Peluang usaha kuliner yang sedang berkembang di kebumen

Peluang usaha kuliner yang sedang berkembang di kebumen – Di era yang serba modern sekarang ini untuk mencukupi kebutuhan sehari hari, banyak di antara masyarakat kita yang mencari tambahan penghasilan. Salah satunya adalah peluang usaha sampingan kuliner yang bisa mereka lakukan di sela-sela aktifitas keseharian. Banyak anggapan kalau usaha kuliner merupakan jenis usaha yang tidak pernah mati. Karena dari dulu sampai sekarang,atau bahkan sampai beberapa puluh tahun kebelakang, usaha ini bisa dipastikan akan selalu ada. Akan selalu ramai. Secara semua orang bisa dipastikan akan butuh asupan makanan.

Peluang usaha kuliner yang sedang berkembang di kebumen

Peluang usaha kuliner yang sedang berkembang di kebumen

Dikebumen sendiri peluang usaha kuliner sangatlah besar. Semakin hari semakin ramai orang mencoba peruntungan berbisnis kuliner. Kita bisa lihat bertambahnya resto, caffe, warung makanan yang semakin hari semakin bertambah. Tentu saja itu adalah bukti bahwa peluang usaha kuliner di Kebumen juga bagus dan layak untuk dicoba.

Bagi anda orang yang berdomisili khususnya di kebumen yang ingin terjun ke dunia kuliner tidak ada salahnya mencoba usaha kuliner yang cocok dengan modal anda, dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa peluang usaha makanan di kebumen semoga bisa menjadi referensi dan inspirasi anda untuk menjalankan bisnis kuliner anda. Selengkapnya :

Macam-macam usaha kuliner di kebumen paling laris

Sate ambal

Sekalipun ada Sate Kambing dan Sate ayam dari Madura misalnya, Sate Ambal tidak terasa tersaingi, bahkan tak sedikit ada rasa akan tersingkirkan. Bahkan, sate tersebut semakin dicari orang terutama bagi mereka yang pernah mencobanya.

Untuk bisa membuat Sate yang benar-benar bisa membuat orang segera ingin menyantapnya, ternyata ada beberapa hal yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah ayam betina, atau ayam babon yang dagingnya banyak mengandung gajih. Lagi pula, ayam jantan seperti jago katanya tak akan bisa menjadi Sate yang enak.

LANTHING

Salah satu makanan khas yang ada di Kabupaten Kebumen adalah LANTHING. Makanan kecil yang bahan bakunya berasal dari pohon ketela (budin=Jawa) ini lebih dikenal sebagai Lanthing Karanganyar. Tidak salah, karena yang membuat makanan tersebut adalah para warga di Dukuh Sanggrahan Desa Meles Kecamatan Adimulyo Kabupaten Kebumen.

SALE PISANG

Sale pisang adalah makanan hasil olahan dari buah pisang yang disisir tipis kemudian dijemur. Tujuan penjemuran adalah untuk mengurangi kadar air buah pisang sehingga pisang sale lebih tahan lama. Pisang sale ini bisa langsung dimakan atau digoreng dengan tepung terlebih dahulu. selain itu, saat ini sale pisang mempunyai berbagai macam rasa seperti rasa keju. Saat ini, produksi pisang sale sudah menembus pasar internasional.

Sale pisang merupakan produk pisang yang dibuat dengan proses pengeringan dan pengasapan. Sale dikenal mempunyai rasa dan aroma yang khas.

Gado-gado Khas Kebumen

Gado-gado khas Kebumen yang setiap hari mangkal di Jalan Sutoyo tepatnya di depan SMA Negeri 1 Kebumen menawarkan sensasi rasa gurih, pedes dan manis yang merupakan rasa khas Kebumen.

Gado-gado yang sudah tiga tahun mangkal ditempat ini setiap hari ramai dikunjungi pembeli, baik dari kalangan pelajar, karyawan swasta, PNS atau warga yang sengaja datang ketempat ini. Gado-gado racikan warga Desa Karangsari Kecamatan Kebumen memang sudah terkenal kelezatannya bagi para pecinta kuliner di Kebumen.

Nasi Penggel Isi Kikil Lembu

Satu lagi kuliner khas Kebumen yang hampir susah dijumpai, yakni Nasi Penggel. Nasi penggel adalah nasi putih yang dikepeli atau dibuat seperti bola pingpong. Biasa disantap dengan lauk sayur lodeh gori (nangka muda) dan kikil sapi plus tempe goreng dan kerupuk.

Salah satu penjual nasi penggel yang masih eksis yakni nasi penggel milik Suratman (61) yang mangkal di Alun-alun sebelah barat tepatnya di depan Masjid Agung Kebumen. Suratman mengaku nasi penggel miliknya sangat istimewa karena menggunakan beras dengan kulitas terbaik.

Selain itu kikil yang digunakan pun hanya menggunakan kikil yang berasal dari kepala lembu, Nasi penggel makin unik karena harus disajikan di atas daun pisang.

Cireng salju

Dikota lain, sudah banyak yang sukses berbisnis Cireng Salju. Bahkan sudah banyak yang berpenghasilan sampai puluhan juta perbulan dengan berbisnis Cireng Salju. Hal itu bukanlah sesuatu yang aneh, karena memang cireng salju adalah kuliner yang cukup mudah untuk dijual.

JIPANG KACANG

Selain lanting, Kabupaten Kebumen juga dikenal sebagai penghasil makanan khas berupa jipang kacang. Hingga kini aktivis perajin jipang kacang masih bisa ditemui di Kelurahan Panjer, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen.

Makanan cemilan tersebut sudah diproduksi sejak nenek moyang. Para perajin masih mengerjakan proses pembuatan jipang kacang secara tradisional. Persis seperti yang diajarkan nenek moyang dulu. Hanya ada perubahan pada bungkusnya. Kalau zaman dulu menggunakan klaras (daun pisang kering), kini menggunakan bungkus plastik.