Melirik Peluang Usaha Toko Kelontong Grosir dan Eceran

Peluang bisnis toko kelontong – Memulai sebuah usaha memang sulit, namun apabila kita jeli membaca peluang dan pasar, maka impian anda untuk memiliki sebuah bisnis tidaklah mustahil. Tidak perlu berpikir jauh, kita cukup melihat pada diri anda sendiri maupun keluarga. Apakah anda atau keluarga anda berbelanja kebutuhan setiap hari, setiap minggu, atau bulanan. Ketika anda menyadari, maka hal tersebut bisa menjadi peluang usaha yang sangat menguntungkan. Menjual kebutuhan pokok dan kebutuhan rumah tangga memang lahan bisnis yang tidak ada matinya, bahkan kebutuhan manusia bisa meningkat setiap harinya.

peluang usaha grosir toko sembako

Apabila ide membuka usaha toko kelontong sudah terbesit di pikiran anda, maka anda perlu memikirkan langkah bagaimana cara memulai membuka toko kelontong tersebut. Namun pasti anda yang akan memulai bisnis toko seembako akan bingung memikirkan bagaimana caranya memulai, bagaimana cara mendapatkan barang, tapi anda tidak perlu khawatir, dalam postingan kali ini bisniswirausaha.net akan membahas tips dan cara memulai bisnis toko sembako.

Pertama sebelum anda membuka toko kelontong, anda perlu memikirkan segmen yang akan anda bidik, akan membuka toko sembako untuk eceran ataukah grosir.

A. Toko Kelontong Eceran / Rumahan

Toko kelontong khususnya di kawasan pemukiman padat penduduk biasanya mempunyai pasar yang selalu ramai. Walaupun margin keuntungan setiap produknya bisa dibilang tipis, tapi total keuntungan yang didapatkan cukup menggiurkan, karena hampir setiap warga membutuhkan produk pokok seperti sembako, mie instant, perlengkapan mandi, sabun deterjen dan lain sebagainya.

Semakin banyak produk yang dijual, maka keuntungan yang didapat juga akan semakin besar pula. Tidak hanya barang kebutuhan pokok saja yang sekarang ini bisa dipasarkan di toko kelontong, tetapi juga barang-barang kebutuhan sekunder pun juga semakin banyak jenisnya.

Sebagai pelengkap dan penambah omset setiap bulan, usaha toko kelontong anda bisa ditambah dengan berjualan pulsa handphone, pembayaran listrik, atau menjual pulsa listrik, dll.

Persiapan Membuka Toko Kelontong Eceran

Pertama, untuk membuka usaha toko kelontong, yang harus disiapkan adalah etalase dan rak yang digunakan untuk memajang barang-barang dagangannya. Besarnya etalase disesuaikan dengan jumlah dan jenis barang yang dijual, dan berapa modal yang ada untuk memulai usaha ini.

Selanjutnya untuk rak, jika modal terbatas maka pemilik cukup membeli bagian-bagiannya saja seperti kayu dan besi kemudian dirakit sendiri karena ini jelas lebih menghemat.

Persiapan tempat yang strategis untuk berjualan seperti di depan rumah atau garasi, atau dengan menyewa kios di pinggir jalan juga sangat penting untuk diperhatikan. Dan jangan lupa menyiapkan timbangan untuk menakar produk yang dijual kiloan dan kalkulator untuk menghitung total belanjaan konsumen.

Sebagai pemula, jika belum mengenal agen atau distributor dari produk-produk yang akan dijual, Anda bisa langsung mendatangi distributor atau agen resmi yang ada di sekitar lokasi toko kelontong. Usahakan selalu membeli barang langsung dari distributor atau agen karena harganya jauh lebih murah.

Terakhir, susunlah daftar barang yang akan dijual, disesuaikan dengan modal yang ada. Sambil menyusun biaya belanja, buatlah skala prioritas terhadap barang-barang tersebut. Untuk barang yang diprediksi akan cepat laku maka stok bisa diperbanyak dan selalu dipersiapkan agar tidak pernah kehabisan.

B. Toko Kelontong Grosir

Modal yang dibutuhkan untuk membuka toko kelontong grosir memang cukup besar,berdasarkan informasi, membuka usaha toko kelontong grosir setidaknya membutuhkan modal 100 juta itu saja belum komplit. Hal ini cukup beralasan karena belanja barangnya partai besar. Namun jika toko kelontongnya sudah banyak pelanggan dan omsetnya bagus biasanya beberapa pemasok / distributor memberikan kemudahan bayar tempo walaupun tidak secara langsung artinya dilihat dulu omsetnya.

Toko kelontong grosir potensi omsetnya cukup besar karena rata-rata pembeli belanjanya bukan eceran apalagi jika pelanggannya toko kelontong besar sekali belanja bisa lebih dari Rp.1 juta pasarnya juga cukup luas mulai dari toko kecil, toko besar, rumah makan, catering, pedagang makanan atau minuman. Tingkat persaingan toko kelontong ini tidak seketat toko kelontong eceran karena memang tidak semua orang bisa membuka toko kelontong ini karena membutuhkan biaya yang cukup besar dan lokasi yang strategis.

Dari artikel diatas dapat kita tarik sebuah kesimpulan kalau toko kelontong grosir lebih menguntungkan dibandingkan toko kelontong eceran namun sayangnya modal yang dibutuhkan cukup besar. Nah, apakah anda tertarik untuk memulai bisnis toko sembako?? Bahkan ini bisa juga menjadi peluang usaha ibu rumah tangga yang menguntungkan.

Pencarian terkait:

desain toko sembako sederhana , gambar orang di warung sembako , rincian modal awal toko sembako