Peluang Usaha dan Tips Memulai Bisnis Laundry Kiloan

Peluang usaha dan tips memulai bisnis laundry kiloan – Kesibukan dan keterbatasan waktu dilingkungan masyarakat menjadi hambatan yang sangat signifikan untuk mencuci pakaian yang terbilang memakan tenaga dan waktu. Apalagi bagi mereka yang disibukkan dengan pekerjaan atau mahasiswa yang sibuk mengikuti jam kuliah dan memengerjakan tugas. Oleh karena tidak sedikit orang yang berfikiran lebih baik menggunakan jasa tukang cuci daripada harus mencuci sendiri pakaian mereka.

peluang bisnis laundry kiloan

Sebenarnya ada sebagian orang yang memilih menggunakan jasa asisten rumah tangga untuk sekedar mencucikan pakaian mereka, namun hal ini tidak berlaku untuk semua orang apalagi untuk mahasiswa/mahasiswi. Bagi anda yang memiliki keinginan untuk menjadi wirausahawan, bisnis laundry juga bisa jadi pilihan tepat. Meskipun sudah banyak tersebar jasa laundry, namun bisnis laundry merupakan salah satu bisnis jasa yang menguntungkan. Sebagai perhitungan kasar, coba kita hitung berapa pengeluaran yang kita keluarkan untuk asisten rumah tangga apabila menggunakan jasa nya dan bandingkan dengan menggunakan jasa laundry.

Apalagi bagi anda yang hidup di daerah perkotaan atau di dekat tempat kos-kosan. Banyak orang yang karena sibuknya malas untuk mencuci pakaian mereka, dan biasanya lebih memilih untuk mengantarnya ke tempat laundry baju.

Oleh sebab itu, banyak anggota masyarakat lebih memilih jasa laundry kiloan dibandingkan menggunakan jasa asisten rumah tangga untuk mencuci pakaian kita. Sulitnya membagi waktu mencuci disela jadwal pekerjaan/kuliah merupakan salah satu faktor jasa laundry sangat mereka butuhkan.

A. Peluang usaha laundry

Laundry merupakan salah satu bidang usaha yang bisa dibilang tidak ada matinya. Mengapa tidak ada matinya? Hal ini dikarenakan oleh beberapa hal yang menjadikan laundry merupakan peluang usaha yang menjanjikan :

1. Terus bertambahnya jumlah mahasiswa

Kelompok ini umumnya tidak punya waktu untuk mencuci. Mereka akan melaundry pakaiannya, ini dikarenakan para remaja ini terbiasa hidup enak di rumah

2. Semakin bertambahnya jumlah karyawan yang kos atau mengontrak

Mencari pekerjaan di dekat rumah bukanlah hal yang mudah. Mereka yang bekerja di luar kota umumnya ngekos dan tidak punya waktu untuk mencuci baju. Pergi pagi pulang sore (bahkan kadang malam), lalu jalan-jalan dan membangun jaringan saat akhir pekan. Praktis, kelompok ini adalah pangsa pasar yang bagus untuk peluang usaha laundry. Apalagi mereka yang belum menikah dan masih hidup sendiri.

3. Keluarga yang sibuk bekerja

Pada umumnya, pasangan keluarga yang mempunyai kesibukan bekerja umumnya lebih suka menggunakan jasa laundry. Biaya laundry jauh lebih hemat daripada menyewa pembantu rumah tangga dan mungkin saja lebih aman.

4. Lahan untuk menjemur baju makin tidak ada

Keterbatasan lahan untuk menjemur baju bisa menjadi salah satu faktor pendukung berkembangnya bisnis laundry kiloan.

5. Sekarang, bukan cuma baju yang di laundry

Anda harus tahu. Saat ini bukan hanya pakaian saja yang menjadi objek dalam bisnis laundry. Masyarakat juga melaundry barang – barang seperti sepatu, tas, karpet, bed cover, boneka, dll.

B. Cara dan Tips Memulai Bisnis Laundry

1. Lokasi yang tepat

Memilih lokasi untuk bisnis laundry sangat penting. Kesalahan lokasi bisa menyebabkan bisnis sepi. Untuk laundry, pilihlah lokasi seperti kawasan sekitar kos-kosan atau kontrakan untuk para mahasiswa atau karyawan. Mereka adalah orang yang tidak sempat / malas mencuci sehingga sangat bagus untuk bisnis laundry anda.

2. Harga yang tepat

Harga laundry sangat berpengaruh. Saya pun memikirkan harga saat akan melaundry pakaian. Sebelum menjalankan bisnis ini anda harus melakukan riset harga laundry yang cocok di daerah anda.

3. Pelayanan

Pelayanan merupakan salah satu alasan pelanggan akan tetap setia menggunakan jasa laundry anda. Misalnya saja dengan mencoba hal baru seperti memberikan layanan delivery yang akan memudahkan para pelanggan anda untuk mendapatkan pelayanan terbaik dari usaha laundry kiloan anda.

Anda juga bisa menggunakan kartu member seperti indomaret. Mereka yang punya kartu tersebut akan mendapat diskon

4. Pemasaran Kreatif

Anda juga memerlukan pemasaran yang tepat untuk usaha laundry kiloan milik anda. Bagaimanapun juga, bisnis laundry adalah bisnis yang mainstream. Tidak usah heran kalau anda memiliki banyak kompetitor.

Misalnya saja dengan anda bisa promosi menggunakan brosur dan nama usaha, begitu pula dengan pemanfaatan teknologi yang akan membantu anda dalam menjalankan usaha.

Atau untuk menarik pelanggan, anda bisa memberikan voucher laundry secara gratis sembari anda berpromosi dengan menunjukkan performa laundry yang bagus. Sehingga pelanggan anda puas dan bisa menyebarkan kepada teman atau kerabatnya.

5. Hargai Waktu

Bagi pengusaha, waktu adalah uang. Untuk pengusaha laundry kiloan, waktu adalah persembahan layanan terbaik untuk pelanggan. Dengan berbagai pola dan visi, akan tetap anda butuhkan penghargaan waktu yang tidak dapat diulang kembali.

Adanya janji yang sudah anda sepakati dengan pelanggan untuk menyelesaikan laundry kiloan, maka disitulah tingkat layanan usaha anda pertaruhkan.

Setiap menyelesaikan laundry tepat waktu, artinya anda sedang menambah jumlah pelanggan yang setia.

6. Pemikiran Cerdas

Anda harus cerdas. Perhatikan trend bisnismu. Jika terus menurun, segeralah koreksi. Penurunan omset bukan hanya disebabkan oleh kesalahan internal. bisa jadi disebabkan oleh kompetitor anda yang semakin bagus.

7. Terus Belajar

Dengan jurus yang satu ini, maka anda akan banyak berpeluang bisnis di usaha laundry kiloan dengan cara yang lebih apik dan dinamis.

Dengan terus mau untuk mengasah kemampuan dan wawasan, maka tak ayal bila anda mendapatkan konsep bisnis laundry kiloan yang tepat sasaran dan mampu menjadi investasi jangka panjang milik anda.

8. Mengikuti Siklus Kebutuhan Konsumen

Mengikuti kebutuhan konsumen artinya memprioritaskan konsumen sebagai raja. Karena dengan konsep yang demikianlah anda dapat menuju sebuah peluang usaha luar biasa. Mendengar saran dan keluhan konsumen adalah konsultasi gratis untuk kemajuan bisnis laundry anda.

9. Tidak Ceroboh

Misalnya anda mencampur semua baju, kemeja putih, dan celana jeans agar proses pencucian berlangsung cepat. Bukannya pujian yang anda dapat melainkan pelanggan yang kecewa dan menyebarkan cerita buruk tentang laundry milikanda

10. Perbesar usaha dengan berpikir kreatif

Nah anda juga harus terus menerus menambah peluang usaha agar semakin untung besar. Tidak hanya membuka usaha laundry untuk pakaian, anda juga bisa membuka laundry sepatu, tas, bed cover, boneka, karpet, atau lainnya.

11. Menjadi Yang Terbaik

Terus mencoba tanpa menyerah adalah kualitas diri seorang pengusaha. Begitu pula dengan anggapan konsep bersaing sehat. Karena pengusaha yang sebenarnya adalah anda yang tidak pernah menganggap lawan menjadi penghalang, namun justru pemicu untuk selalu lebih baik dan mencoba hal-hal baru

C. Rintangan Bisnis Laundry

1. Kompetitor

Dikarenakan peluang usaha laundry makin bagus. Untungnya juga oke. Maka bisnis ini makin menarik saja. Ada ibu rumah tangga yang membuka bisnis ini, ada pula pasangan suami istri, CV kecil-kecil juga membukanya. Bahkan belakangan perusahaan besar pun sudah masuk bisnis ini seperti 5ASEC pun sudah masuk di Indonesia.

Kompetitor adalah guru anda. Berpikirlah kreatif agar anda bisa bertahan, lihat strategi yang dibuat kompetitor lalu analisis hasilnya. Lakukan lah yang lebih baik daripada para kompetitor anda.

2. Pelanggan ingin pengerjaan cepat

Nah untuk yang satu ini anda perlu melakukan strategi harga. Untuk laundry harga normal, lama pengerjaan adalah 3 hari. Sedangkan untuk paket ekspres adalah 1 hari. Tentu saja anda memberikan harga yang lebih mahal untuk paket ekspres.

3. Masyarakat sudah banyak yang memiliki mesin cuci

Masyarakat memang memiliki mesin cuci, namun mereka tidak memiliki banyak waktu untuk menyetrika. Anda bisa menawarkan jasa setrika untuk masyarakat. Sebenarnya masalah ini bisa diatasi dengan memilih lokasi yang tepat. Pilihlah lokasi di sekitar kos-kosan atau kontrakan karyawan atau mahasiswa, bukan di sekitar rumah tinggal yang menetap.

4. Biaya perawatan mesin laundry

Pilihlah mesin cuci yang bagus dan produk asli jika tidak menginginkan terlalu banyak perbaikan. Anda juga bisa mempelajari cara memperbaiki mesin cuci sendiri. Ini akan sangat menghemat, apalagi jika anda berhasil membagi ilmu tersebut ke karyawan

5. Mengatur karyawan

Mengatur karyawan memang terkadang rumit. Cara yang paling bagus untuk mengatur mereka adalah memberikan deskripsi pekerjaan yang jelas. Anda juga harus memberikan harapan bahwa mereka bisa membiayai hidupnya dari usaha laundry anda.

6. Limbah dan lingkungan

Apabila anda membuka usaha laundry di sekitar rumah tinggal warga yang menggunakan air tanah maka anda perlu memperhatikan limbah anda. Lebih-lebih jika air tanah milik warga sangat dangkal.