Prospek Peluang Usaha dan Cara Budidaya Timun Suri

Prospek peluang usaha dan cara budidaya timun suri – Timun suri bukanlah salah satu jenis dari keluarga timun meskipun memiliki nama yang mirip. Timun suri termasuk dalam keluarga labu – labuan seperti jenis buah melon dan semangka. Menurut salah satu riset mengatakan bahwa kromosom timun suri 2n = 24, sedangkan mentimun memiliki kromosom inti 2n = 14. Terpaut sangat jauh. Oleh sebab itulah mengapa timun suri tidak bisa dikatakan sebagai jenis mentimun walaupun memiliki kemiripan nama.

Peluang bisnis wirausaha timun suri

Timun suri merupakan salah satu jenis tanaman yang cukup populer di Indonesia apalagi selama bulan puasa buah ini selalu menjadi incaran semua orang.

Hampir di semua daerah terdapat petani yang menanam timun suri, walaupun tak sebanyak mentimun dan semangka. Permintaan pasar akan timun suri masih sangat tinggi, mengingat para petani masih belum bisa memenuhi permintaan secara keseluruhan. Oleh sebab itu peluang usaha budidaya timun suri masih terbuka lebar.

Sebelum anda memulai bisnis budidaya timun suri, berikut ini panduan dan cara singkat budidaya timun suri yang bisa anda jadikan acuan :

1. Persiapkan Bibit

Sebelum memulai budidaya timun suri, persiapkan terlebih dahulu bibit timun suri. bibit timun suri bisa anda dapatkan di toko pertanian. usahakan memilih bibit yang masih bagus. Bibit timun suri juga bisa anda dapat sendiri dengan cara, mengambil biji timun suri dari timun suri yang sudah tua setelah itu Jemur biji timun suri selama 1 hari sampai biji benar benar kering.

2. Persiapkan Lahan

Sebelum anda memulai menanam timun suri, persiapkan terlebih dahulu lahannya. Lahan untuk bertanam harus gembur usahakan lahan sudah di beri pupuk kandang. Di sisi lahan pasang plastik untuk menekan tumbuhnya rumput di sekitar lahan dan juga pengolahan air perlu di perhatikan. Jika sudah di beri pupuk, diamkan kurang lebih 2 hari sebelum akhirnya di tanami bibit timun suri

3. Menanam Benih

Jika lahan sudah di beri pupuk, kita sudah bisa untuk memulai menanam benih timun suri. masukan benih pada lahan yang sudah di beri lubang sebanyak 2 biji. Lalu siram dengan rutin benih hingga merata dan tunggu hingga tumbuh. Biasanya timun suri akan tumbuh setelah satu minggu penanaman.

4. Perawatan Timun Suri

Perawatan sangat perlu di perhatikan agar panen timun suri bisa menghasilkan hasil yang bagus dan berkualitas. Lakukan penyiangan jika sudah berumur 7 hari. Tanaman timun suri yang sudah tua sudah bisa untuk melawan gulma dan juga sudah bisa untuk berbuah. Namun gulma memiliki peran penting yaitu sebagai alas saat timun suri sudah berbuah, jadi gulma berperan melindungi buah yang jatuh ke tanah sehingga tidak bersentuhan langsung dengan tanah atau hewan tanah lainnya.

5. Proses Panen

Timun suri sudah bisa di panen saat berumur 60-70 hari tergantung dari varietas benih. Dalam panen timun suri tidak bisa sekaligus. Lakukan pemanenan secara bertahap kira kira 10 kali proses pengambilan. Setelah di petik jangan lupa buah cuci hingga bersih.

Seperti bidang agrobisnis lainnya, budidaya timun suri membutuhkan lahan yang cukup luas. Tetapi anda tidak perlu khawatir, anda tetap bisa menanam timun suri di lahan terbatas. Anda bisa menggunakan cara menanam timun suri hidroponik atau dengan cara menanam timun suri dengan polybag.

Dengan harga 5ribu – 20ribu rupiah per buah nya, sangat jelas bahwa timun suri bisa menjadi prospek bisnis yang sangat menguntungkan. Selamat mencoba !!!

Pencarian terkait:

timun suri hidroponik