Pengertian Rush Money dan Dampaknya Bagi Pebisnis

Apa itu Rush Money, Pengertian, Contoh dan Dampaknya Bagi Negara – Di media sosial, isu “Rush Money 2511” beredar luas. Bahkan, hastag #RushMoney2511 sempat menjadi trending topic di Twitter pada Selasa (15/11/2016) lalu.

Pengertian Rush Money dan Dampaknya Bagi Pebisnis

Pengertian Rush Money dan Dampaknya Bagi Pebisnis

Pengertian Rush Money secara singkat ialah suatu gerakan menarik uang secara bersama-sama dari tabungan masing masing, dan dalam jumlah besar, bahkan tak jarang uang yang berada di tabungan atau BANK di habiskan tak tersisa lagi.

Aku pribadi mengingatkan teman-teman ku sekalian untuk bijak dalam menggunakan media sosial atau media online lainya, jangan sampai kita menyebar atau membagikan sesuatu yang kita tidak mengerti di dalamnya, untuk itulah Aku membuat artikel ini sebagai tambahan pengetahuan saja.

Supaya tidak tergesa-gesa ikut menyebar tentang aksi rush money ada baiknya anda membaca artikel singkat dibawah ini terlebih dahulu.

Belakangan ini sering kita dengar kata rush money yang sebelumnya belum pernah kita dengar, istilah ini semakin sering muncul setelah aksi damai 4 november bela Al Quran yang dilakukan berbagai ormas islam dalam rangka menuntuk untuk segera di adilinya dugaan penista agama yang dilakukan oleh ahok.

Setelah kejadian demo aksi damai 4 november itulah mulai terdengar kabar rush money yang akan dilakukan rakyat indonesia apabila nantinya proses hukum yang dilakukan kepada dugaan penistaan agama tidak berjalan dengan sesuai hukum yang adil.

Pengertian Rush Money
Pengertian dari aksi rush money adalah gerakan menarik uang yang ada di bank sebanyak banyaknya dengan tujuan keguncangan perekonomian di dalam negeri, tujuannya adalah bisa jadi berbagi motif bisa jadi karena kecewa dengan pemerintahan.

Atau bisa juga karena ulah pihak asing yang sengaja menyulutnya untuk menghancurkan kestabilan perekonomian suatu negara.

Dampak dari Rush Money
Sekarang kita berbicara dampak dari gerakan rush money itu sendiri, saya tidak akan berbicara menggunakan bahasa yang tinggi atau dengan istilah perhitungan yang rumit, mari kita renungkan.

Bayangkan jumlah rakyat indonesia sekarang ini adalah 254,9 Juta, dari jumlah sebegitu banyak tentu tidak semua akan melakukan yang namanya rush money.

Kita ambil angka kecilnya saja.

Katakanlah 5 juta orang melakukan rush money dan dari 5 juta orang itu rata-rata tiap orang menarik uang yang mereka miliki di bank sebanyak 2 juta saja, di hari atau minggu yang sama.

Jika dikalikan jumlah semuanya adalah sekitar 10 triliunan, coba bayangkan bank yang berada di suatu negara mengalami hal demikian bisa terbayangkan apa yang akan terjadi ? tentu saja kekacauan.

Para Analis Ekonomi dan Politik Labor Institute Indonesia, yaitu Andy William Sinaga menyampaikan, Rush Money dapat menyebabkan tiga segi.

Diantaranya adalah sebagai berikut.

Dampak Ekonomi

Jika rush money benar-benar dilakukan maka akan timbul kekacauan dalam system perbankan, bank akan mengalami kekurangan uang cash, sehingga dapat menyebabkan gejolak ekonomi.

Dampak Sosial

Dengan bank yang mengalami kekacauan maka akan timbul juga keresahan di masyarakat, hal ini akan semakin menurunkan tingkat kepercayaan masyarakat kepada pemerintah dalam hal ini Bank Indonesia.

Dampak Politik

Dengan adanya gerakan rush money ini maka politik leader terutapa partai pendukung pemerintah bisa saja menarik konsensus untuk menarik dukungan kepada pemerintahan yang sah.

Nah begitulah kengerian yang akan terjadi jika gerakan rush money benar-benar dilakukan, tentunya apa yang saja gambarkan diatas tidak 100% akurat karena masih banyak kemungkinan yang akan terjadi.

Bahaya di Balik Gerakan Rush Money

Ada banyak bahaya megintai jika gerakan rush money ini benar benar dilakukan, bayangkan saja negara yang tadinya normal makmur tiba-tiba terjadi gejolak di dalamnya, tentunya akan mebuat negara ini kacau balau, bahkan bisa jadi krisis di tahun 90 an terulang kembali.

Pendapat Sri Mulyani Mengenai Rush Money
Banyak orang berpendapat mengenai isu gerakan rush money yang akan dilakukan tanggal 25 November 2016 ini, diantaranya adalah ibu sri mulyani.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menegaskan bahwa ajakan rush akan merusak perbankan dan kepentingan masyarakat.

“Kalau merusak, pasti yang akan terkena dan menderita dulu adalah masyarakat paling kecil dan masyarakat miskin. Oleh karena itu hati-hati dalam melakukan tindakan yang bisa saja melukai dan memengaruhi kepentingan masyarakat sendiri,” jelasnya kepada para wartawan.

Bisa ditebak siapa yang diuntungkan ?

Negara asing!

Dan siapa yang dirugikan ?

Secara keseluruhan rakyat indonesia lah yang akan dirugikan.

Aku tidak akan melakukan ajakan untuk melakukan aksi ini ataupun ajakan untuk tidak melakukan aksi ini, karena pengetahuan Aku memang masih kurang dan Aku pribadi tidak ingin adanya kekacauan di negara yang sama-sama kita cintai ini, semoga allah memberikan apa yang terbaik untuk bangsa ini.

Yang jelas janganlah kalian melakukan sesuatu yang belum kalian ketahui didalamnya

Aku rasa cukup sekian dulu ya pembahasan mengenai apa itu rush money dan pengertian rush money, ini hanya celotehan pribadi Aku sendiri yang sedikit mengganggu juga ingin menanggapi rencana aksi rush money baru baru ini.