Prospek Cerah Usaha Pembibitan Cengkeh

Prospek Cerah Usaha Pembibitan Cengkeh – Cengkeh sudah menjadi salah satu komoditas unggulan Indonesia. Karena inilah cengkeh yang merupakan tanaman asli negeri ini, banyak dibudidayakan di berbagai pelosok wilayah Indonesia terutama di kepulauan Banda dan sekitarnya. Cengkeh bisa digunakan untuk banyak hal, diantaranya adalah sebagai bahan campuran bumbu makanan, sebagai bahan baku minyak cengkeh, dan juga campuran rokok. Saat ini peluang usaha pembibitan cengkeh punya prospek cerah karena tingginya permintaan yang ada, maka tak heran sekarang pembudidayaan cengkeh sudah tersebar dan merata di seluruh daerah di Indonesia.

peluang bisnis budidaya cengkeh

Ada tiga jenis cengkeh yang biasa dibudidayakan di Indonesia. Ketiga jenis itu adalah Zanzibar, Sikotok, dan cengkeh Siputih. Ketiganya memiiki keunggulan dan perbedaan. Dari tiga jenis itu, jenis zanzibar dan siputih yang paling banyak dibudidayakan. Hal ini dikarenakan produktivitasnya termasuk tinggi.

Saat ini, yang paling banyak dibudidayakan adalah cengkeh jenis Zanzibar dan Siputih yang memang merupakan cengkeh asli dan sudah turun temurun antar generasi. Terutama jenis cengkeh Zanzibar, produktivitas cengkeh jenis ini sangat tinggi. Bahkan pada panen pertama, jika pohon cengkeh memiliki perawatan yang baik, bisa menghasilkan hasil panen yang bagus, sekitar setengah kilo cengkeh basah per pohon. Sedangkan jenis cengkeh Siputih atau Putih, memang kurang dalam hal produktivitas jika dibandingkan dengan Zanzibar, namun cengkeh jenis ini cukup tahan akan hama dan penyakit.

Menurut salah satu petani cengkeh, peluang usaha pembibitan ternyata lebih banyak mendapatkan hasil, karena tidak perlu menunggu musim panen cengkeh untuk mendapatkan uang. Hal pertama yang meski dilakukan untuk pembibitan adalah dengan mendapatkan terlebih dulu biji atau benih cengkeh yang diinginkan.

Ciri – ciri biji cengkeh yang bagus :

  • Biji yang bagus biasanya berwarna kuning muda hingga ungu kehitaman
  • Biji tersebut juga tidak boleh ada cacat
  • Tidak berlendir
  • Biji yang bagus akan bersemai tepat tiga minggu, Untuk melakukan persemaian ini biasanya menggunakan polibag kecil yang ditata di meja atau bedengan.

Setelah dua bulan, biji cengkeh tersebut akan tumbuh dan memiliki 4 hingga 7 helai daun. Tunas cengkeh ini kemudian siap dipindahkan ke polibag. Namun demikian, jangan terlalu tergesa-gesa untuk segera menjual, karena menurut agar menghasilkan pohon, cengkeh Zanzibar masih memerlukan beberapa tahapan lagi.

Sebelum dijual ke pasar, bibit cengkeh umur dua bulan ini akan diseleksi terlebih dahulu. Bibit cengkeh diseleksi berdasrkan dengan daun berwarna hijau hingga hijau mengkilap. Selain itu, untuk bibit yang ada bercak di permukaan daun, segera diambil dan di karantina. Untuk penyemaian bibit cengkeh ini sebaiknya tidak menggunakan pupuk kimia, dia hanya mencampur media dengan kompos dan tiap hari jika tanah kelihatan kering, dia hanya akan memberikan air saja.

Bagi bibit yang lolos seleksi, kemudian akan dipindah ke polibag yang lebih besar untuk kemudian dirawat hingga satu musim sampai dua musim. Umumnya, saat berusia dua musim, bibit cengkeh tersebut akan memiliki tinggi sekitar 60 cm. Agar kelak menjadi pohon cengkeh yang berkualitas, diperlukan beberapa perawatan rutin, seperti penyiraman, pengemburan tanah di polybag. Dan setelah usia 4 bulan lebih bisa dilakukan pemupukan, dengan npk dan kompos.

Untuk omset yang dihasilkan dari wirausaha pembibitan cengkeh jenis zanzibar ini, memang sangat menggiurkan. Sehingga banyak yang beralih bertani ke tanaman cengkeh.

Meski demikian, dalam proses pembibitan masih kerap ditemukan kendala. Salah satu kendala yang sering terjadi saat pembibitan adalah pohon cengkeh sangat rentan layu, jika tidak dirawat dengan benar atau posisi bibit terkena cahaya matahari langsung. Selain itu, kendala lain yang kami hadapi adalah rayap.

Untuk mengantisipasi kendala tersebut, menyemprot bibit cengkeh tersebut dengan air menjadi salah satu cara untuk mengantisipasi, selain itu bibit cengkeh meski diberi naungan berupa paranet di atasnya agar cahaya matahari terserap. Untuk masalah rayap, biasanya dapat di cegah dengan menyemprot bibit cengkeh dengan pupuk cair organik.

Pencarian terkait:

analisis usaha budidaya cengkeh 2017 , bisnis cengke , proposal usaha budidaya cengkeh zanzibar