Metode Sukses Dalam Beternak Burung Kenari

Penjelasan Tentang Metode Sukses Dalam Beternak Burung Kenari – Setelah membahas tentang cara bisnis beternak burung lovebird sistem koloni. Kali ini Bisniswirausaha.net akan membahas tentang cara ternak burung kenari. Burung kenari untuk saat ini tidak kalah populernya dengan burung kicau lainnya, bahkan sampai saat ini burung kenari masih laris manis di pasaran dan banyak pencinta burung memeliharanya. Burung kenari merupakan salah satu jenis burung kicau yang memiliki harga yang konsisten, di tingkat pemasarannya burung kenari ini masih stabil dari harga yang murah sampai yang mahal. Jika sudah seperti ini burung kenari akan menjadi primadona di kelasnya, dan akan menciptakan salah satu terobosan usaha untuk membudidayakan. Bahkan saat ini burung kenari mampu menyita para pemula untuk memulai membudidayakannya, baik hanya untuk sebagai hobi atau untuk bisnis.

Metode Sukses Dalam Beternak Burung Kenari

Metode Sukses Dalam Beternak Burung Kenari

Burung kenari juga menjadi pilihan sebagai burung yang paling ramai dibudidayakan, karena sifatnya yang konsisten dari segi harga dan juga peminatnya. Selain itu tentunya banyak kelebihan yang ada pada burung kenari, tubuhnya yang kecil akan lebih hemat dalam kebutuhan pakan. Keunggulan pada burung kenari ini sangatlah banyak seperti memiliki suara kicau yang bagus, lembut, nyaring, dan tidak kasar. Keunggulan lainnya adalah burung kenari memiliki karakter sebagai burung yang dikonteskan, saat ini sangat banyak event-event kontes burung kenari.

Cara Budidaya atau Beternak Burung Kenari

Banyak langkah-langkah yang perlu kalian ketahui sebelum memulai membudidayakan burung kenari, meskipun burung ini termasuk spesies yang mudah untuk dikembangbiakan namun kalian tidak bisa sembarangan dalam menjodohkan burung kenari. Karena meskipun burung kenari merupakan salah satu burung yang mudah untuk dikembangbiakan ternyata masih banyak kasus kegagalan yang saya temui dalam proses penjodohan burung kenari. Berikut adalah langkah-langkah sebelum kalian beternak burung kenari, diantaranya sebagai berikut :

  • Pemilihan Usia, Bibit dan Jenis Kelamin Burung Kenari
    Salah satu poin penting yang wajib diperhatikan jika kalian ingin berhasil beternak kenari adalah memperhatikan usianya. Sebaiknya usia ideal kenari siap ternak adalah tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua. Burung kenari siap ternak biasanya berumur paling tidak 6 bulan untuk kenari betina dan usia 8 bulan bagi kenari jantan. Namun untuk burung kenari yang bertubuh besar seperti Kenari Yorkshire, usia minimal adalah 1 tahun. Karena Yorkshire lebih lama masa menuju birahinya. Untuk mengetahui jenis kelamin burung kenari, meliputi :
  1. Pada umur lima bulan atau lebih, biasanya kenari jantan warnanya lebih terang. pada bagian tertentu warnanya lebih tajam khususnya pada bagian dekat kepala. Pusat kepala pada burung kenari betina yang berwarna kuning akan menjadi sangat terang.
  2. Cara membedakan burung kenari bisa kalian lihat dari bentuk kepala, untuk burung kenari yang jantan biasanya memiliki bentuk kepala yang pipih, sedangkan untuk burung kenari betina biasanya memiliki bentuk kepala yang bulat.
  3. Cara membedakan dari dubur burung kenari biasanya burung kenari jantan memiliki tonjolan di bagian duburnya, dan burung kenari betina biasanya tidak memiliki tonjolan pada dubur burung tersebut.
  • Media Tempat Beternak Kenari
    Beternak kenari tidaklah sesimple yang kalian pikirkan. Sedikit saja kalian melupakan hal-hal kecil, maka kalian akan kecewa jika tidak berhasil dalam budidaya kenari. Contoh hal sepele adalah posisi kandang ternak kenari, kenapa lingkungan kandang ternak dan sarana itu penting, karena jika kalian salah dalam menaruh kandang kenari, maka banyak sekali binatang predator yang akan memangsa kenari kalian. Penempatan kandang yang baik yaitu sangkar atau kandang kenari menempel di dinding, samping kiri dan kanan sangkar ditutup. Dan tempatkan sangkar di tempat yang bebas dari gangguan serangga atau binatang lainnya seperti tikus, cicak dan predator lainnya. Beberapa cara untuk mengatasi gangguan dari serangan seperti semut dan kecoa, kalian bisa memakai kapur serangga (kapur ajaib) di sekeliling sangkar. Jika ukuran kandang ternak besar, kalian bisa mengoleskan oli pada kaki kaki kandangnya.
  • Proses Penjodohan Burung Kenari
    Jika kalian sudah mempunyai sepasang kenari berkualitas yang cukup umur dan siap diternak, maka kalian sudah bisa memasukkan kenari tersebut ke tahap penjodohan. Proses menjodohkan kenari yaitu kenari jantan dan betina ditempatkan pada sangkar yang berbeda. Namun kedua sangkar tersebut harus ditaruh pada posisi yang berdekatan. Salah satu kesalahan ternak kenari yang sering terjadi yaitu para peternak pemula buru-buru memasukkan kenari jantan dan betina ke dalam satu wadah. Hal inilah penyebab utama kegagalan penjodohan burung kenari. Karena kenari dan betina belum pasti cocok satu sama lain. Dengan adanya proses penjodohan (menaruh kandang kenari secara berdampingan), maka kalian dapat mengetahui kesiapan kenari untuk dikawinkan. Jika kedua kenari tidak cocok kalian masukkan dalam satu sangkar, maka kedua kenari tersebut akan berantem. Apabila terjadi perkelahian diantara kedua kenari berlangsung lama dan salah satu kenari kalah, maka kalian akan kesulitan dalam menjodohkan kedua kenari tersebut kedepannya. Apalagi jika kenari yang kalah adalah kenari jantan, maka kenari jantan akan trauma dan tidak berani mendekat pada betina. Bisa dibilang kalau terjadi hal seperti itu, maka penjodohan kenari kita gagal 70% untuk kedepannya.
    Dibawah ini kami sampaikan rahasia meningkatkan birahi burung kenari :
  1. Perbanyak makanan bergizi, seperti telor puyuh, vitamin dan lainnya.
  2. Jemur kenari pada pagi hari untuk menjaga kesehatan dan mencegah stres.
  3. Selama di jemur dekatkan kedua kandang kenari jantan dan betina, supaya birahi kenari betina segera naik.
  4. Apabila kalian memiliki lebih dari satu pejantan, maka bisa mencoba mendekatkan ke kenari betina untuk melihat bagaimana kecocokannya.
  • Proses Bertelur dan Mengerami
    Apabila penjodohan kedua induk burung kenari sudah berhasil maka tahap selanjutnya induk betina akan bertelur, dan akan mengerami telurnya secara bergantian dengan induk jantan. Pada masa ini harus sudah ada tempat yang benar supaya sang induk dapat mengerami telurnya dengan nyaman tanpa gangguan. Untuk itu perlu kalian siapkan tempat mengerami telur yang benar, dan tempat untuk bertelur dan mengerami ini bisa didapatkan dengan membelinya di pasar atau toko pakan burung. Masa mengerami ini juga hal penting yang menentukan berhasil tidaknya sebuah usaha budidaya burung kenari. Di sini akan menentukan apakah telur akan menetas atau tidak, dan masa pengeraman pada umumnya berlangsung sekitar 12 sampai dengan 14 hari, namun juga tergantung suhu dan udara. Para peternak burung kenari yang sudah berpengalaman biasanya menambahkan lampu 5 watt untuk memperhangat suhu kandang, dan hal ini dapat dilakukan apabila musim dingin. Jika sudah melewati 12 hari maka telur akan menetas satu persatu, dan pada umumnya telur akan menetas berselang selama satu hari dengan telur lainnya. Apabila semua telur sudah menetas maka harus dipisahkan dengan sang penjantan karena di khawatirkan akan membahayakan anak burung kenari yang baru menetas. Namun tidak semua pejantan demikan, jadi perlu dikenali terlebih dahulu bagaimana karakter sang pejantan. Selain itu bisa di beri extra fooding agar dapat membantu mempercepat perkembangan pertumbuhan anak kenari yang baru metas.

Keuntungan Bisnis Budidaya Ternak Burung Kenari

  • Modal yang kalian butuhkan bisa disesuaikan dengan kondisi modal yang kalian punya.
  • Dalam budidaya ternak burung kenari tidak membutuhkan tempat yang luas.
  • Tidak perlu tenaga ahli juga tidak memakan waktu dalam perawatan sehari–hari.
  • Bisa sebagai usaha sampingan.
  • Hobby kalian tersalurkan disamping mendapatkan hasil nominal.

Kelemahan Bisnis Budidaya Ternak Burung Kenari

  • Kebutuhan dari hasil budidaya ternak burung kenari terbatas pada kebutuhan hobby.
  • Banyaknya peternak burung kenari yang berskala rumahan.
  • Mudahnya budidaya ternak burung kenari yang berakibat over produksi berpengaruh terhadap harga jual burung hasil ternakan.
  • Kebutuhan permintaan burung kenari ditentukan ramai tidaknya hobby burung kicau.

Cara Pemasaran Burung Kenari

Bukan hal yang mudah untuk memasarkan hasil produk kalian sendiri, tergantung juga berapa banyak channel yang kalian peroleh. Akan tetapi kalian dapat memasarkan produk ternakan melalui ajang lomba. Jika kenari kalian menang dalam suatu ajang lomba atau event-event besar maka banyak para pembeli atau konsumen yang tertarik pada ternakan kalian, karena kalian sudah mempunyai nama. Banyak juga cara untuk melakukan pemasaran, jika kalian tidak mempunyai nama yaitu dengan memasarkan di media sosial. Di sini kami akan menampilkan daftar harga anakan kenari usia 1 sampai 2 bulan :

Silangan F1 x af : 250.000
Silangan F1 x F1 : 350.000
Silangan F2 x af : 400.000
Silanagn F2 x F1 : 600.000
Silangan F3 x af : 700.000
Silangan Ys x af : 1.000.000 – 1.300.000
Silangan Ys x F1 : 1.700.000 – 2.500.000
Silangan Ys x F2 : 3.000.000 ke atas

Tetapi harga pasaran diatas bisa berubah sewaktu-waktu sesuai pasaran burung kenari.

Demikian penjelasan tentang Metode Sukses Dalam Beternak Burung Kenari yang dapat kami berikan. Semoga dapat meningkatkan keberhasilan ternak kenari bagi kalian semua yang hobi dan berminat menjadi breeder kenari yang handal. Dan jangan berkecil hati jika kalian gagal dalam beternak kenari. Semoga Bermanfaat !!!

Pencarian terkait:

trend burung 2018 , modal usaha kios burung , burung yang akan populer 2018 , cara membuat pintu sangkar burung , prediksi burung 2018 , ternak burung yg menguntungkan , model pintu kandang umbaran , Prospek kenari 2018 , pintu umbaran , buka kios burung , tren burung 2018 , modal buka kios burung , membuat pintu sangkar burung , prospek ternak kenari 2017 , burung yang akan populer tahun 2018 , trend burung kicau 2018 , ternak burung kicau yg menguntungkan , ternak burung kicau paling menguntungkan , hewan peliharaan yang booming di 2018 , gambar pintu kandang umbaran , gambar pintu kandang umbaran burung , kenari 2018 , prospek lovebird di tahun 2018 , ternak burung paling menguntungkan , usaha buka kios burung , pakan burung paling laris , pintu kandang umbaran burung , prkspek kenari 2018 , modal awal buka kios burung , membuat pintu sangkar , membuat pintu pada kandang burung , manfaat liquid breeding , modal untuk buka kios burung , mamfaat liquid untuk burung , usaha ternak burung yg menguntungkan , gambar pintu kandang , bisnis ternak burung yg mudah dan menguntungkan , burung mahal di tahun2018 , burung populer 2018 , burung trend 2018 , burung yang akan , burung yang akan booming 2018 , burung yang populer2017 , burung yg akan booming th 2018 , burung yg akan populer 2018 , burung yg akan tren di thn2018 , bisnis ternak pleci 2018 , cara membuat pintu umbaran#scso=uid_WTZgzwAM12QKjzdBuAzLfQ_8:787 , cara ternak burung falk , contoh pintu umbarani