Peluang Usaha Membuat Pupuk Organik Sendiri

Sukses usaha pupuk organik – Pupuk kompos merupakan pupuk yang terbuat dari bahan – bahan alami yang bersifat ramah lingkungan. Pupuk ini sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan para petani tanaman organik seperti sayuran dan buah. Pupuk organik selain bisa membantu menyuburkan tanaman, pupuk ini juga bisa membantu menjaga unsur hara yang ada di dalam tanah. Dengan begitu, dengan menggunakan pupuk organik ini tanah bisa menjadi lebih subur dibandingkan dengan menggunakan pupuk kimia.

Peluang Usaha Membuat Pupuk Organik Sendiri

Peluang Usaha Membuat Pupuk Organik Sendiri

Biasanya para petani yang memakai pupuk buatan untuk mengolah lahannya itu karena mereka tidak sempat untuk membuat pupuk organik sendiri di rumah. Padahal sebenarnya pupuk kompos organik memiliki berbagai macam manfaat, seperti menyuburkan tanah dan juga membantu menangani masalah sampah yang berserakan khususnya sampah organik seperti daun – daunan, kotoran hewan (misalnya kambing), dan sampah dari tumbuhan lainnya. Selain manfaat yang ada dalam penggunaan pupuk kompos organik ini, peluang usaha bagi pebisnis pupuk organik juga sangat menguntungkan. Kebutuhan petani akan pupuk kompos organik ini semakin hari semakin mengingkat sehingga tentu peluangnya semakin bagus.

Cara pembuatan pupuk kompos organik ini sangat mudah dan sederhana saja. Untuk anda yang menjalankan bisnis ini di rumah,pembuatan pupuk kompos organik ini bisa dikerjakan dengan menggunakan peralatan yang sederhana. Atau jika anda menjalankan usaha ini dengan skala industri, maka bisa juga menggunakan bantuan mesin untuk memproduksi pupuk kompos organik yang lebih banyak. Dengan penggunaan tehnologi tepat guna dalam produksi pupuk kompos organik ini, maka akan sangat memudahkan para produsen pupuk kompos organik dalam memenuhi kebutuhan pasar yang semakin hari semakin meningkat.

pupuk organik

pupuk organik

Dengan permintaan pupuk kompos organik yang sangat tinggi, biasanya para pengusaha pupuk organik ini akan mematok harga pupuk ini sebesar Rp10.000,00 per kilogram. Bagi anda yang tertarik untuk menjalankan usaha membuat pupuk organik sendiri maka berikut ini kami berikan lagkah – langkah yang bisa anda lakukan untuk membuat pupuk organik dengan memakai peralatan seadanya di rumah anda.

Cara membuat pupuk organik

  1. Kumpulkan sampah organik yang ada di sekitar anda, seperti sampah dari daun – daunan, sisa buah dan sayuran. Jika ukuran sampah itu besar maka anda bisa memotongnya kecil – kecil agar nanti bisa muat dimasukkan ke dalam plastik.
  2. Masukkan sampah yang berukuran kecil – kecil tadi ke dalam kantong plastik dengan ketinggian 10 cm dari dasar kantong. Lalu siramkan larutan promi sampai rata, kemudian ulangi lagi dengan memasukkan sampah hingga kantong plastik penuh.
  3. Tutup rapat kantong plastik dengan mengikatnya dan diamkan selama 3 – 6 minggu.
  4. Anda bisa menggunakan pupuk yang sudah matang tersebut, atau bisa juga mengeringkannya terlebih dahulu kemudian diayak supaya tidak berbau dan layak dijual.

Itulah ulasan mengenai “Peluang Usaha Membuat Pupuk Organik Sendiri”. Semoga ulasan kami bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya.