Motivasi Kunci Sukses Dalam Berwirausaha

Manfaat Motivasi Kunci Sukses Dalam Hidup Wirausaha – Motivasi bisnis ialah aset terpenting dalam diri seseorang yang sangat menentukan keberhasilan dalam membangun suatu bisnis. Membangun sebuah usaha atau bisnis memang dibutuhkan semangat dan tekat yang kuat. Terkadang karena terlalu banyak membaca teori-teori bisnis membuat seseorang takut untuk mengambil keputusan dan berjalan ke depan.

Motivasi Kunci Sukses Dalam Berwirausaha

Motivasi Kunci Sukses Dalam Berwirausaha

Yang menjadi pertanyaan ialah apakah Kamu setiap waktu akan merasakan semangat yang tinggi? Tentu Kamu bukan robot yang dirancang demikian, bahkan sebuah robot saja perlu di upgrade, batrenya harus di isi, software harus di upgrade dan lainnya. Nah, ketika usaha kecil Kamu berjalan. Segala permasalahan kecil maupun besar pastinya akan datang satu-satu. Disinilah kita diuji, karena apa pun bisa terjadi. Terutama semangat yang kendor.

Maka motivasi yang kuat harus kembali digali dalam diri kita. Apa tujuan utama Kamu? Apa motivasi Kamu membangun usaha itu? Tentu untuk mencapai kesuksesan, mendapatkan uang lebih banyak, tidak ingin hidup dalam kemiskinan dan lain sebagainya. Bisa saja motivasi bisnis terlupakan karena kesibukan bekerja membesarkan usaha Kamu.

Padahal motivasi bisnis adalah modal awal bagi pelaku usaha untuk merintis kesuksesan bisnisnya. Jadi diharapkan agar memelihara tekat selalu membara dalam diri masing-masing, bahkan disarankan menularkannya kepada karyawan Kamu.

Jurus ampuh meraih kunci suksesa dalam berbisnis untuk kesuksesan pada sebuah bisnis merupakan hak semua orang. Namun, tidak jarang banyak orang yang menyerah di tengah jalan, dan akhirnya bisnis yang telah lama dirintisnya langsung gulung tikar. Memang tidak mudah untuk meraih sukses, namun juga bukan hal yang mustahil . yang terpenting adalah Kamu fokus dan serius dalam menjalani bisnis yang Kamu bangun.

Mungkin Kamu pernah dengar nama Elang Gumilang, seorang mahasiswa ITB yang hidup dalam keadaan pas-pasan. Namun dengan keseriusan dan fokus pada bisnis yang ia jalani sehingga Elang mampu memiliki bisnis perumahan dengan omset milyaran rupiah.

Pada kesempatan kali ini Aku akan berikan beberapa tips agar Kamu bisa meraih kunci sukses berbisnis, silakan Kamu simak tipsnya berikut ini.

Motivasi Kunci Sukses

Mulailah dari yang Kamu Sukai
Steve job sang pendiri Apple pernah berkata “Do What You Love” karena dengan menjalani bisnis yang Kamu cintai maka tidak akan timbul rasa jenuh dalam berbisnis. Dengan menikmati setiap proses dalam menjalankan bisnis maka untuk meraih kesuksesan bukanlah hal yang sulit.

Goal atau Tujuan Bisnis di Masa Depan

Semua pengusaha sukses pasti mempunyai goal untuk bisnisnya masing-masing. Tujuan bisnis itu di ibaratkan gawang dalam sebuah pertandingan sepak bola, coba Kamu bayangkan jika permainan sepak bola tanpa menggunakan gawang. Apa yang akan terjadi? Semua pemain pasti akan kebingungan dengan tujuan mereka bermain sepak bola, untuk apa mereka bermain sepak bola jika tidak bisa mencetak gol sama sekali.

Begitu juga dengan berbisnis, jika Kamu tidak mempunyai tujuan yang jelas untuk bisnis Kamu maka bisa dipastikan bisnis Kamu akan jalan ditempat bahkan bisa gulung tikar dengan cepat. Buatlah tujuan bisnis untuk jangka pendek dan jangka panjang.

Misalkan, Kamu mempunyai bisnis restaurant ayam bakar, maka Kamu bisa membuat goal secara detail akan memiliki 10 cabang dalam dalam 1 tahun kedepan, kemudian Kamu buat rencana atau planning yang akan Kamu lakukan agar goal Kamu bisa tercapai.

Motivasi Kunci Sukses Mengatur Keuangan

Banyak pengusaha yang gulung tikar karena mereka tidak bisa mengatur keuangan dengan baik. Seringkali mereka mencampur antara pendapatan usaha dengan keuangan pribadi. Maka dari itu, Kamu juga harus memiliki pengetahuan yang baik dalam mengatur keuangan usaha atau bisnis.

Ada 3 hal yang perlu Kamu ketahui dan pahami untuk mengatur keuangan bisnis anda secara benar, yaitu cashflow, keuntungan dan kerugian, neraca keuangan.

Keuntungan dan kerugian biasanya merupakan hitung-hitungan diatas kertas sedangkan cashflow itu ada uangnya yang langsung dihitung. Jangan sampai cashflow tidak sesuai dengan profit bisnis Kamu.

Pintar Mengatur Waktu (Time Management)

Kamu juga harus pintar dalam mengatur waktu di bisnis Kamu. Gunakan waktu Kamu untuk membuat sistem dan mengembangkan bisnis yang Kamu miliki. Semua manusia hanya diberikan waktu 24 jam, tapi kenapa ada orang yang kaya dan ada orang yang miskin? Karena orang kaya bukanlah orang yang malas, mereka selalu memanfaatkan waktu agar bisnis yang mereka jalani bisa bertahan dan semakin berkembang.

Memiliki Sistem Pemasaran yang Unik dan Kreatif

Suatu bisnis atau usaha pasti memiliki produk untuk dijual, baik itu produk fisik atau berupa jasa. Namun, jika Kamu mempunyai produk yang bagus tetapi tidak memiliki sistem pemasaran sama aja bohong. Karena dengan memiliki sistem pemasaran suatu produk akan dikenal banyak orang, sehingga produk tersebut bisa laku terjual dengan cepat.

Ada 2 pertanyaan yang mungkin bisa membantu Kamu untuk membuat sistem pemasaran yang unik dan kreatif :

  • Kenapa orang harus membeli produk di tempat Kamu?
  • Apa keuntungannya membeli produk di tempat Kamu?

Dengan menjawab 2 pertanyaan tersebut Kamu bisa mendapatkan ide pemasaran yang tepat, unik dan kreatif untuk produk Kamu. semoga artikel “Jurus Ampuh Meraih Kunci Sukses dalam Berbisnis” dapat bermanfaat dan menambah wawasan Kamu dalam menjalankan bisnis.