Strategi Jitu Promosi Bisnis Kuliner Agar Ramai Pembeli

Strategi Jitu Promosi Bisnis Kuliner Agar Ramai Pembeli – Dalam menjalani bisnis kuliner sangat di perlukan keahlian untuk menerapkan strategi pemasaran yang ampuh. Baik itu dengan cara promosi atau publikasi di khalayak umum agar tentunya bisnis kuliner yang di jalankan dapat di kenal oleh masyarakat. Tak heran, jika saat ini bisnis kuliner sedang berkembang dengan pesat. Mulai dari warung makan sederhana hingga restoran mewah.

Strategi Jitu Promosi Bisnis Kuliner Agar Ramai Pembeli

Strategi Jitu Promosi Bisnis Kuliner Agar Ramai Pembeli

Berbagai macam produk pun dibuat dari menu yang biasa saja hingga menu yang unik dan kreatif. Saat terjun menggeluti usaha ini tentu rasa adalah penentu sebuah keberhasilan dalam berbisnis. Namun rasa yang enak tak menjadi faktor satu-satunya dalam keberhasilan, ada beberapa strategi dalam promosi yang perlu dilakukan agar rasa yang diberikan tidak sia-sia karena kurangnya langkah promosi anda.

Cara menarik pelanggan agar membeli produk kita

Jaga Selalu Kualitas Produk

Ya, Apabila kita sedang berbisnis tentu kualitas harus kita pikirkan. Menjaga selalu kualitas makanan dan selalu konsisten dengan cita rasa agar semua orang suka dengan hasil karya Anda. Jangan asal dalam meracik bumbu yang nanti bisa merusak cita rasa yang ada dan membuat para pelanggan kecewa. Anda harus memperhatikan cara memasak dan prosedur yang biasa dilakukan.

Manfaatkan Peristiwa Penting

Dalam menjalankan promosi tidak perlu hanya di outlet saja. Lakukanlah strategi promosi yang lebih luas lagi dengan cara aktif ikut cara yang ada banyak orang. Seperti bazaar, pasar malam, pameran atau perayaan momen. Dalam ikut berpartisipasi tersebut maka Anda bisa mencari pasar yang lebih luas, dan jangan lupa untuk membuat paket promosi yang menarik sehingga banyak orang tertarik.

Sebar Brosur

Sebar brosur merupakan cara yang efektif untuk mencari pelanggan. Sebelum menyebarkan brosur, tentukan target terlebih dahulu agar brosur tepat pada sasaran yang ingin dituju. Buat brosur semenarik mungkin agar brosur tidak terbuang percuma di tempat sampah. Selain, menawarkan makanan disertai dengan gambar makanan yang menarik dan juga kontak, buatlah brosur tersebut menjadi sesuatu yang bermanfaat dengan memberinya resep masakan, trik mengolah makanan atau yang berhubungan dengan industri kuliner.

Cetak Stiker

Buatlah stiker dengan desain yang bagus dan menarik lalu tempekan disuatu tempat yang bisa dilihat oleh banyak orang.

Infokan Lokasi

Mendapatkan lokasi yang strategis tidaklah mudah dan memiliki biaya yang mahal, sehingga tak semua orang bisa mendapatkan tempat yang strategis. Hal itu bisa menjadi kendala dalam mengembangkan suatu bisnis kuliner. Rasa boleh enak, namun banyak orang yang tidak mengetahui lokasi bisnis Anda sehingga itu bisa mempengaruhi profit. Jika lokasikurang strategis maka, Anda bisa menyematkan denah lokasi pada brosur. Sehingga konsumen bisa menebar lokasi usa Anda kepada orang lain.

Bergabung dengan Komunitas

Banyak sekali komunitas kuliner yang ada di Indonesia, dan Anda bisa menjadi anggotanya di salah satu komunitas tersebut. Ini bisa membuat Anda semakin dikenal dan bisa menambah informasi dari para anggota yang lain. Ini bisa membuat sebuah peluang usaha baru.

Interaksi di berbagai Media

Promosi bisa dilakukan dengan komunikasi dua arah dengan para konsumen dan masyarakat. Manfaatkan media konfensional radio, televisi atau surat kabar. Apabila Anda tidak mempunyai anggaran yang besar untuk itu maka gunakan saja media sosial gratis, seperti facebook, twitter.

Perkenalkan ke Departemen

Selain mengenalkan produk Anda kepada konsumen Anda juga semestinya memperkenalkan produk Anda pada department dan instansi yang terkait disekitar. Contoh Departemen Perindustrian, Dinas Pariwisata, Ukm dan Departemen Koperasi. Itu semua bisa mengenalkan produk Anda kepada wisatawan atau warga sekitar tentang produk Anda.

Bekerja sama dengan Agen Perjalanan

Ini bisa Anda terapkan apabila Anda bermukim di suatu kota. Berkerja samalah dengan agen perjalanan yang mungkin melewati toko Anda, berilah penawaran menarik kepada agen perjalanan itu agar dapat membawa calon pembeli.

Berikan Diskon

Buatlah diskon yang menarik untuk konsumen, tetapi jangan terlalu sering. Anda bisa memanfaatkan momen ini saat tansaksi terasa sepi karena adanya hari raya keagamaan atau liburan.