Peluang Usaha Ternak Yang Menguntungkan Dalam Waktu Singkat

Peluang Usaha Ternak Yang Menguntungkan Dalam Waktu Singkat – Membicarakan peluang usaha peternakan yang menguntungkan, seolah tidak ada habisnya menjadi point penting sebagai acuan untuk memutuskan jenis peternakan yang akan di jalani. Selepas shalat isya di mushola, bisniswirausaha sering ngobrol ke sana kemari membahas wirausaha peternakan apa yang paling menguntungkan untuk jangka panjang.

Peluang Usaha Ternak Yang Menguntungkan Dalam Waktu Singkat

Peluang Usaha Ternak Yang Menguntungkan Dalam Waktu Singkat

Sebenarnya ini adalah obrolan iseng bersama peternak lain yang sering menjadi teman sharing bisniswirausaha. Akan tetapi dari obrolan iseng ini seringkali menjadi ide-ide segar yang segera kita jalankan dalam skala kecil sebagai bentuk percobaan.
Dalam membicarakan peluang usaha yang paling menguntungkan ini, kita seringkali berkali-kali membuka handphone untuk menggunakan kalkulator yang ada di dalamnya, menghitung seberapa besar keuntungan yang dapat di peroleh dari wirausaha peternakan yang di jalani.

Dari beberapa hasil uji coba peternakan yang di jalani oleh kita dan mereka yang menjadi partner kerja, mengantarkan kepada sebuah kesimpulan mengenai beberapa peluang peternakan yang paling menguntungkan.

1.Beternak Burung
Peternakan burung adalah salah satu Peluang yang menguntungkan dalam dunia peternakan. Bagaimana tidak menguntungkan, dalam beternak burung, biaya operasional yang di keluarkan sangat jauh prosentasenya dengan nilai jual hasil peternakan kita.

Salah satu burung yang kita ternakkan adalah burung kenari. Burung kenari adalah salah burung yang hampir semua penghobi burung pernah memeliharanya, terlepas dari kenari lokal maupun import.

Nilai investasi terbesar dalam beternak burung kenari yang pernah kita jalani adalah pada pengadaan indukan dan pembuatan kandang.

Kalau kandang sudah bukan menjadi rahasia lagi, kandang ternak adalah salah satu elemen dalam wirausaha peternakan yang menyedot dana besar.

Walaupun dalam beternak burung kenari kita juga dapat menggunakan kandang gantung yang harganya tidak terlalu mahal, akan tetapi memiliki produktifitas yang sama, dengan catatan penempatan posisi di tempatkan dalam kondisi ruangan yang nyaman.

Keuntungan yang di dapat dari peternakan burung kenari ini lumayan besar, pada saat harga burung kenari belum seperti sekarang ini, untuk satu ekor anakan burung usia 2 bulan, di jual dengan harga 250-300ribu, keuntungan yang didapat kita berkisar pada angka 230-270ribu per ekor.

Di bandingkan dengan peternakan lain, beternak burung adalah wirausaha peternakan yang paling menguntungkan.

Apalagi kalau burung yang kita ternak adalah burung dari jenis murai batu medan, dimana harga jual anakan usia 2 bulan bisa mencapai 4juta per ekor.

Peternakan burung adalah salah satu peternakan dengan biaya operasional lebih kecil di banding dengan peternakan lain.

Harga jual yang sangat jauh perbandingannya dengan biaya operasional, menjadikan burung sebagai salah satu wirausaha ternak yang paling menguntungkan.

Kendala utama dalam peternakan burung adalah mengenai kemampuan pasar dalam menyerap hasil dari peternakan burung pada peternakan kita.

Pada saat hasil ternak burung kita tidak terserap oleh pasar, mau tidak mau kita akan mempertahankan burung-burung kita untuk tetap kita pelihara, disitulah terjadi biaya pembengkakan yang semakin hari semakin besar.

2. Beternak Jangkrik
Peluang usaha peternakan lain yang menguntungkan adalah wirausaha peternakan jangkrik. Dari mulai berbentuk telur sampai siap di pasarkan, jangkrik membutuhkan waktu sekitar 40 hari. Telur jangkrik dari sejak hari pertama dikeluarkan dari induk jangkrik, akan menetas pada hari ke10. Dengan tersedianya makanan yang cukup, pada hari ke 20, jangkrik sudah siap untuk di pasarkan.

Beberapa peternak jangkrik yang sempat kita hubungi, mengatakan bahwa untuk dapat memperoleh jangkrik 1 kwintal, maka di butuhkan makanan sebanyak 1kwintal juga. Hal ini berarti untuk 1kg jangkrik di butuhkan 1kg makanan.

Sebagai bahan perhitungan, harga 1kg voor ayam yang biasa mereka gunakan adalah Rp.4500. Dan harga jual jangkrik di pasaran berkisar antara 40-80ribu perkilonya.
Sementara untuk makanan tambahan dapat di berikan hijauan seperti daun pisang, daun krokot, dan dedaunan yang ada sekitar tempat tinggal kita.

Jangkrik merupakan salah satu sumber protein bagi burung kicauan yang di pelihara oleh penghobi burung. Dari pantauan wiraternak di lapangan, toko burung yang sudah ramai pembeli dapat menjual jangkrik 1-2kg perharinya, untuk toko burung yang relatif masih baru, biasanya menghabiskan 1kg jangkrik dalam 3 hari.

Apabila di daerah anda ada 20 toko burung, dan kita ambil nilai yang mendekati pasti, yaitu masing-masing toko burung setiap minggu mampu menjual jangkrik 1kg, maka dalam 1 bulan toko burung tersebut membutuhkan suplai jangkrik sebesar 80kg.

Dengan memperhitungkan adanya suplier jangkrik yang mengirimkan jangkrik kepada toko-toko burung tersebut, mampu menguasai pasar di daerah anda sebesar 50% yaitu 40kg.

Point Penting:
Untuk meningkatkan prosentase penyerapan pasar, pelayanan dan hubungan baik dengan konsumen,yaitu toko burung, harus selalu di tingkatkan. Perluas pasar, perbesar target omset. Menekan angka kematian jangkrik yang kita ternak

3. Budidaya Kroto
Sampai saat ini kroto masih di percaya sebagai pendongkrak kemampuan berkicau burung kicauan. Sementara pasokan kroto dari alam semakin hari semakin sedikit, ini dikarenakan penggunaan pestisida dan insectisida pada pertanian yang berpengaruh langsung pada kelangsungan hidup semut rangrang.

Di samping itu, suplai kroto yang semakin di butuhkan yang menyebabkan harganya mahal, mendorong banyak orang untuk berburu kroto di alam. Perburuan kroto yang tidak memikirkan regenerasi semut di alam ini lah yang pada akhirnya menyebabkan kroto semakin sulit di dapat di alam liar.

Budidaya kroto menjadi salah satu peluang usaha peternakan yang menguntungkan yang dapat anda pilih.

Beternak semut rangrang sebagai penghasil kroto adalah salah satu peternakan yang membutuhkan investasi kecil dan ruang kandang yang tidak terlalu besar.
Dengan catatan, indukan semut yang kita akan kita ternakkan, mengambil indukan dari alam.

Cara budidaya kroto ini sebenarnya tidak terlalu sulit, munculnya kesulitan adalah karena kita menganggap semut rangrang sebagai binatang yang ganas dan menakutkan, padahal kalau sudah terbiasa dan tidak panik, perasaan takut itu akan hilang dengan sendirinya.

Harga kroto di pasaran saat ini berkisar antara 100-150 ribu. Ada perbedaan harga kroto pada setiap daerah dan itu adalah hal yang wajar, mengingat tidak semua daerah itu dekat dengan hutan atau perkebunan sebagai tempat hidup semut rangrang.

Pemeliharaan kroto dengan menggunakan toples sosis, dalam duapuluh hari biasanya dapat menghasilkan kroto sebanyak 1 ons.

Untuk mendapatkan kroto sebanyak 1kg, kita membutuhkan kurang lebih toples sebanyak 20 buah.

Sumber makanan dari kroto ini adalah jangkrik dan ulat hongkong, ada juga yang memberikan limbah usus yang bisa di dapatkan pada tempat pemotongan ayam potong.

Sementara untuk minuman, dapat di berikan gula pasir yang di larutkan dalam air.
Perbandingan air dan gula pasir, 1 ons gula pasir untuk air sebanyak botol aqua besar.
Untuk dapat melihat perbandingan air dan gula yang pas ini, kita dapat melihat pada tempat air yang kita tempatkan di sekitar toples pemeliharaan.
Biasanya kalau perbandingannya sesuai dengan yang di inginkan semut, air gula akan cepat habis di konsumsi semut.

4. Beternak Semut Jepang
Walaupun sama-sama di sebut semut, sebenarnya semut jepang bukanlah dari keluarga semut. Semut jepang adalah serangga sejenis indukan ulat kandang tetapi tubuhnya lebih kecil.

Budidaya semut jepang dapat di katakan merupakan peluang usaha peternakan yang menjanjikan.

Manfaat semut jepang sebagai obat alternatif untuk membantu penyembuhan beberapa penyakit ini semakin banyak di ketahui orang.

Cara budidaya semut jepang ini, wiraternak sudah pernah membahas pada artikel yang berjudul; “Cara Mudah Budidaya Semut Jepang”.

Budidaya semut jepang bisa di jadikan sebagai usaha sampingan yang dapat memberikan keuntungan yang dapat di katakan tidak sedikit dibandingkan dengan biaya operasional yang di keluarkan.
Peluang peternakan yang satu ini masih belum banyak yang mengetahui.

Harga jual semut jepang ada yang menjual per ekor, ada juga yang menjual perpaket. Salah satu web yang pernah wiraternak kunjungi yang menjual semut jepang, menawarkan semut jepang dengan harga Rp.600/ ekor.
Untuk ukuran harga seekor serangga, ini adalah harga yang sangat fantastis.

Kesulitan dalam menjalani peluang bisnis peternakan yang satu ini terletak pada pemasaran. Karena manfat semut jepang masih asing di telinga kebanyakan orang, maka di butuhkan pemasaran yang cerdas dan aktif untuk dapat mengeluarkan hasil ternak semut jepang kita dalam jumlah besar.

Pada umumnya,usaha peternakan yang memberikan nilai keuntungan besar adalah peternakan yang memerlukan kejelian kita dalam menciptakan pasar.
Semakin jeli dan mampu kita menciptakan pasar, maka semakin besar peluang keuntungan untuk kita dapatkan.

Berbeda dengan peternakan ayam, peternakan bebek, ikan, sapi atau kambing. Keuntungan yang di dapat dari peternakan ini memang relatif lebih sedikit, tapi kelebihan dari menjalani peternakan hewan ini adalah tersedianya pasar secara kontinyu.

Sementara beternak burung, jangkrik, kroto, dan semut jepang, memberikan keuntungan yang besar, tapi kita harus jeli dan cerdas dalam membaca peluang untuk kemudian kita jadi pasar yang loyal bagi hasil peternakan kita.

Seberapapun besar peluang dari usaha peternakan yang kita ketahui, tidak akan berarti apa-apa kalau tidak kita jalani.
Ambil peluang yang ada sebelum orang lain mendahului kita, jadilah pemimpin pasar bagi hasil peternakan kita, jalani, nikmati dan disabari cobaan-cobaan yang ada didalamnya.

Salam sukses peternakan
Semoga bermanfaat

Pencarian terkait:

bagaimana peluang wirausaha dalam bidang pertanian dan perkebunan di indonesia , usaha dagang di sd , peluang usaha di klaten 2017 , burung tahun 2018 penghobi , tren burung kebumen 2017 , ternak burung prospek di tahun 2018 , ternak burung menguntungkan dalam waktu singkat , ternak burung di tahun 2018 , Ternak burung 2018 , breeding prospek di tahun 2018 , burung paling laku , peluang pleci 2017 , mencari peluang usaha kerjasama bidang peternakan , potensi ternak burung 2018