Mendulang Untung Dari Bisnis Susu Kambing Etawa

Mendulang Untung Dari Bisnis Susu Kambing Etawa – Kambing etawa perah yang tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia ini terkenal dari produksi utamanya yaitu susu. Namun produksi susu kambing etawa agak berbeda dengan sapi perah maupun kerbau perah, susu kambing etawa ini masih sangat eksklusif karena ketersediaanya masih sangat terbatas. Sehingga susu kambing etawa harganya menjadi relatif lebih tinggi dibandingkan hewan penghasil susu lainnya. Membahas masalah peluang bisnis susu kambing etawa, ada hal yang perlu kalian ketahui. Susu kambing etawa adalah jenis susu hewan terbaik, bahkan disinyalir susu terbaik kedua setelah ASI. Karena alasan inilah susu kambing etawa sangat bagus untuk kita konsumsi. Peluang memasarkan susu kambing etawa ini sangat prospek, dikarenakan dengan banyaknya masyarakat Indonesia yang pada umumnya suka dengan susu, terlebih jika kita pintar dalam hal memasarkannya.

Mendulang Untung Dari Bisnis Susu Kambing Etawa

Mendulang Untung Dari Bisnis Susu Kambing Etawa

Adanya mitos yang beranggapan bahwa susu kambing tidak boleh dikonsumsi penderita hipertensi (darah tinggi) adalah tidak benar. Kandungan “Kalium (Potassium)” yang terkandung dalam susu kambing etawa justru berfungsi untuk mengontrol tekanan darah dan bisa mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan stroke. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh United State Departement of Agriculture (USDA) menunjukkan gizi susu kambing etawa mendekati komposisi sempurna ASI. Setiap 100 gram susu kambing mengandung 3-4% protein, 4-7% lemak, 4,5% karbohidrat, 134 gram kalsium dan 111 g fosfor. Komposisi kimiawi susu kambing etawa mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalori, kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, vitamin A,B1 (IU), B2 (mg), B6, B12, C, D, E, Niacin, V, Asam Pantotenant, Kolin dan Inositol. Anak yang mengkomsumsi susu kambing memiliki kepadatan tulang yang baik, kadar hemoglobin meningkat, serta kecukupan vitamin A, B1, B2 dan B3 yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan sel otak dan saraf. Asam amino yang mengandung unsur belerang metionin, sistin dan sistein penting untuk membangun kesehatan otak dan sistem saraf, serta berperan dalam pembentukan sel darah penawar racun (detoksifikasi) bahan bahan kimia berbahaya yang masuk ke dalam tubuh.

Kelebihan Dari Susu Kambing Etawa

  • Dari segi nutrisi susu kambing etawa alami memiliki kandungan yang mendekati ASI.
  • Mempunyai sifat antiseptik, Alami dan bisa membantu menekan pembiakan bakteri dalam tubuh. Hal ini di sebabkan adanya Flourin yang kadarnya 10-100 kali lebih besar dari pada susu sapi.
  • Bersifat basah (Alkaline Food) sehingga aman bagi tubuh.
  • Proteinnya lembut dan efek laktasenya ringan, sehingga tidak menyebabkan diare.
  • Kandungan protein yang terkandung lebih baik daripada telur.
  • Lemaknya mudah di cerna karena mempunyai tekstur yang lembut dan halus lebih kecil dibandingkan dengan butiran lemak susu sapi atau susu lainya. Dan juga bersifat Homogen alami. Hal ini mempermudah untuk di cerna sehingga menekan timbulnya reaksi-reaksi alergi. Susu kambing etawa dapat dicerna oleh manusia 20 menit lebih cepat dari pada susu lainnya.

Khasiat Bagi Kesehatan Dari Kandungan Susu Kambing Etawa

Susu kambing etawa mengandung sodium (Na), Fluorin (F), Kalsium (C), dan Fosfor (P) sebagai elemen kimia yang dominan serta kandungan nutrisi lainnya. Maka susu kambing etawa memiliki khasiat, meliput :

  • Membantu pencernaan dan mentralisir asam lambung.
  • Sebagai terapi penyembuhan penderita asma, TBC dan infeksi paru-paru akut menahun.
  • Membantu mengobati alergi pada kulit dan organ tubuh lainnya.
  • Menambah stamina dan daya tahan tubuh.
  • Mengatasi masalah impotensi/ frigiditas serta meningkatkan vitalitas pria dan wanita dewasa.
  • Berkhasiat untuk penderita kelainan fungsi ginjal atau dalam dunia medis disebut dengan neprotic sindrom.
  • Berkhasiat sebagai terapi penyembuhan asam urat.
  • Berkhasiat untuk pembentukan tulang, sangat dianjurkan bagi mereka yang menderita reumatik dan mencegah kerapuhan tulang/ osteophorosis.
  • Membantu untuk memberikan asupan nutrisi dan gangguan metabolisme tubuh lainnya.
  • Membantu menghaluskan kulit karena sudah ada susu kambing etawa dalam bentuk sabun.

Dalam sebuah usaha bisnis, peluang pasar dan pemasaran menjadi sesuatu hal yang sangatlah vital. Bisnis yang Sehat akan terus membidik bidang usaha yang memiliki prospek yang bagus dalam beberapa periode kedepan bahkan sampai dalam rentan waktu yang cukup lama. Apakah usaha susu kambing etawa Prospek dalam jangka waktu yang lama “jawabnya adalah benar”, karena melihat dari perkembangan serta permintaan konsumen akan susu kambing sebagai salah satu alternatif asupan nutrisi serta terapi penyembuhan meningkat dari tahun ketahun. Dulu di Indonesia sangat jarang ada yang mengenal susu kambing etawa, namun seiring memasyarakatnya manfaat dan khasiat susu kambing etawa yang baik bagi kesehatan berdampak kepada peningkatan tingkat konsumsi dan sekaligus berbanding lurus terhadap prospek usaha susu kambing.

Tips Pemasaran Susu Kambing Etawa

Satu hal yang perlu kalian kuasai adalah tehnik dan pemasaran susu kambing etawa, karena menjadi suatu hal yang sangat vital bagi kelangsungan suatu usaha. Usaha yang sehat adalah usaha yang dapat membidik secara tepat, benar dan cerdas tentang semua aspek produksi dan pemasaran, hal ini harus terprogram dan terintegrasi secara terencana dan bertahap.
Untuk susu kambing etawa, peluang pasarnya masih sangat terbuka, hal ini didukung dengan beberapa data di lapangan, meliputi :

  • Target : Dalam system karyawan sales harus menerapkan Efisiensi kinerja dengan target. Karena dengan ada target kinerja karyawan di lapangan semakin disiplin dan lebih produktif. Misalnya, setiap marketing di target penjualan 10 kotak per hari, sehingga target sebulan adalah 300 kotak.
  • Bonus : Setiap marketing yang mampu meraih target di sepakati akan mendapat Bonus.
  • Pynalti : Sebaliknya marketing yang tidak mencapai target akan di berikan sanksi berupa potongan gaji.

Strategi pemasaran susu kambing etawa ini banyak sekali, karena pada dasarnya produk susu kambing etawa ini lebih mudah di terima konsumen. Sebagai gambaran pemasaran yang telah kami laksanakan dengan Direct Selling untuk System Sales Marketing disini ada 2 system, meliput :

  • System Door to door : Atau bisa kalian sebut Face to face yaitu penjualan langsung antar penjual dan pembeli ke Komplek-komplek perumahan, Pasar-pasar, Saudara-saudara. Intinya di saat ada orang kalian jumpai tersebut, bisa kalian tawarkan produknya.
  • System Presentasi : Mempresentasikan dan mensosialisasikan produk kalian melalui pertemuan-pertemuan yang ada.