Panduan Memulai Usaha Jual Beli Motor Bekas

Sukses bisnis jual beli motor bekas – Menjalankan usaha jual beli motor bekas bukanlah perkara gampang. Anda membutuhkan langkah yang tepat untuk sukses di dalam usaha jual beli motor bekas yang sebenarnya mempunyai banyak kemungkinan yang tidak terduga  yang bisa merepotkan anda. Jika anda sampai salah langkah, maka anda bisa terjatuh pada kondisi merugi yang tidak sedikit.Lalu bagaimanakah Panduan Memulai Usaha Jual Beli Motor Bekas supaya tidak merugi? Berikut ini kami berikan ulasannya.

Panduan Memulai Usaha Jual Beli Motor Bekas

Panduan Memulai Usaha Jual Beli Motor Bekas

Cara sukses bisnis jual beli motor bekas

  1. Lakukan Survey Mengenai Data Harga di Pasar
    Hal tersebut akan membantu anda menentukan harga beli motor bekas untuk nantinya anda jual kembali. Anda juga harus memastikan harga pembelian ada di bawah harga jual anda nanti.
  2. Lakukan Survey Target Pasar
    Anda harus mempunyai data lengkap mengenai target pasar dari produk motor bekas yang akan anda jual. Anda juga harus mengetahui darimana nantinya anda bisa mendapatkan motor bekas di kawasan anda supaya anda dapat menentukan pendekatan atau strategi yang tepat untuk menguasai pasar.
  3. Lakukan Strategi Promosi yang Tepat
    Untuk melakukan promosi, anda harus spesifik dengan karakter pasar dan lokasi usaha yang anda jalankan. Jika anda membuka usaha di kota besar, maka anda dapat menggunakan iklan koran. Anda juga bisa menyebarkan brosur di spot yang potensial seperti di pertokoan, pasar, pabrik dan lain sebagainya.
  4. Perhatikan Kondisi Fisik Motor Bekas
    Anda harus paham mengenai permesinan otomotif, seperti karakter suara mesin, kualitas onderdil, kelistrikan, pembakarannya mulus atau tidak, serta ada tidaknya kecacatan pada mesin karena telah dimodifikasi dan lain sebagainya. Terkadang motor sudah dimodifikasi memakai body imitasi dengan merubah bentuknya menjadi ceper, interior, dashboard, stang, setir, lampu sampai knalpot. Anda juga harus memperhatikan mengenai detail kemulusan chasis yang kadang disela – selanya ada yang patah, lepas atau longgar yang tentu mempengaruhi harga. Jangan sampai anda terjebak oleh barang bekas yang kondisinya jelek hingga nanti akan mempersulit penjualan anda.
  5. Perhitungkan Biaya Perbaikan
    Anda harus memperhitungkan skala keuntungan yang dapat anda peroleh dari biaya pembelian sampai perbaikan. Lakukan perhitungan ini sebelum anda memutuskan untuk membeli motor bekas supaya anda tidak merugi karena biaya perbaikan yang terlalu banyak.
  6. Manfaatkan Tenaga Otomotif
    Anda bisa memanfaatkan tenaga otomotif untuk memeriksa kondisi kendaraan bekas yang akan anda beli dan meminta bantuannya untuk memperkirakan biaya reparasi kendaraan. Menggunakan jasa ini memang akan menambah biaya bulanan anda, namun lebih baik daripada anda mengalami kerugian karena salah mengambil keputusan saat membeli motor bekas.
  7. Periksa Kelengkapan Dokumen
    Jika anda memperjual belikan kendaraan bermotor tanpa ada surat yang lengkap, maka anda bisa saja diduga menjadi penampung motor curian. Perhatikan nomor yang ada di dokumen dengan nomor yang ada di rangka, pastikan cocok.
  8. Pilih Momentum yang Tepat
    Anda harus memahai momentum yang bisa memperlancar usaha anda, diantaranya saat kenaikan kelas para pelajar dan musim panen. Mereka tentu membutuhkan kendaraan untuk transportasi. Lakukan promosi yang menarik minat target pasar anda pada waktu yang memungkinkan konsumen untuk membeli kendaraan.

Itulah ulasan mengenai “Panduan Memulai Usaha Jual Beli Motor Bekas”. Semoga ulasan ini bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya.

Pencarian terkait:

grup whatsapp jual beli , panduan buka vape store