Permasalahan dan Pemecahan Masalah Dalam Usaha Burung Walet

Permasalahan dan Pemecahan Masalah Dalam Usaha Burung Walet – Dalam dunia bisnis pastinya kita akan mengalami permasalahan atau kerugian dalam usaha dan budidaya. Membahas budidaya burung walet memang terbilang gampang-gampang susah. Kali ini kami akan kasih saran permasalahan dan pemecahan dalam budidaya burung walet.

Permasalahan dan Pemecahan Masalah Dalam Usaha Burung Walet

Permasalahan dan Pemecahan Masalah Dalam Usaha Burung Walet

A. Permasalahan Dalam Peternakan Burung Walet

Permasalahan permasalahan yang sering terjadi dalam peternakan burung wallet adalah :

  • Sangat kesulitan dalam memperoleh modal, sebab peternakan burung wallet membutuhkan waktu bertahun – tahun untuk dapat dipanen, jadi modal sangat sulit didapat. Maka dari itu kebanyakan dari peternakan burung wallet adalah orang – orang yang tarap ekonominya tinggi.
  • Kurangnya keahlian, dimana peternakan burung wallet tidak seperti peternakan – peternakan lainnya, sebab peternakan burung wallet lebih khusus sebab untuk membuat burung wallet tertarik dan membuat sarang tidak lah mudah, oleh karna itu tidak semua orang dapat menjalankan bisnis ini.
  • Disamping itu juga masalah hama pada peternakan butung wallet juga harus diperhatikan seperti kecoa, semut, tokek, kelelawar dan butung hantu.

B. Pemecahan Masalah Dalam Peternakan Burung Walet

  • Dalam persoalan modal, butuh waktu lama untuk mengembalikan modal tersebut, jadi hendaknya modal peternakan burung wallet merupakan hasil dari usaha yang lain artinya, modal tidak merupakan pinjaman tapi dari hasil perputaran modal usaha yang lain yang lebih cepat perputarannya.
  • Sekarang ini dapat kita lihat bersama bahwa, peternakan burung wallet sudah mulai merebak khususnya untuk daerah Hulu Sungai Utara, jadi untuk menyikapi hal ini, pemerintah hendaknya memiliki inisiatif agar, setiap peternak butung wallet yang sudah berhasil dapat memberikan pengalamannya kepada masyarakat yang lain.
  • Cara yang sangat ampuh untuk membebaskan gedung walet dari serangga/ semut adalah dengan menggunakan racun kapur ajaib. Racun ini harus ditempatkan di seluruh gedung terutama di tempat serangga bisa masuk gedung seperti lubang ventalasi.Racun tikus juga harus diletakkan di dalam gedung karena tikus sangat suka memakan sarang burung walet, sehingga menyebabkan burung walet menjadi stress dan mencari tempat lain yang lebih aman untuk bersarang. Racun tikus juga efektif untuk tokek karena tokek juga suka memakan sarang burung walet.
  • Salah satu metode lain yang sangat efektif untuk menghentikan tikus dan tokek masuk gedung walet adalah dengan menambahkan pecahan kaca di seluruh lubang keluar-masuk.
  • Metode yang sangat efektif untuk menghentikan hama masuk gedung walet adalah dengan membuat kolam di seluruh fundamen. Serangga-serangga, tokek dan tikus tidak suka masuk air sehingga kolam di seluruh gedung akan menghalangi hama tersebut untuk memasuki gedung.

Mengingat bahwa petrnakan burung wallet merupakan peluang bisnis yang cukup menjanjikan maka tidak heran, bawa banyak orang yang ingin dan berbisnis ini, namun dalam kesempatan ini kami ingin memberikan saran bahwa burung wallet juga merupakan makhluk hidup di bumi ini jadi untuk itu kita sebagai manusia harus bias menjaga kelestarian mereka bukan hanya ingin mendapatkan keuntungan semata. Kita harus dapat berfikir ke masa depan, kepada para penerus kita nantinya. Apabila usaha ini dikelola dengan baik dan kelestarian burung wallet dapat dijaga maka untuk tempo puluhan tahun kedepan kita masih bias menggunakan burung wallet sebagai sarana bisnis.