Prospek Bisnis Budidaya Kaktus Mini

Prospek bisnis budidaya kaktus mini – Jika anda penyuka tanaman hias tentunya tidak asing lagi dengan tanaman berduri yang satu ini. Ya, tanaman tersebut adalah kaktus, tanaman berduri yang mempunyai cukup banyak penggemar di indonesia.

Pada postingan kali ini bisniswirausaha.net akan membahas tentang peluang usaha kaktus hias yang ternyata memiliki prospek cukup cerah, karena pada masa sekarang ini kaktus bukan hanya sekedar tanaman hias. Ternyata kaktus bisa juga menjadi oleh – oleh atau souvenir untuk acara seperti pernikahan dan ulang tahun. cukup menarik bukan, mari kita bahas lebih lanjut??

tips sukses bisnis souvenir kaktus

Peluang Usaha Bunga Kaktus Mini

Bunga kaktus hias merupakan peluang yang sangat menjanjikan untuk dijalankan namun alangkah baiknya mengetahui cara menanam bunga kaktus terlebih dahulu.

Harga souvenir bunga kaktus sendiri cukup variatif mulai dari 5 ribu hingga 20 ribu rupiah tergatung dari bentuk dan besarnya, sedangkan untuk miniatur garden kaktus harganya mulai dari 30 ribuan tergantung besar dan bentuk miniatur garden yang anda buat. Bunga kaktus sekarang dianggap sebagai hadiah yang unik sehingga membuat orang terkesan.

Cara Menanam Kaktus Mini

Kaktus bisa dikembang-biakkan dengan berbagai cara. Sebagian orang meperbanyak dengan biji. Walaupun sedikit rumit, cara ini masih tetap dilakukan. Pertama biji kaktus harus dikeringkan, direndam dalam air hangat baru disebar dalam media semai yang biasanya berupa pasir halus, batu bata tumbuk dan tanah kompos. Setelah kaktus berumur setahun dan mempunyai panjang 4-5 cm, kaktus sudah bisa dipindahkan ke media tanam.

Berbeda dengan cara menanam katus pada umumnya, kaktus hias untuk souvenir biasanya menggunakan kaktus sambungan. Menyambung kaktus/grafting semakin diminati. Teknik ini mempunyai kelebihan, selain diperoleh bibit tanaman baru, grafting juga menciptakan dua jenis tanaman dari dua kaktus yang berbeda sehingga mendapatkan kaktus yang lebih cantik dan mempunyai warna beragam.

Ada banyak cara sambung kaktus, namun metode sambung rata dan sambung serong paling banyak dilakukan. Prosesnya hampir sama, potong rata atau serong batang induk dan batang atas dari jenis yang berbeda. Cara cepat tempelkan dan perkuat dengan tali atau benang. Sambung kaktus terlihat berhasil jika terjadi pertumbuhan pada batang atas dan tali pengikat bisa dilepas.

Cara membuat Miniatur Garden Kaktus

  • Siapkan pot dengan diameter kira – kira 20cm kemudian tanam kaktus ditengahnya.
  • Di sekelilingnya, letakkan tanaman kaktus yang lebih kecil atau jenis tanaman lainnya.
  • Setelah miniatur garden jadi, bungkuslah dengan plastik mika transparan atau bisa juga menggunakan kaca. Hias dengan pita agar lebih menarik dan jangan lupa beri lubang di plastik mika atau kaca agar tidak mudah busuk.

Untuk memasarkan hasil produksi, anda tidak perlu khawatir. Anda bisa menggunakan media sosial seperti facebook, twitter, instagram, atau media sosial lainnya sebagai media promosi. Atau anda juga bisa membuatkan website tersendiri sebagai etalase untuk kaktus cantik anda.

Apakah anda berminat untuk memulai budidaya kaktus hias sebagai peluang usaha yang memiliki prospek cerah?? Tidak ada salahnya untuk mencoba kan??

Pencarian terkait:

budidaya kaktus hias pdf