Peluang Emas Bisnis Ekspor Buah Buahan

Peluang usaha ekpsor buah – Bisa dikatakan Indonesia merupakan surga buah – buahan. Hal ini tidak terlepas dari letak geografis dan iklim tropis yang dimiliki negara kita tercinta ini. Iklim yang hangat membuat beragam dan beraneka rasa buah mudah tumbuh di tanah Indonesia dan pastinya juga membuka peluang usaha yang menguntungkan.

prospek bisnis ekspor buah

Menurut data dari departemen Pertanian, sebenarnya permintaan yang masuk dari manca negara untuk beragam buah-buahan tropis asli Indonesia relatif tinggi. Dan saat ini kemampuan ekspor Indonesia baru mencapai angka 60 % dari total permintaan yang masuk. Itupun hanya untuk jenis buah tertentu dengan konsistensi yang tidak bisa dikatakan baik. Dari sinilah Anda bisa mengembangkan peluang usaha yang menguntungkan, dan bukan mustahil akan mencetak miliarder baru dari bidang eksportir buah.

Menurut data yang ada, saat ini hanya terdapat 4 jenis buah yang sudah sukses memasuki pasar global yakni buah mangga, manggis, salak dan pisang. Hanya saja ekspor baru bisa optimal di akhir dan awal tahun, sedang di pertengahan tahun yang memang cenderung musim kering kadang ekspor bisa mencapai angka 0.

Sementara ini keempat produk buah tropis lokalan itu pun baru merambah pasa Tiongkok yakni Shanghai dan Hongkong, Singapura dan beberapa negara Timur Tengah macam Arab Saudi dan Emirat Arab. Permintaan dari kawasan Eropa masih belum sanggup terpenuhi dengan baik karena keterbatasan produksi di pertanian lokal.

Belum lagi permintaan buah tropis lain yang juga tidak kalah tinggi namun belum sanggup tercover oleh produksi lokal seperti nanas, durian, nangka, kelengkeng, melon, semangka dan rambutan. Malah untuk buah durian Indonesia sudah keduluan start dengan negara-negara tetangga lain seperti Malaysia dan Thailand yang saat ini menjadi penguasa pasar durian dunia.

Soal potensi dari bisnis ini, Anda bisa melihat bagaimana suksesnya seorang Alm. Bob Sadino dengan bisnis agronya. Salah satu lini usahanya adalah eksportir buah mangga dan durian. Tidak hanya Alm. Bob Sadino yang mencicipi sukses dengan ekspor buah, seorang pengusaha eksportir mangga gincu asal Cirebon, Ahmad Abdul Hadi mengaku bisa mengeruk untung ratusan juta tiap bulan.

Ada 2 cara untuk menjalankan bisnis eksport buah yang sangat menguntungkan ini :

1. Dengan mengelola lahan perkebunan buah dalam jumlah besar dan mengemas serta menjual hasil panen Anda ke pasar internasional

2. Dengan menjadi pengepul buah dari para pemilik pohon buah di kawasan Anda.

Kedua cara ini memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing. Dengan cara pertama, Anda bisa lebih memaksimalkan kualitas buah yang Anda panen karena proses perawatan sepenuhnya berada dalam pengawasan Anda. Hanya saja dalam prosesnya Anda akan membutuhkan banyak tenaga kerja dan tentu saja lahan yang luas.

Sementara cara kedua memang lebih efisien karena Anda tidak perlu ribet soal perawatan dan tidak perlu memikirkan urusan lahan perkebunan. Namun cukup sulit mempertahankan kualitas karena nyatanya kualitas tiap pohon bisa saja berbeda dan jelas ini bisa memberi efek terhadap kualitas buah yang dihasilkan. Itu pula sebabnya kebanyakan pelaku eksportir buah cenderung memilih untuk menjalankan peluang usaha yang menguntungkan ini dengan cara pertama.

Eksport buah merupakan bisnis yang belum digarap secara optimal dan masih memiliki peluang pasar yang sangat besar. Namun sebelum anda terjun dalam peluang bisnis eksportir buah, ada baiknya anda memahami prosedur ekspor yang sedikit susah. Anda bisa bertanya kepada eksportir yang lebih berpengalaman atau membaca referensi tentang tata cara eksport hasil pertanian.