Kiat sukses usaha rental mobil omset jutaan rupiah

Kiat sukses usaha rental mobil omset jutaan rupiah – Di era yang modern saat ini sangat mudah untuk menjalankan suatu bisnis usaha, salah satu bisnis populer 2017 adalah bisnis rental mobil. Berbisnis rental mobil memang mempunyai prospek yang bagus dan cukup menjanjikan. Hanya saja, beberapa pengusaha rental mobil harus banyak yang gulung tikar ketika mereka memulai bisnisnya dengan membeli mobil baru dengan sistem kredit.

Kiat sukses usaha rental mobil omset jutaan rupiah

Kiat sukses usaha rental mobil omset jutaan rupiah

Padahal jika dihitung-hitung, membeli mobi baru dengan sistem kredit memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Belum lagi jika memulai usaha rental mobil yang tidak disertai dengan sistem marketing yang bagus, bisa-bisa perusahaan tidak akan sanggup untuk membayar cicilan mobil setiap bulannya.

Hal inilah yang seringkali membuat minat mereka yang ingin berbisnis dibidang rental mobil menjadi ciut. Padahal jika anda mau berfikir dan kreatif, ada kiat jitu untuk memulai usaha rental mobil dengan biaya yang sangat kecil. Maka, dalam kesempatan kali ini kami akan membahasnya :

Cara memulai bisnis rental mobil modal kecil

Analisa SWOT

Dalam manajemen bisnis, dikenal analisa SWOT atau sistem analisa yang membandingkan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Anda mungkin memiliki hubungan yang luas dengan banyak orang sehingga anda memiliki kemudahan untuk promosi, serta anda memiliki modal cukup untuk membuka bisnis rental mobil.

Selain itu, melihat kondisi masyarakat di daerah anda juga sangat penting untuk di analisa. Bagaimana tingkat kebutuhan mobil di daerah anda, anda bisa melihatnya dari seberapa sering masyarakat bepergian menggunakan mobil dalam acara – acara tertentu dan jumlah mobil yang ada masih sangat minim.

Ingat, bahwa di beberapa daerah, meminjam mobil tentangga adalah salah satu cara yang sering dipakai. Ini adalah ancaman dari bisnis anda. Untuk itu, sebelum anda memutuskan untuk membuka jasa rental mobil, anda sebaiknya melakukan survei kecil di kota anda.

Tentukan Lokasi Usaha

Jika anda sudah mantap untuk menjalalankan bisnis rental mobil dengan analisa SWOT di atas, maka tugas selanjutnya adalah memilih lokasi usaha yang terbaik. Lokasi usaha strategis biasanya berada di tempat yang mudah dijangkau oleh masyrakat dan sering terlihat.

Memilih mobil baru dengan perawatan mudah

Mobil baru tentu akan lebih menarik minat masyarakat daripada mobil bekas. Ada kebanggan tersendiri ketika seseorang membawa mobil baru. Namun, anda pun harus memperhatikan bagaimana perawatan mobil tersebut. Setiap mobil biasanya memiliki cara perawatan yang berbeda karena onderdil mobil yang berbeda. Untuk itu, carilah mobil yang tidak terlalu sulit perawatannya.

Bekerja Sama Dengan Bengkel

Untuk meringankan biaya perawatan, anda bisa berlangganan di bengkel. Dengan bekerja sama dengan pihak bengkel, anda memiliki kemudahan dalam perawatan. Selain itu, anda juga akan dikenai biaya yang lebih terjangkau.

Jangan Lupa Asuransi

Mobil dan kecelakaan adalah dua hal yang sering terjadi di jalan raya. Dunia perlalu lintasan di Indonesia juga belum terlalu baik sehingga ada baiknya anda mengasuransikan mobil anda agar ketika terjadi kecelakaan, anda bisa mendapatkan ganti rugi.

Sewa dan Travel

Selain menyewakan mobil, ada baiknya anda menyediakan pula driver atau supir yang baik. Di kala penyewa tidak memiliki supir, anda bisa menawarkan jasa driver kepada mereka.

Sistem verivikasi

Untuk menghindari penipuan yang sering terjadi ketika proses rental mobil. Anda sebaiknya melakukan sistem verivikasi identitas se ketat mungkin namun tidak menyulitkan.

Promosi dan Pemasaran

Pintar – pintarlah dalam berpromosi. Kenalkan bisnis rental mobil anda dengan cara yang berbeda. Ada beberapa pengusaha bisnis rental mobil yang menggratiskan biaya sewa selama promo atau juga memberi souvernir setiap kali menyewa mobil.

Gunakan pula media online untuk bisnis rental mobil anda. Anda mungkin sudah mengenal bisnis GOjek dan sejenisnya. Pun anda bisa mengembangkan aplikasi sewa mobil melalui andorid atau iphone.

Usaha rental mobil dengan cara kredit

  • Siapkan mental anda untuk berani berbisnis dan menanggung resiko
  • Siapkan surat atau barang berharga yang bisa untuk jaminan
  • Datang ke serum mobil untuk membeli mobil dengan jaminan yang telah kita sediakan atau sebelumnya datang ke penggadaian untuk mendapatkan uang dengan jaminan kita tadi, baru setelah itu membeli mobil baru atau bekas dengan DP uang tadi , dan ingat pembelian ini dilakukan dengan secara kredit.
  • Lakukan kegitan promosi rental mobil yang anda dirikan dan bersiaplah menerima uang pertama anda.

Kalkulasi Pendapatan bisnis ini :

  • Jaminan : Rp 10.000.000 (sebagai Dp)
  • Mobil Avansa bekas rp 100.000.000.-
    pembelian mobil secara kredit dengan Dp Rp. 10.000.000.-cicilan selama 3 tahun dengan perbulannya adalah 3 juta rupiah.
    bila dalam sebulan anda bisa merentalkan mobil minimal 20 hari saja dalam sebulan maka pendapatan anda perbulan adalah 20 X Rp 250.000. -(Rp 3.000.000 sebagai cicilan )
  • Rp 5.000.000 – 3.000.000 = Rp 2.000.000 dalam waktu satu bulan dan itu akan lebih jika anda bisa merentalkan lebih lama dalam waktu satu bulan