Peluang Cerah Budidaya Buah Naga Kuning

Budidaya Buah Naga Kuning – Melihat buah naga yang berwarna merah bukanlah hal yang sulit ditemukan sekarang. Namun, beberapa waktu belakangan ini, varian baru dari keluarga buah naga yaitu buah naga kuning menjadi hal baru yang banyak di perbincangkan.

peluang bisnis budidaya buah naga kuning

Buah naga kuning merupakan salah satu jenis buah naga yang masih langka dan bisa dibilang cukup mahal harganya karena keberadaannya masih sedikit di pasaran. Hal ini disebabkan karena buah naga kuning pertumbuhannya lebih lambat dari pada buah naga merah atau buah naga jenis lainnya, membutuhkan waktu paling cepat 2 tahun untuk bisa berbuah. Selain itu perakaran buah naga kuning juga lebih sedikit dan memiliki batang yang lebih kecil, sehingga buahnya juga kecil.

Adapun kendala dalam budidaa buah naga kuning adalah penyakit busuk batang yang disebabkan oleh cendawan (Sclerotium Rollfsii). Umumnya menyerang pada saat tanaman buah naga kuning berumur 0-3 tahun. Serangan cendawan ini apabila tidak diatasi bisa sangat berbahaya karena dapat mengakibatkan kematian pada tanaman buah naga. Untuk mengatasinya bisa dengan cara menyambung buah naga kuning ke batang buah naga merah.

Buah naga kuning juga memiliki kandungan gizi yang lebih baik dan rasa yang lebih manis dari buah naga lainnya. Hal tersebut disebabkan karena buah naga kuning memiliki kandungan sakrosa juga fruktosa buah ini lebih tinggi.
Sebenarnya untuk membudidayakan buah naga kuning cukup mudah, yang menjadi kendala adalah pada ketersediaan bibit yang masih kurang sehingga sulit untuk memenuhi kebutuhan bibit para petani. Namun hal tersebut dapat diatasi dengan cara melakukan teknik penyambungan buah naga kuning dengan posisi batang bagian bawah menggunakan buah naga jenis lain yang lebih besar dan memiliki akar banyak ( biasanya adalah naga merah) dan pada bagian atas menggunakan batang buah naga kuning.

Teknik sambung batang buah naga kuning :

Buah naga kuning terbilang cukup jarang dibudidayakan di Indonesia. Maklum saja, tanaman asal Meksiko, Amerika Tengah, ini memang baru beberapa tahun belakangan ini mulai populer. Meski begitu, cara budidaya terbilang cukup sederhana.

Dengan teknik penyambungan/grafting dengan batang buah naga lain memiliki keuntungan yaitu buah naga menjadi lebih cepat berbuah. Jika biasanya buah naga dapat berbuah satu setengah sampai dua tahun baru dapat berbuah, maka dengan teknik penyambungan ini pada usia 9 bulan sudah bisa berbuah atau berproduksi.

Berikut ini teknik penyambungan buah naga kuning ala Ibu Asroful Uswatun, petani naga kuning dari Jember :

  • Ambil dua buah batang dari buah naga kuning dan buah naga jenis lain yang memilik batang lebih besar (biasanya menggunakan buah naga merah sebagai batang bawah). Batang bawah yang digunakan untuk penyambungan harus dipastikan yang sudah berakar banyak sehingga tanaman dapat langsung hidup dan berpotensi dengan hasil yang sempurna.
  • Sambungkan kedua batang sistem potong huruf L untuk kedua batangnya atau membentuk huruf V untuk batang atas sedangkan untuk batang bawahnya cukup dibelah.
  • Setelah menyambung dengan sistem pemotongan diatas, Anda dapat mulai mengikat kedua batang menggunakan tali rafia atau plastik agar dapat menempel sempurna.
  • Setelah kedua batang dipastikan menempel, Anda dapat menaman dalam polybag dengan diameter 15 cm.
  • Usahakan bibit sambungan jangan sampai terkena sinar matahari secara langsung. Taruh tanaman pada tempat yang teduh selama proses penempelan atau diatasnya dipasang naungan selama kurang lebih 2 minggu sampai 1 bulan.
  • Setelah tanaman berhasil sempurna, bersihkan semua duri yang ada pada batang bawah agar pertumbuhan tunasnya dapat fokus ke pertumbuhan tunas bagian atas atau pada batang buah naga kuning.

teknik sambung buah naga

Manfaat buah naga memang sangat baik untuk kesehatan sehingga banyak masyarakat yang mulai menanam sendiri mulai untuk menambah penghasilan maupun untuk di tanam di pekarangan rumah. Meskipun buah naga kuning memiliki ukuran yang lebih kecil, namun khasiat dan manfaat buah naga kuning lebih bagus dari buah naga jenis lainnya.

Selain kaya akan manfaat, buah naga kuning juga bisa dijadikan sebagai alternatif bisnis di bidang pertanian ang bisa anda coba. Selain dapat menikmati manisnya manfaat buah naga, anda juga bisa menikmati manisnya keuntungan berbisnis buah naga kuning. Selamat mencoba !!!