Panduan Mengenai Peluang Usaha Ternak Kelinci

Penjelasan Tentang Panduan Mengenai Peluang Usaha Ternak Kelinci – Binatang kelinci, binatang yang terkenal dengan kelucuannya dan menggemaskan ini merupakan salah satu binatang yang gampang di pelihara. Selain itu kelinci ternyata juga menyimpan prospek yang luar biasa untuk dibudidayakan. Hal ini dikarenakan dari tahun ke tahun permintaan kelinci pedaging maupun sebagai binatang peliharaan semakin meningkat. Salah satu jenis kelinci yang banyak digemari adalah jenis Flame. Kelinci jenis Flame tak hanya bisa dijadikan sebagai hewan peliharaan rumah saja, namun dapat juga sebagai komoditas berharga yaitu untuk di ambil dagingnya. Kelinci ini selain cepat besar, ternyata juga pintar jika di pelihara. Bayangkan saja, dalam beberapa bulan kelinci ini akan ingat nama penggilan yang diberikan kepadanya. Bahkan mengerti bahasa yang ditujukan kepadanya. Saat ini budidaya ternak kelinci mulai berkembang baik, dari data statistik Dinas Peternakan, populasi kelinci pada tahun 2009 baru ada 834.608 ekor, namun pada tahun 2010 telah terjadi peningkatan sebesar 7,6% menjadi 898.075 ekor. Sementara konstribusi daging kelinci untuk kebutuhan daging nasional baru menyumbang 0,0046% dari kebutuhan daging nasional sebesar 2,18 juta ton. Permintaan pasar yang cukup signifikan namun belum ditopang dengan produksi yang memadai, menjadi kendala untuk daging kelinci dikenal secara luas oleh masyarakat.

panduan-mengenai-peluang-usaha-ternak-kelinci

panduan-mengenai-peluang-usaha-ternak-kelinci

 

Beberapa kendala yang dihadapi industri kelinci Indonesia untuk berkembang, meliputi :

  1. Belum adanya pusat pembibitan baik pedaging maupun hias.
  2. Sifat pemeliharaan masih bersifat tradisional dan individual dengan yang modal kecil menjadikannya sulit berkembang.
  3. Pengetahuan produksi dan pemasaran yang kurang memadai.
    Kurangnya promosi penganekaragaman produk serta produk turunan kelinci.

Coba bayangkan, ketika lebih banyak kelinci yang bisa dikembangbiakan. Tentu akan lebih mendorong terbangunnya sektor ini sebagai industri dan akan lebih banyak stok kelinci indukan berkualitas dibutuhkan, akan lebih banyak daging dan makanan kelinci diproduksi, dan akan lebih banyak permintaan kandang,perlengkapan,tempat makan dan peralatan lainnya, yang pastinya akan memunculkan potensi pasar lebih luas. Dan juga akan lebih banyak penelitian dilakukan untuk kelinci, lalu akan menaikkan minat dan ketertarikan pemerintah, akademisi, industri dan elemen penting lainnya untuk ikut terlibat. Pada akhirnya akan lebih banyak keuntungan didapatkan bagi semua pihak yang terlibat di dalamnya. Dan yang terpenting, keuntungan yang paling besar akan dirasakan mereka yang membangun industri ini pertama kali. Dan membahas tentang budidaya kelinci pedaging yang berfokus pada hasil produksi daging sebagai tujuan akhirnya, maka dari itu peternak harus tahu tata cara beternak kelinci pedaging yang baik dan benar, agar menghasilkan kelinci yang gemuk dengan pertumbuhan yang relatif cepat. Peternak juga harus menyediakan model kandang ternak yang tepat untuk memudahkan dalam proses pembudidayaan. Memilih jenis kelinci pedaging unggul juga tidak kalah pentingnya. Beternak kelinci pedaging dan kelinci hias sebetulnya tidak ada perbedaan yang begitu signifikan, hanya saja khusus ternak kelinci pedaging ini lebih meniti beratkan pada penggemukan, maka jenis pakan dan model kandang harus tepat sehingga pertumbuhan kelinci bisa cepat gemuk, sehat denga jumlah yang banyak. Jenis kelinci pedaging paling unggul adalah flamish giant, kelinci Australia dan Rex. Khusus jenis rex selain bisa sebagai kelinci potong sebetulnya juga bisa dijadikan kelinci hias sebab memiliki kualitas bulu yang tebal dan lembut, sehingga sangat tepat juga dijadikan hewan peliharaan. Apabila kalian menginginkan memenuhi kebutuhan permintaan kelinci hias dan daging kelinci dalam sekali jalan maka sangat disarankan anda ternak jenis ini.

Tips Dan Cara Budidaya Ternak Kelinci Pedaging

Bagi pemula tentu beternak kelinci pedaging bukanlah perkara mudah, karena memang membutuhkan pengetahuan,pengalaman,kesabaran dan sebagainya. Dengan beriringnya waktu pasti pengetahuan dan pengalaman akan meyertai, jadi tanpa perlu khawatir tidak tahu caranya. Berikut beberapa hal penting yang bisa kalian perhatikan dalam beternak kelinci pedaging, meliputi :

  • Pemilihan Induk Kelinci
    Pertama yang kalian lakukan adalah menentukan jenis kelinci pedaging yang hendak kalian ternak. Seperti yang telah disinggung di atas pilihlah salah satu dari ketiga jenis tersebut karena dari tiga jenis itu merupakan jenis kelinci penghasil daging paling unggul dengan perkembangbiakan dan pertumbuhan badan yang terbilang cepat. Bahkan berat badan rata-rata 4 kg keatas. Kemudian setelah kalian memilih jenisnya lalu pilihlah bibit atau indukan kelinci pedaging yang berkualitas sebab indukan atau bibit tersebut berperan penting dalam menentukan tingkat kesuksesan ternak kelinci yang anda jalankan. Jadi pemilihan tidak boleh asal.
    Cara memilih bibit atau induk kelinci pedaging :
    Pilihlah jenis kelinci unggulan seperti : Flamish Giant, Kelinci Australia atau New Zealand dan Rex.
    Memiliki bentuk badan proporsional dengan bobot minimal 4-5 kg.
    Memiliki pinggul berbentuk bulat.
    Mata jernih, cerah dan tidak terlihat lesu juga ngantuk dan tentunya sehat.
  • Persiapan Kandang Kelinci
    Model kandang yang baik yaitu menggunakan kandang tertutup yang bisa anda buat dengan ukuran kurang lebih pxlxt 60x50x40/45 dengan sistem baterei. Kandang sistem baterei atau satu kandang 1 kelinci akan sangat memudahkan peternak dalam proses peternakan, baik saat perkawinan, kelahiran, pemberian pakan dan penggemukan. Khsusus kelinci flamish giant ukuran kandang bisa dibuatkan dengan ukuran lebih luas sedikit. Kemudian untuk ukuruan suhu yang ideal biasanya membutuhkan suhu didalam kandang mencapai 15 – 25 C. selanjutnya kandang yang baik adalah kandang yang memiliki udara sejuk serta pembuatan kandang harus seideal mungkin agar kelinci yang kalian ternak benar-benar merasa nyaman dan mudah untuk berkembang biak. Dalam pembuatan kandang ternak kelinci pedaging atau potong biasanya dibutuhkan dua tipe kandang, yaitu kandang untuk pembesaran kelinci dan kandang untuk indukan kelinci. Seperti yang kita tahu kelinci akan lebih kebal dari suhu yang lebih dingin dari pada suhu yang panas, jadi dalam membuat kandang usahakan agar kandang di buat sedemikian rupa guna siklus udara didalam kandang dapat berganti dengan baik dan sejuk serta kandang harus di tempatkan di area yang terkena sinar matahari yang cukup.
  • Pemberian Pakan Kelinci
    Makanan kelinci adalah rumput-rumputan, hijauan, sayur dan juga pellet. Akan tetapi pemberian pakan kelinci harus disesuaikan dengan umurnya agar peternak dapat meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan misal kelinci anakan kembung, mati dsb. Satu ekor kelinci membutuhkan 4-5 % pakan dari bobot badannya per hari. Dalam sehari kelinci bisa diberi makan antara 2-3 kali. Dan jangan lupa air minum harus selalu tersedia. Kemudian agar ternak kelinci pedaging berkembang dengan sempurna maka kalian harus memberikan pakan yang baik untuk kelinci. Seperti yang kita tahu di alam bebas sana kelinci mengkonsumsi atau memakan rumput atau pakan hijau saja, namun dalam ternak kelinci pedaging ini kalian harus memberikan pakan tambahan seperti kosentrat dan vitamin guna perkembangan kelinci yang kalian ternak berkembang dengan baik.
  • Proses Perkawinan Kelinci
    Cara mengawinkan kelinci yang baik adalah berpasangan, karena dengan cara ini peternak bisa mengontrol indukan mana yang sudah dikawinkan atau belum. Pada bagian pintu masing-masing kndang juga bisa diberi keterangan, misal kelinci kawin pada tanggal berapa, jumlah anakan berapa, disapih tanggal berapa, dengan begitu proses perkawinan akan lebih mudah dan bisa dijadwalkan. Selain perkawinan sepasang juga bisa dikawinkan secara masal yaitu memasukan 5-10 betina dengan 1 pejantan pada 1 kandang yang cukup luas, namun hasilnya kurang bagus karena peternak biasanya kesulitan menentukan indukan mana yang sudah kawin dan belum. Cara mengawinkan kelinci metode pasangan yakni membawa kelinci betina ke kandang si jantan lalu tunggu beberapa saat sampai terjadi perkawinan paling tidak 2 kali baru si betina kembalikan ke kandang semula.
  • Proses Kehamilan dan Kelahiran Kelinci
    Indukan kelinci yang sudah dikawinkan akan segera hamil. Masa kehamilan hanya berlangsung kurang lebih 30 hari. Pada saat hamil ini kelinci sebaiknya juga dirawat dengan baik. Kondisi kandang harus tenang agar indukan tidak stress. Pemberian pakan pun harus berkualitas dan tidak telat agar pertumbuhan janin di dalam rahim tumbuh dengan baik, sehat hingga masa kelahiran tiba. Penting 5 hari sebelum kelahiran sebaiknya di dalam kandang induk betina diberi kotak sarang yang sudah dilengkapi kain atau gombal sebagai tempat melahirkan anakan. Biasanya beberapa jam sebelum induk betina melahirkan ia akan mencabuti bulunya sebagai alas dan penutup bayi kelinci setelah dilahirkan.
  • Penyapihan dan Pembesaran Anakan Kelinci
    Waktu ideal menyapih anakan kelinci pedaging ketika umurnya sudah 45 hari. Sebaiknya tidak menyapih anakan sebelum usia tersebut, sebab pertumbuhan anakan nantinya akan tidak subur atau tidak maksimal karena ia kekurangan asi dari sang induk saat masih muda. Sebelum dipisah dari induknya sebaiknya diberi makan rumputan layu dan juga pellet agar mereka terbiasa dengan makanan tersebut, sehingga tidak stres ketika sudah dipisah. Pada tahap ini peternak sudah bisa mendapatkan pemasukan dengan menjual bibit kelinci pedaging tersebut. Penjualan bibit khusus pedaging ini bisa dijual pada orang yang fokus pada pembesaran anakan hingga siap potong. Namun spesial anakan keilnci rex banyak juga dijadikan hewan peliharaan jadi bisa langsung didistribusikan pada pengepul kelinci hias atau menjualnya langsung pada para pecinta kelinci hias. Setelah disapih dari induknya, maka anakan akan dipelihara lagi khusus pembesaran hingga siap potong. Pembesaran dan penggemukan anakan kelinci akan berlangsung kurang lebih 3 bulan. Dalam proses pembesaran mula-mula anakan dimasukan pada kandang baterei yang semula sudah dibuat, tetapi satu kandang bisa diisi ekitar 5 ekor anakan, karena ukurannya masih terbilang kecil. Setelah melewati pemeliharaan 1 bulanan, 1 kandang baterei diisi 1 kelinci, sebab pada tahap ini adalah proses penggemukan sampai panen atau siap potong.

Proses Panen Ternak Kelinci Pedaging

Waktu yang baik memanen kelinci pedaging adalah ketika bobotnya sudah mencapai berat ideal. Berat ideal kelinci pedaging yang bisa dipotong yaitu 3 kg ke atas. Nah dengan ukuran berat tersebut pemeliharaan kelinci bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 3 bulan. Namun beberapa hal yang bisa mempengaruhi pertumbuhan kelinci yakni jenis ras, pakan dan proses pemeliharaan. Oleh karena itu perlu penanganan yang baik sehingga menghasilkan kualitas daging dan kulit bulu yang baik. Kemudian produk ini dapat dimanfaatkan untuk diolah menjadi berbagai produk olahan seperti olahan daging (bakso, sosis, nugget, abon dan dendeng), olahan kulit dan bulu (pengawetan dan penyamakan kulit menjadi tas, mantel, jas, boneka dll), olahan limbah kotoran (pupuk organik).

  • Pemotongan Kelinci
    Sebelum dilakukan pemotongan pada kelinci perlu dilakukan pemuasaan selama 6-10 jam. Tetapi air minum tetap diberikan. Maksud dipuasakan untuk mengosongkan isi usus, sehingga otot menjadi lemas, warna daging menjadi cerah sehingga daging dan kulit yang dihasilkan baik.
    Ada 3 cara pemotongan yaitu :
    1.Pemukulan pendahuluan, kelinci dipukul dengan benda tumpul pada kepala dan saat koma disembelih.
    2.Pematahan tulang leher,yaitu dengan cara melepaskan bagian tulang leher, caranya dengan menarik bagian kepala dan tubuh pada arah yang berlawanan. Tangan kiri memegang kaki kelinci bagian belakang, sedangkan tangan kanan memegang kepala pada pangkal telinga. Kepala Kelinci dihadapkan keatas, kemudian secara serentak tangan kanan memotong, sehingga kepala kelinci akan terlepas dari pertautan tulang leher.
    3.cara penyembelihan langsung sama dengan pemotongan ternak lain.Daging kelinci harus dihindarkan supaya tidak tekena air kencing, karena kalau kena, dagingnya akan bau air kencing dan tidak bisa dimakan. Bila darah telah keluar semua, keluarkan air kencing dengan menekan kantong air kencing kebelakang supaya tidak mengenai bulu badannya.
  • Pengulitan Kelinci
    Setelah kelinci disembelih, segera dikuliti agar daging tidak berbau. Pertama-tama gantunglah kelinci yang telah dipotong dengan kepala dibawah, kaki diatas. Selanjutnya bukalah kulit dari pergelangan kaki kanan melalui anus sampai pergelangan kaki kiri atau sebaliknya sehingga kita mudah melepas kulit dari badannya.
  • Pengeluaran Jeroan Kelinci
    Kulit perut disayat dari pusar ke ekor kemudian jeroan seperti usus, jantung dan paru-paru dikeluarkan. Yang perlu diperhatikan kandung kemih jangan sampai pecah karena dapat mempengaruhi kualitas karkas.
  • Pemotongan Karkas
    Presentase karkas yang baik 49 – 52 %. Kelinci dipotong jadi 8 bagian, 2 potong kaki depan, 2 potong kaki belakang, 2 potong bagian dada dan 2 potong bagian belakang.
  • Pengolahan Daging Kelinci
    Daging kelinci dapat diolah menjadi berbagai produk olahan seperti bakso, sosis, sate, nugget, abon dan dendeng.
  • Pengolahan / Pengeringan Kulit Kelinci
    Kulit yang telah dilepaskan sebaiknya segera dijemur, yaitu bagian dalam yang dihadapkan keatas.Penjemuran tidak boleh langsung kena sinar matahari langsung agar tidak kaku. Kemudian kulit dipaku pada selembar papan pada sisi-sisinya. Bila bagian dalam telah kering selanjutnya dibalik, dengan bagian yang berbulu menghadap keatas.
  • Pengawetan Kulit Bulu Kelinci
    Seperti kulit ternak lainnya, kulit bulu kelinci mentah rentan terhadap pembusukan. Untuk mendapatkan hasil pengawetan yang baik, kulit bulu segar sebaiknya langsung disamak. Namun cara ini tidak efisien bila kelinci yang dipotong sedikit. Cara pengawetan yang baik adalah mengkombinasikan antara peracunan, penggaraman kering dan penyimpanan dalam ruang dingin. Teknologi pengawetan kulit beragam tergantung pada bahan jenis kimia yang digunakan. Yang umum dikenal penyamakan khrom, alum, aldehida, nabati , sintetis, dan kombinasinya.
  • Pengolahan Pupuk Organik
    Kotoran dan urine kelinci dapat diolah menjadi pupuk organik bermutu tinggi (nilai kalium yang tinggi) digunakan untuk memupuk tanaman sayuran dan buah-buahan.

Cara Pemasaran Ternak Kelinci Yang Menguntungkan

Produk ternak kelinci yang dapat dipasarkan adalah dalam bentuk hidup, bentuk produk segar maupun produk olahan. Transaksi jual-beli kelinci hidup antara produsen dan konsumen dapat berlangsung di lokasi produsen maupun di pasar (pasar umum, pasar hewan, bahkan tempat rekreasi). Ternak yang diperjual belikan mulai dari status lepas sapih hingga ternak siap kawin.

Daerah pemasaran kelinci mempunyai tingkatan mulai dari produsen, pedagang/penyalur, konsumen, meliputi :

  • Pemasaran kelinci di tingkat produsen : Transaksi antara peternak dengan pedagang, pedagang melakukan pembelian kelinci kepada produsen (peternak), ternak yang diperjualbelikan adalah ternak bibit, siap potong maupun kelinci dewasa. Transaksi yang terjadi pada produsen selain pedagang adalah juga terdapat peternak dimana tujuannya adalah membeli ternak untuk dikembangkan lebih lanjut.
  • Pemasaran kelinci di tingkat pedagang/penyalur : Transaksi antara pedagang dengan konsumen akhir (lokal maupun luar daerah), transaksi seperti ini dilakukan di tempat tertentu (pasar umum, maupun pasar hewan, dan tempat pariwisata daerah).
  • Pemasaran kelinci di tingkat konsumen : Transaksi ini biasnya langsung diolah langsung oleh pedagang-pedagang masakan yang mengolah makanan yang terbuat dari daging kelinci seperti : Sate, soup, dan Tongseng kelinci yang menjual makanannya kepada konsumen penyuka masakan tersebut.

Demikian lah referensi panduan mengenai peluang usaha ternak kelinci, semoga referensi ini bermanfaat bagi kalian yang akan memulai bisnis usaha ternak kelinci.

 

Pencarian terkait:

cara membuat kandang puyuh dari besi , ternak kelinci 2017 , peluang budidaya jangkrik th 2017 , peternak kelinci di karanganyar , alamat pemasaran kelinci , kemitraan ternak kelinci pedaging , peternakan kelinci 2017 , ternak semut rangrang 2017 , jual kelinci garut , usaha ternak kelinci 2017 , prospek beternak kelinci 2017 , analisa ternak kelinci 2017 , kemitraan ternak kelinci , ternak yang lagi booming , jual beli kelinci garut , ternak kelinci di tuban , peternak kelinci Karanganyar , Ternak yg lg tren , ternak kelinci tahun 2017 , ternah kelinci daerah karanganyar , ternakyang lg tren 2017 , ternak kelinci pedaging tuban , ternak yg lagi tren , penjualan ternak kelinci di tuban , penjual kelinci di tuban , analisa budidaya kelinci pedaging 2017 , analisa ternak kelinci pedaging 2017 , analisa trnk kelinci 2017 , analisa usaha ternak kelinci pada tahun 2017 , bisnis ternak didalam ruangan , cara ternak merpati potong sistem kandang , estimasi ternak kelinci 2017 , kalkulasi tepat ternak kelinci pedaging 2017 , kemitraan kelinci , kerjasama usaha kelinci 2017 , keuntungan ternak kelinci tahun 2017 , Mengapa budidaya mawar memiliki prospek usaha yang menjajikan? , peluang ternak kelinci 2017 , peluang usaha ternak kelinci di th2017 , usaha ternak yg lg buming