaja juga banyak terjadi pada pemasaran ayam kampung. Misalnya, saat mobil atau motor pengangkut ayam melintas di jalan raya atau keluar dari peternakan kemudian ada yang melihatnya, bisa menjadi promosi tersendiri. Pasalnya, hingga saat ini semakin banyak masyarakat yang tertarik pada ayam kampung pedaging.

Itulah rangkuman dari “Strategi Sukses Bisnis Ternak Ayam Kampung Pedaging”. Semoga bermanfaat…

Pencarian terkait:

jualan di tempat hajatan