Strategi mengembangkan bisnis tour and travel 2017

Strategi mengembangkan bisnis tour and travel 2017 – Tak bisa dipungkiri saat ini pariwisata di Indonesia terus mengalami perkembangan yang sangat pesat. Minat dan antusiasme masyarakat untuk bepergian juga semakin meningkat. Liburan, bahkan menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi hampir semua orang.

Peluang bisnis tour travel masih terbuka lebar. Tak heran bisnis inipun menjadi ladang basah yang kian diminati banyak orang. Banyak diantaranya yang telah sukses, sebagain lagi memanfaatkan peluang ini sebagai bisnis sampingan.

Strategi mengembangkan bisnis tour and travel 2017

Strategi mengembangkan bisnis tour and travel 2017

Walaupun demikian bukan berarti membuka Tour and travel Anda sendiri itu merupakan perkara yang mudah. Persaingan pasar yang main ketat juga buka merupakan kendala yang besar jika Anda memahami usaha Anda sendiri. Jika Anda memahami usaha Anda sendiri maka Anda akan memahami pasar yang hendak anda masuki.

Banyak segmen Tour dan travel yang bisa Anda masuki agar bisa menonjol, dan populer. Yang pertama adalah segmen pasar Tour and travel murah. Pada segmen yang satu ini efisiensi biaya atau tarif dikedepankan sehingga sebuah paket perjalanan bisa berharga lebih murah dibandingkan paket perjalanan serupa di tempat lain. Selengkapnya :

Modal awal yang harus kalian sediakan adalah :

  • Komputer / Laptop
  • Internet / Modem
  • Printer
  • Stampel
  • Invoice / Tanda Terima
  • Spanduk

Setelah anda sudah terdaftar di system itu maka anda sudah bisa memili 3 Sub Usaha di atas yaitu :

  • Tiket Pesawat
  • Kereta Api
  • Hotel

Pelajari dengan pelan tapi pasti, jangan terburu buru yang hanya akan menurunkan semangat wirausaha anda.

Cara promosi usaha tour&travel paling jitu

Anda yang buta akan Paket Tour pasti merasa kesulitan dengan cara pemasaran yang bagus, sebenarnya cukup mudah apabila kita ada niat kuat. beberapa hal di bawah ini adalah pangsa pasar yang bisa kita ambil di sekitar kita.

  • Saudara, di keluarga kita pasti ada yang bekerja atau menjadi pengusaha yang mumpuni kita bisa menawarkan produk kita ke mereka dengan dalih tolong di bantu lah buat penglaris.
  • Teman, Kita pasti punya teman kan? mereka juga pasti bekerja di sebuah perusahaan kan? maka jadikan teman anda sebagai source informasi tentang perusahaan nya. anda bisa titip produk ke teman anda untuk di terukan ke bagian HRD atau Bos yang punya perusahaan.
  • Proposal, anda tidak bisa buat proposal? ketik di Google contoh proposal. atau kalau memang masih tidak mampu juga. cukup anda kliping/jilid produk anda kemudian beri sampul dimana di bagian sampul tersebut di tulis nama Travel anda dan di beri No Contact yang bisa di hubungi. di Print ya bukan di Tulis tangan.
  • BBM/Whatsapp/Line, Broadcast Message masih menjadi Primadona untuk media promosi saat ini. jadi jangan bosan untuk melakukan broadcast sampai dapat customer, tentunya dengan atitude yang baik agar anda tidak di DelCont oleh teman teman anda.
  • Facebook/Twitter/Instagram/Path, Media Sosial ini masih juga berpengaruh tentang keberadaan anda, jangan ragu untuk meng add atau memfolow banyak orang uuntuk menambah koneksi. Akan tetapi tetap harus mengikuti aturan. Setau saya ada batas dalam sehari kita untuk menambah teman. Atau kalau tidak kita di Blokir.

Metode menghitung paket tour and travel

Contoh :

Harga Tour 4D3N Bangkok Pattaya U$ 150/orang
Harga Tiket PP + Bagasi 20Kg Air Asia CGK-DMK-CGK Rp 2.200.000/orang

Maka harga tour harus di kurs kan rupiah dahulu, anggap Kurs nya adalah U$ 1 = Rp 12.000
U$ 150 x Rp 12.000 = Rp 1.800.000
Jadi : Rp 1.800.000 + Rp 2.200.000 = Rp 4.000.000 (Harga Modal)
Jadi : Rp 4.000.000 + 10% (Profit) = Rp 4.400.000 / Orang

Diatas ditentukan keuntungan sebesar 10% dari modal maka anda sudah punya bayangan apabila sekali keberangkatan adalah 2 orang anda sudah mengantongi sebesar Rp 800.000

Bayangkan apabila anda mendapat pesanan sebesar 10 atau 15 orang tinggal anda kalikan saja.

Diatas adalah tutorial untuk paket yang tidak didampingi oleh seorang Tour Leader, mereka hanya didampingi Guide Lokal yang sudah menunggu mereka di Bandara Negara tujuan.

Maka saya akan mengajarkan bagaimana paket yang menggunakan Tour Leader yaitu anda yang akan menjadi Tour Leader nya sendiri. So sudah dipastikan anda bisa jalan jalan gratis trus dapat profit yang begitu besar.

Untuk group 15 Orang anda mendapatkan Free 1. Yang digunakan untuk Tour Leader. Tetapi Tour Leader harus tidur sekamar sendirian. Sedangkan Free tadi adalah 1 orang bukan untuk sekamar sendirian. Maka Tour leader harus dikenakan biaya Single Suplement yang biaya nya lebih murah dari harga satu orang tamu. Mengapa demikian karena fasilitas yang digunakan Seorang Tour Leader adalah sekamar sendirian yang harus nya digunakan oleh 2 Orang.

Contoh :

Harga Tour 4D3N Bangkok Pattaya U$ 150/orang
Harga Tiket PP + Bagasi 20Kg Air Asia CGK-DMK-CGK Rp 2.200.000/orang

Maka harga tour harus di kurs kan rupiah dahulu, anggap Kurs nya adalah U$ 1 = Rp 12.000
U$ 150 x Rp 12.000 = Rp 1.800.000
Jadi : Rp 1.800.000 + Rp 2.200.000 = Rp 4.000.000 (Harga Modal)
Jadi : Rp 4.000.000 + 10% (Profit) = Rp 4.400.000 / Orang

Biaya Tour Leader : Free 1 + Single Supplement + Tiket Pesawat PP : Jumlah Peserta

Jadi : Rp 4.400.000 + Biaya Tour Leader = Harga Jual

Additional Bonus

Beberapa travel agent memberlakukan bonus macam macam, mereka mengambil dari Keuntungan diatas. gunanya untuk promosi secara tidak langsung ke customer.

  • Trolley Bag
  • Travel Bag / Hand Carry
  • Kaos / Topi
  • Gelas / Mug
  • Asbak
  • Payung dll.