Meraup Keuntungan Bisnis Budidaya Bonsai Yang Menggiurkan

Prospek usaha tanaman bonsai – Bonsai atau tanaman yang dikerdilkan tentu terdengar tidak asing untuk telinga kita. Bonsai tidak hanya mengacu pada satu jenis tanaman / bunga saja, tetapi banyak jenis tanaman / bunga yang bisa kita jadikan bonsai seperti kamboja, bougenville, beringin, cemara, serut, dan masih banyak jenis bunga dan tanaman lainnya.

prospek usaha budidaya bonsai

Dalam postingan kali ini, kami akan membahas tentang peluang usaha budidaya bonsai yang dapat mendatangkan keuntungan yang melimpah.

Sebelum melangkah lebih jauh ke cara budidaya bonsai, mari kita bahas secara singkat terlebih dahulu ciri – ciri dan karakteristik tanaman bonsai. kebanyakan orang mengetahui bahwa bonsai itu sama dengan tanaman pendek, padahal bonsai dan tanaman pendek merupakan hal yang sangat berbeda.

Bonsai adalah tanaman atau pohon yang dikerdilkan di dalam pot dangkal dengan tujuan membuat miniatur dari bentuk asli pohon besar yang sudah tua di alam bebas. Penanaman dilakukan di pot dangkal yang disebut bon. Istilah bonsai juga dipakai untuk seni tradisional Jepang dalam pemeliharaan tanaman atau pohon dalam pot dangkal, dan apresiasi keindahan bentuk dahan, daun, batang, dan akar pohon, serta pot dangkal yang menjadi wadah, atau keseluruhan bentuk tanaman atau pohon. Bonsai adalah pelafalan bahasa Jepang untuk penzai.

Seni ini mencakup berbagai teknik pemotongan dan pemangkasan tanaman, pengawatan (pembentukan cabang dan dahan pohon dengan melilitkan kawat atau membengkokkannya dengan ikatan kawat), serta membuat akar menyebar di atas batu. Pembuatan bonsai memakan waktu yang lama dan melibatkan berbagai macam pekerjaan, antara lain pemberian pupuk, pemangkasan, pembentukan tanaman, penyiraman, dan penggantian pot dan tanah. Tanaman atau pohon dikerdilkan dengan cara memotong akar dan rantingnya. Pohon dibentuk dengan bantuan kawat pada ranting dan tunasnya. Kawat harus sudah diambil sebelum sempat menggores kulit ranting pohon tersebut. Tanaman adalah makhluk hidup, dan tidak ada bonsai yang dapat dikatakan selesai atau sudah jadi. Perubahan yang terjadi terus menerus pada tanaman sesuai musim atau keadaan alam merupakan salah satu daya tarik bonsai.

Jenis Bonsai Berdasarkan Ukuran

Bonsai dikelompokkan menjadi enam kelompok berdasarkan tinggi tanaman dari pangkal batang hingga bagian puncak tanaman:

  • Sangat besar : Memiliki tinggi pohon antara 91–150 cm. Bonsai ini sangat cocok sebagai tanaman hias pada taman terbuka karena ukuran pohonnya yang sangat besar.
  • Besar : Tinggi pohon antara 61–90 cm. sering disebut bonsai Dai. Untuk bonsai besar cocok untuk digunakan sebagai tanaman hias di halaman rumah karena memiliki ukuran pot yang besar dan berat.
  • Sedang : Tinggi pohon antara 31–60 cm. Biasanya orang menyebutnya dengan Chiu Bonsai. perbandingan tinggi dengan pot bonsai adalah 3: 1. Bonsai sering ditempatkan di sudut ruang sebagai hiasan.
  • Kecil : Bonsai kecil memiliki tinggi pohon antara 16-30cm. Biasa disebut dengan Ko Bonsai. Bonsai inilah yang paling banyak di rawat masyarakat Indonesia. Bonsai kecil bisa tumbuh hingga tiga kali tinggi pot.
  • Sangat kecil : Dikelompokkan dalam bonsai sangat kecil apabila tinggi pohon antara 5-15 cm. Bonsai sangat kecil disebut Mame Bonsai. Mini Bonsai ditanam di dalam pot sangat kecil dan sering digunakan sebagai dekorasi meja.

Prospek Bisnis Budidaya Bonsai

Bisnis tanaman bonsai kian hari kian meningkat, banyak orang mulai belomba menjdikan peluang usaha bonsai ini sebagai peluang yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Anda tentu saja tidak boleh ketinggalan untuk memulai usaha budidaya bonsai. Hal ini mengingat hingga detik ini prospek usaha tanaman bonsai sangatlah menjanjikan. Terlebih lagi harga yang mahal tidak membuat para pembeli tanaman bonsai merosot.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan keuntungan dari bisnis tanaman bonsai. Akan tetapi bila anda baru saja memulai usaha ini, kemungkinan menjalankan usaha tanaman bonsai akan sedikit susah. Hal ini lantaran tanaman bonsai memerlukan perawatan khusus agar tumbuh dengan baik.

Untuk menghasilkan tanaman bonsai yang indah dan berkualitas, tentu saja orang yang menjalankan bisnis tanaman bonsai harus memperhatikan beberapa hal. Salah satunya yaitu untuk merekayasa bentuk tananam tersebut, para pebisnis bonsai harus menyesuaikan bentuk, karakter tanaman hingga pertumbuhannya.

Tak hanya itu saja, agar bisnis tanaman bonsai dapat cepat berkembang, pengusaha tanaman bonsai harus memiliki bekal berupa pengetahuan yang cukup serta pemahaman mengenai perawatan tanaman holtikultura. Para pengusaha bonsai juga perlu mengupdate bentuk dan rancangan rekayasa tanaman bonsai agar pembeli selalu tertarik untuk membeli.

Kiat Sukses Memulai Bisnis Budidaya Bonsai

  • Memperlajari seluk beluk sekaligus cara merawatnya dan kalau perlu, belajar secara langsung kepada petani bonsai yang sudah berpengalaman. Sekalgus juga membeli buku yang berkaitan tentang bonsai.
  • Memilih lokasi strategis yang dimungkinkan cocok untuk dijadikan sebagai tempat usaha dan tempat budidaya bonsai.
  • Menyiapkan meja tingkat khusus yang digunakan untuk memajang beragam bonsai yang dijual.

Tips Perawatan Bonsai

  • Penyiraman : Pada musim kemarau sebaiknya disiram setiap hari , pagi dan sore hari. Pastikan air yang bersih, tidak bau dan bebas garam
  • Pemupukan : Pemupukan juga harus sesuai. Jika masih baru dalam usaha ini, anda bisa belajar dari orang berpengalaman atau ahlinya atau membaca buku tentang budi daya bonsai.
  • Penyiangan dan Pemangkasan : Penyiangan sebaiknya dilakukan setiap hari, seperti jika ada gulma.
  • Pembukaan Kawat : Lakukan pembukaan kawat dengan sangat hati-hati
  • Repotting : Pemindahan pot dan pemangkasan akar dilakukan sebaiknya setelah berumur enam bulan atau satu tahun
  • Pengendalian hama dan penyakit : Seprotkan insektisida jika tanaman terkena hama

Jenis Tanaman Bonsai

Jenis tanaman dan pohon dipakai untuk mengelompokkan jenis-jenis bonsai:

  • Bonsai pohon pinus dan ek: tusam, cemara cina, cemara duri, sugi, dan lain-lain.
  • Bonsai pohon buah untuk dinikmati keindahan buahnya (Ilex serrata, kesemek, Chaenomeles sinensis, apel mini, dan lain-lain).
  • Bonsai tumbuhan berbunga untuk dinikmati keindahan bunganya (Prunus mume,Chaenomeles speciosa, sakura, azalea satsuki).
  • Bonsai pohon untuk dinikmati bentuk daunnya (maple, Zelkova serrata, Rhus succedanea, bambu).
  • Ada banyak sekali tanaman tropis yang telah dicoba dan ternyata cocok untuk dibonsai, di antaranya asam jawa, beringin, cemara udang, waru, dan jambu biji.

Saat ini, tanaman bonsai jenis tertentu dapat dijual dengan kisaran harga 300 juta. Tentu saja bonsai tersebut bukanlah bonsai dengan perawatan biasa. Bonsai tersebut pastinya memiliki kualitas yang terbaik. Hal ini semakin menandakan bahwa semakin tinggi kualitas dan keunikan bonsai maka harga jualnya pun juga semakin tinggi pula.

Melihat fakta yang sudah ada, apakah anda tertarik untuk memulai usaha pembibititan bonsai yang dapat mendatangkan hasil yang menggiurkan??

Pencarian terkait:

Pemgusaha bonsai yang sukses