Peluang Bisnis Budidaya Bunga Anggrek

Prospek cerah bisnis tanaman hias – Siapa yang tak mengenal bunga yang satu ini. Dengan warna bunga yang cantik, tak heran bunga anggrek menjadi salah satu primadona penghobi tanaman hias di Indonesia. Maka tak jarang para kolektor tanaman hias berlomba untuk berburu dan mengkoleksi bunga anggrek.

tips memulai bisnis budidaya bunga anggrek

Cara budidaya bunga anggrek ini pun cukup mudah, asal dirawat dengan baik anggrek bisa tumbuh di berbagai iklim dan kondisi cuaca. Cara pengembangbiakannya pun bisa dilakukan dengan cara alami atau dengan teknik tertentu.

Indonesia sendiri dikenal sebagai pemilik bunga anggrek dengan jenis paling banyak di dunia, ada sekitar 3500 jenis spesies anggrek hasil dari kawin silang. Jenis anggrek yang paling banyak dikoleksi di Indonesia adalah jenis Dendrobium, karena jenis anggrek ini masih terjangkau, dan memiliki banyak warna, Perawatannya juga mudah. Selain jenis Dendrobium masih ada jenis anggrek lainnya seperti vanda tricolor, Vanda hookerina, Anggrek bulan/Phalaenopsis amabilis, Apple blossom, Paphiopedilun praestans, Paphiopedilun glaucophyllum, dan masih banyak lagi lainnya.

Secara umum bunga anggrek terbagi menjadi 2 jenis yaitu anggrek Epiphyt dan anggrek Terrestris. Anggrek Epiphyt adalah jenis tanaman anggrek yang hidup menempel pada tanaman lain tapi tidak mengganggu tanaman tersebut sedangkan anggrek Terrestris adalah jenis anggrek yang hidup pada tanah humus yang subur.

Syarat tumbuh bunga anggrek

Sebelum kita masuk pada langkah budidaya bunga anggrek, ada baiknya anda mengetahui lokasi/tempat tumbuh bunga anggrek terlebih dahulu.

Pilihlah lokasi yang mempunyai intensitas matahari yang cukup baik, karena pertumbuhan tanaman anggrek sangat terpengaruh dengan intensitas sinar matahari yang didapat. Usahakan untuk menyesuaikan jenis tanaman anggrek berdasarkan tingkat intensitas matahari yang didapat sehingga anggrek bisa tumbuh secara maksimal.

Berdasarkan tingkat kebutuhan intensitas cahayanya anggrek terbagi menjadi tiga jenis. Jenis pertama tanaman anggrek yang harus terkena sinar matahari secara langsung. Jenis anggrek yang cocok untuk dibudidayakan pada tempat terbuka adalah anggrek Vanda, anggrek Arachnis dan anggrek Renanthera.

Sedangkan jenis kedua adalah jenis anggrek yang bisa tumbuh baik di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Jenis anggrek yang cocok untuk kondisi ini adalah anggrek Ancedium, anggrek Dendrobium, atau anggrek Cattleya. Untuk membudidayakan tanaman anggrek jenis kedua ini Anda harus memiliki tempat yang khusus yang sudah dirancang sedemikian rupa agar bisa memaksimalkan pertumbuhan anggrek yang Anda tanam.

Sedangkan jenis tanaman anggrek yang terakhir adalah anggrek yang tidak suka terkena sinar matahari, sehingga Anda harus menempatkan tanaman ini di tempat yang teduh. Bila Anda mempunyai halaman rumah yang teduh, sebaiknya Anda menanam jenis Anggrek Paphiopedilum dan anggrek Phalaenopsis.

Langkah – langkah budidaya bunga anggrek

1. Memilih bibit bunga anggrek

Sebelum menanam bunga anggrek tentu saja Anda harus memilih bibit yang mempunyai kualitas yang baik. Pilihlah bibit yang siap untuk dibudidayakan biasanya bibit yang bagus adalah bibit yang telah berusia 1 tahun dan telah memiliki daun serta akar.

Tanamlah bibit yang tersebut ke dalam plastik selama 3 bulan, setelah itu baru pindahkan ke dalam pot kecil dengan diameter 6 cm sampai 12 cm. Berikanlah pupuk organik selama proses pembibitan agar pertumbuhan anggrek maksimal. Setelah 3 bulan berada di pot kecil Anda bisa memindahkan anggrek ke dalam pot yang berukuran lebih besar.

2. Persiapan media tanam

Media tanam untuk tanaman anggrek harus memenuhi beberapa persyaratan yaitu; tidak mudah lapuk, tidak menjadi sumber penyakit, mempunyai aerasi udara yang baik, mampu mengikat air dan zat hara secara baik, mudah didapatkan, dan harga relatif murah. Agar tanaman anggrek tumbuh dengan baik dibutuhkan media tanam dengan derajat keasaman (pH) berkisar 5 – 6. Pemilihan media tanam ini penting dan harus disesuaikan dengan jenis tanaman anggrek yang akan ditanam. Karena setiap jenis tanaman anggrek mempunyai kesesuaian yang berbeda terhadap media tanam. Juga, media tanam merupakan sarana agar pertumbuhan dan bunga tanaman anggrek dapat optimal. Berikut beberapa media untuk menanam bunga anggrek yang bisa anda gunakan :

a. Sphagnum Moss

Sphagnum moss mempunyai daya pengikat air yang sangat baik. Sebagai media tanam sphagnum moss juga mempunyai aerasi dan draenase yang cukup baik. Sphagnum moss mengandung unsur N (Nitrogen) 2 – 3%. Ketersediaan moss dialam sudah mulai berkurang dan harga juga mulai naik. Media tanam sphagnum moss cukup baik untuk menanam anggrek Phalaenopsis.

b. Sabut Kelapa

Penggunaan sabut kelapa sebagai media tanam cukup baik, karena sabut kelapa mempunyai daya simpan air yang baik. Sabut kelapa mudah didapatkan dan harganya murah. Sayangnya sabut kelapa mudah lapuk dan busuk, sehingga dapat menjadi sumber penyakit. Jadi bila ingin memakai sabut kelapa sebagai media tanam angrek, pilih sabut kelapa yang sudah tua. Dan cepat diganti bila sudah lapuk. Baik untuk media tanam anggrek phalaenopsis.

c. Arang Kayu

Arang kayu biasa dipakai sebagai bahan bakar, untuk membakar sate atau yang lainnya. Juga bisa dipakai sebagai media tanam untuk anggrek yang cukup baik. Melihat cara pembuatannya yang dibakar, arang kayu merupakan media tanam yang steril, tidak mudah ditumbuhi oleh jamur dan bakteri. Arang kayu juga tidak mudah lapuk, dan mudah didapatkan. Namun arang kayu sukar mengikat air dan miskin zat hara. Arang kayu bisa digunakan untuk media tanam semua jenis tanaman anggrek. Tapi paling baik digunakan sebagai media tanam anggrek Dendrobium dan Cattleya.

d. Pakis

Pakis sebagai media tanam cukup baik, mempunyai daya ikat air, aerasi dan drainase yang baik. Daya lapuk pakis secara berlahan-lahan. Dan mengandung unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman anggrek. Sayangnya pemakaian pakis sebagai media tanam mempunyai saingan dengan tanaman hias lainnya. Semakin hari ketersediaan pakis juga semakin berkurang. Karena tergantung dari tanaman pakis dialam dan belum dibudidayakan. Pakis cacahan biasa digunakan untuk media saat pembibitan tanaman anggrek, yaitu saat kompot. Karena sifatnya tersebut pakis sebagai media tanam cocok untuk tanaman anggrek Phalaenopsis.

e. Rockwool

Rockwool adalah olahan dari batu gunung vulkanik diproses menjadi serat dengan ukuran 0,006 – 0,01 mm. Biasanya dalam bentuk lembaran rockwool dan mempunyai fungsi untuk isolator panas di pabrik. Rockwool sebagai media tanam anggrek sudah digunakan di Denmark dan Belanda. Rockwool mempunyai pori yang seragam, sehingga baik digunakan untuk media tanam anggrek. Sebagai media tanam tidak mudah lapuk, mampu menyimpan air, hara dan udara dengan merata. Memang rockwool tidak mengandung hara, tapi mampu menyimpan pupuk dari penyiraman. Mungkin ketersediaannya yang masih belum merata dan agak sulit. Media tanam ini bisa digunakan untuk semua jenis tanaman anggrek, namun sangat cocok untuk tanaman angrek Phalaenopsis.

Pemilihan yang tepat media tanam pada tanaman anggrek adalah dibutuhkan untuk menghasilkan pertumbuhan yang baik dan pembungaan yang optimal. Untuk pengelola kebun anggrek pertimbangan harga dan ketersediaan media tanam mutlak dipertimbangkan, Karena media tanam merupakan komponen produksi yang akan berpengaruh pada cost per unit produksi.

3. Cara Menanam Bunga Anggrek

Jadi bagaimana sebenarnya cara menanam bunga anggrek itu? Sebelum membahas lebih lanjut, anda harus tahu terlebih dahulu bahwa terdapat dua cara dalam menamam bunga anggrek ini. Yakni dengan cara gaya ditempel atau dengan cara ditanam di dalam pot. Kedua cara itu bukan merupakan sesuatu hal yang aneh karena memang bunga tersebut termasuk dalam kategori tanaman hias. Di bawah ini ada penjelasan lebih lanjut dari masing-masing cara menanam bunga anggrek.

a. Menanam di dalam pot

1). Siapkan media pot

Cara menanam anggrek yang pertama adalah dengan menyiapkan media pot. Adapun media yang bisa Anda gunakan adalah pot yang terbuat dari plastik, pot dari tanah liat atau pot yang terbuat dari semen. Jika Anda ingin menggunakan pot bekas, maka sebaiknya Anda bersihkan terlebih dahulu pot tersebut hingga benar-benar bersih. Karena kotoran bekas jamur, lumut, dan bakteri bisa mengganggu pertumbuhan anggrek nantinya.

2). Siapkan tiang penahan

Tiang penahan ini berfungsi untuk menyangga anggrek agar tidak goyang saat di siram atau ketika Anda sedang merawat anggrek tersebut. Tiang yang digunakan sebaiknya adalah tiang yang kuat, dan juga tahan lama Sehingga tiang yang paling tepat adalah kawat. Pilihlah kawat dengan diameter 2 hingga 4 mm, dan Anda bisa melepasnya ketika anggrek sudah kuat hidup di pot.

3). Media tanam

Cara menanam anggrek yang baik harus menggunakan media tanam yang tepat Anda bisa memilih potongan pakis, arang kayu atau sabut kelapa. Bagi Anda yang belum pernah bergelut dengan anggrek mungkin akan sedikit bingung bagaimana cara menanamnya. Namun demikian jika Anda telah tahu, sebenarnya sangat simpel dan mudah sekali untuk dipelajari. Untuk Anda yang belum tahu cara menanamnya, setelah semua bahan siap, maka pasanglah tiang penahan hingga menyentuh dasar pot

Setelah itu, masukkan media yang Anda gunakan (arang, potongan pakis atau sabut kelapa) kemudian letakkan anggrek tersebut di atas media. Atur akarnya agar dapat menyebar rata, dan ikat batang anggrek pada tiang yang telah tersedia. Demikian Cara Menanam Anggrek Dalam Pot. cukup mudah bukan?

b. Menanam bunga anggrek dengan cara ditempel

Selain pot, media seperti dinding tembok dan batang pohon juga bisa digunakan sebagai media penanaman bunga anggrek. Namun tidak semua jenis anggrek bisa ditanam di dinding tembok atau batang kayu. Hanya beberapa jenis anggrek saja yang bisa ditanam pada media selain pot seperti jenis anggrek Cattleya, Oncidium, dan Dendrobium. Berikut ini adalah cara menanam bunga anggrek dengan cara ditempel :

1). Pilihlah tanaman anggrek yang tidak terlalu panjang batangnya dan tidak terlalu pendek, jadi yang sedang – sedang saja, ini bertujuan untuk menghindari patah batang.

2). Tempelkan tanaman anggrek pada pohon atau bisa juga menggunakan papan pakis. Nah, pohon atau papan pakis inilah sebagai media tanamnya yang berfungsi untuk menempel akar-akar tanaman anggrek nantinya.

3). Agar menempel kuat dan tidak goyang ikat batang anggrek tersebut pada pohon atau papan pakis dengan tali plastik / tali rapia atau tali ijuk, tetapi bisa juga menggunakan tambang kecil, benang nilon atau benang – benang yang lainnya atau yang lainnya yang tidak berkarat.

4). Setelah perakarannya menempel kuat pada pohon atau papan pakis, tali bisa dilepas dengan hati – hati. Tetapi kalau mau pakai pengikat lebih praktis tali pengikat diganti dengan kawat dengan panjang 5 – 8 cm dengan dibentuk huruf U. Kawat ini di pungsikan untuk menjepit batang anggrek yang ditempelkan pada papan pakis atau pohon.

Dalam menanam Anggrek biasanya kita tidak menyadari cara yang sederhana ini, namun penting dalam penanaman anggrek. Baru menyadari ketika tanaman kurang bagus pertumbuhannya bahkan sampai mati.

4. Penyiraman dan Pemupukan

Bunga anggrek memiliki cara penyiraman dan pemupukan yang berbeda tergantung jenis bungga anggrek dan habitat asli bunga anggrek tersebut berasal.

Anggrek jenis Paphiopedilum, Miltonia, Cymbidium, Dontoglossum memerlukan media tanamnya agar tetap lembab (bukan basah) secara merata sepanjang waktu. Untuk jenis anggrek seperti Cattleya, Oncidium, Dendrobium membutuhkan media tanamnya tetap lembab secara merata ketika masa pertumbuhan aktif, tapi biarkan tetap kering diantara waktu penyiraman jika tidak dalam masa pertumbuhan aktif. Sedangkan anggrek jenis Phalaenopsis, Vanda, Ascocenda membutuhkan media tanam yang tetap kering sepanjang waktu.

Untuk pemupukan. Secara umum, pemberiannya disarankan sebulan sekali untuk hampir semua unsur pupuk. Carilah pupuk yang mengandung nitrogen (N), fosfor (P) dan kalium (K), ditambah elemen seperti besi (Fe). Gunakan pupuk dengan persentase nitrogen yang lebih tinggi ketika keluar tunas baru, dan pupuklah dengan lebih banyak fosfor dan kalium nanti ketika sedang musimnya. Jangan berlebihan dalam memupuk anggrek––ini bisa merusak anggrek.

Tips :

  • Jika Anda menanam anggrek pada kulit kayu, gunakan pupuk dengan nitrogen yang lebih tinggi secara signifikan (dengan perbandingan 30 (N)-10 (P)-10 (K)). Bakteri di dalam kulit kayu yang membusuk akan mengkonsumsi banyak nitrogen.
  • Siram anggrek Anda secara menyeluruh sebelum dipupuk.

Semoga postingan kami diatas dapat membantu anda para pecinta anggrek atau bahkan anda yang akan memulai bisnis budidaya bunga anggrek. semoga bisa menambah pengalaman dan sebagai pembanding dengan cara menanam anggrek yang sudah anda ketahui. Selamat mencoba . .

Pencarian terkait:

sebutkan dua pebisnis sukses yang bergerak dalam budidaya anggrek , dua pebisnis sukses yang bergerak dalam budidaya anggrek , media tanam untuk anggrek jenis ephytis dan semi ephytis , jenis anggrek yg diminati konsumen , jelaskan perbedaan antara anggrek ephytis dengan anggrek semi ephytis , sebutkan media tanam untuk anggrek ephytis dan semi ephytis , sebutkan beberapa jenis anggrek yg sering diminati konsumen , sebutkan 2 pembisnis sukses yang bergerak dalam budidaya anggrek , jelaskan perbedaan antara anggrek ephytis dengan anggrek semi ephytis? , pebisnis sukses yg bergerak dalam budidaya anggrek , sebutkan tanaman hias selain anggrek dan adenium yg memiliki peluang besar dalam berbisnis , perbedaan ephitys dgn semi ephitys , perbedaan antara anggrek ephytis dengan anggrek semi ephytis , proposal usaha bunga anggrek , petani sukses menanam nanas madu , anggrek jenis ephytis dan semi ephytis , sebutkan bunga anggrek yang banyak diminati oleh konsumen indonesia , sebutkan media tanam jenis ephytis dan semi ephytis , sebutkan media tanaman untuk anggrek jenis ephytis dan semi ephytis , sebutkan selain tanaman hias anggrek dan andenium memiliki peluang besar , sebutkan tanaman hias selain anggrek dan adenium yang memiliki peluang besar berbisnis , sebutkan tanaman hias selain anggrek dan adenium yang memiliki peluang besar dalam berbisnis? , perbedaan anggrek ephytis dengan semi ephytis , perbedaan anggrek ephytis dan semi ephytis , angrek scorpio , apa yang di maksud dengan anggrek semi ephytis , bagaimanakah pembibitan tanaman anggrek brainly , bisnis anggrek , cara bisnis jual bunga anggrek , cara memprosikan jualan bunga hias , cara pembibitan tanaman anggrek brainly , cara tanam anggrek scorpio di pot , jelaskan dengan singkat perbedaan tanaman anggrek aphytis dan semi aphytis?brainly , jelaskan dengan singkat perbedaan tanaman anggrek ephytis dan semi ephytis , jelaskan pebedaan antara anggrek ephytis dengan anggrek semi ephytis , jenis anggrek yang sering diminati konsumen , jual pakis cacah , kewirausahaan vapor , mencoba menanam labu butternut squash dari biji , selain tanaman anggrek dan adenium yang memiliki peluang besar adalah