Manisnya Keuntungan Budidaya Pepaya California

Manisnya Keuntungan Budidaya Pepaya California – Pepaya. Buah yang satu ini merupakan salah satu buah favorit yang dikonsumsi oleh masyarkat indonesia. karena buah ini memiliki kandungan gizi yang baik dan sangat baik untuk kesehatan dan baik untuk pencernaan. Harga yang terjangkau juga menjadi salah satu alasan kenapa buah ini digemari oleh masyarakat indonesia.

peluang bisnis budidaya pepaya california

Banyak sekali jenis pepaya yang ada di indonesia. Mulai pepaya lokal sampai dengan pepaya california yang saat ini menjadi primadona.

Apabila kita jeli melihat peluang, budidaya pepaya california bisa menjadi peluang usaha yang sangat menguntungkan.

Mengapa harus pepaya california??? Karena peluang usaha budidaya pepaya california begitu menjanjikan. Buah pepaya california ini sangat diminati oleh masyarakat, dengan jumlah permintaan akan buah pepaya california dari tahun ke tahun semakin meningkat bukan saja dari Indonesia namun juga luar negeri menjadi salah satu ide bisnis yang menjanjikan.

Selain itu pepaya california memiliki keunggulan yaitu sebagai berikut :

  • Ukuran buahnya tidak terlalu besar.
  • Jenis kulit yang cukup tebal dan berbentuk lonjong dengan tekstur daging buah yang tebal dan kenyal.
  • Mempunyai bentuk yang tidak terlalu besar dengan berat sekitar 0,8-2kg.
  • Pohonnya yang pendek, sehingga memudahkan kita untuk melakukan perawatan dan pemanenan.
  • Buah ketika matang berwarna kuning dan rasanya manis.

Hal yang perlu diperhatikan dalam budidaya pepaya california :

  • Perhatikan Benih Pepaya California
  • Persiapkan Benih
  • Teknik Penyemaian
  • Perhatikan Pengolahan tanah
  • Perawatan budidaya pepaya
  • Pengendalian Hama dan Penyakit
  • Proses Panen Dan PascaPanen

Langkah – Langkah Budidaya Pepaya California

Budidaya pepaya california sama dengan budiaya jenis tanaman lainnya, dalam membudidaya pepaya california perawatan dan pengendalian hama penyakit sangat perlu diperhatikan. Agar buah pepaya yang dihasilkan memiliki kualitas yang bagus. Berikut adalah cara mudah dalam budidaya pepaya california

Cara mudah budidaya pepaya california

  • Penyemaian Benih Pepaya. Bibit pepaya california sudah siap ditanam di lahan budidaya ketika sudah berumur 1-1,5 bulan.
  • Penanaman Bibit Pepaya California. Buatlah lubang tanam dengan jarak antar tanaman 2,5 M x 2,5 M atau 2,5 M x 2,75 M. Populasi tanaman perhektar antara 1.450 hingga 1.600 pohon.
  • Pemeliharaan Tanaman. Pemupukan harus dilakukan baik dengan pupuk organik maupun pupuk non organik. Pemupukan dilakukan ketika penanaman dengan memberi pupuk kandang atau pupuk kompos dengan takaran 40kg/ tanaman. Pemupukan dilakukan kembali dengan menggunakan pupuk NPK setenah bibit berumur 2 minggu dengan takaran 200 gram/pohon.
  • Panen dan Pasca Panen. Masa panen pertama bisa dilakukan diumur antara 7-9 bulan. untuk panen dilakukan dengan cara memotong tangkai buah, untuk periode tanam bisa dilakukan setiap 10 hari sekali.

Pupuk Untuk Pepaya California

Hasil panen yang bagus dari pepaya california adalah cara pemupukan yang teap dan benar. Karena pemupukan sangat berpengaruh terhadap hasil panendari pepaya california. pemberian pupuk yang baik bisa menghasilkan buah pepaya yang lebat dan juga segar. Berikut adalah pupuk yang cocok untuk pepaya.

Jenis pupuk yang baik untuk pepaya california :

Pupuk Organik

Pupuk organik merupakan merupakan pupuk hasil dari olahan limbah, banyak jenis dari pupuk organik. Mulai pupuk kandang, pupuk kompos. Pemberian pupuk organik dapat menjadikan sumber nutrisi untuk tanaman.

Pupuk Kimia

Tiap minggu setelah tanam beri pupuk kimia, 50 gram ZA, 25 gr Urea, 50 gram TSP dan 25 gram KCl, dicampur dan ditanam melingkar. Namun takaran pemberian pupuk perlu diperhatikan kembali.

Semoga panduan diatas bisa menginspirasi anda untuk memulai usaha agrobisnis pepaya california. Anda yang sudah bosan menjadi pegawai bisa mempertimbangkan untuk menjadi wirausahawan. Salam sukses !!!