Kiat sukses membuka usaha warung sembako rumahan

Kiat sukses membuka usaha warung sembako rumahan – Di era yang modern saat ini banyak sekali bermunculan toko online, namun toko tradisional dengan bangunan fisik yang mudah diakses siapa saja masih laris dicari oleh semua kalangan tergantung apa yang dijual. Salah satunya adalah toko sembako, sembako atau sembilan bahan pokok merupakan barang – barang yang menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat indonesia. Kebutuhan ini kemudian memunculkan satu jenis bisnis yang sangat menggiurkan yaitu warung atau toko sembako.

Kiat sukses membuka usaha warung sembako rumahan

Kiat sukses membuka usaha warung sembako rumahan

Hal tersebut tentunya bisa menjadi sebuah inspirasi dan peluang bagi anda yang sekarang ini memiliki sedikit modal namun ingin membangun usaha yang mampu melipat gandakan modal awal tersebut. Untuk membangun usaha warung sembako memang tidak membutuhkan dana atau modal awal yang cukup besar, dengan memiliki modal sekitar 5 juta rupiah anda usdah bisa membangun usaha warung sembako.

Sedangkan untuk dapat mengembangkan warung sembako anda lebih maju dan modern, anda dapat menyisihkan sebagian dari keuntungan anda yang kemudian anda gunakan untuk memajukan bisnis anda dalam membangun dan merintis usaha warung sembako anda tersebut. Seperti yang kita ketahui bersama, warung sembako merupakan salah satu jenis usaha perdagangan yang menjual berbagai macam kebutuhan primer yang pasinya akan selalu di butuhkan oleh masyarakat khususnya yang berada di sekitar lingkungan anda.

Cara memulai usaha warung sembako grosir

Utamakan Pelayanan

Memberikan pelayanan yang memuaskan merupakan sebuah kunci pertama yang harus anda perhatikan ketika anda sudah memiliki usaha warung sembako. Dengan memberikan pelayanan yang baik dan ramah maka di pastikan bahwa para konsumen yang membeli keperluan di tempat anda akan merasa nyaman dan senang, sehingga mereka akan kembali membeli dan berbelanja di tempat anda dan bahkan menjadi pelanggan setia di warung sembako anda. Utamakanlah untuk dapat memberikan pelayanan yang sebaik mungkin, sebab hal tersebut merupakan aset penting yang dapat membantu anda untuk memperoleh banyak pelanggan, dengan begitu produk yang anda jual akan cepat habis dan keuntungan bisa anda dapatkan dengan segera untuk mengganti modal awal.

Perhatikan Harga Jual

Di dalam proses merintis usaha warung sembako ini, upayakan bahwa anda selalu jeli dan cermat di dalam menentukan harga jual khususnya di pasaran. Dengan mengetahui harga jual di pasaran, barang atau produk yang anda jual di warung sembako anda bisa seimbang dan tidak lebih mahal dari tempat lainnya. Untuk awal atau untuk pemula di dalam membangun ushaa warung sembako tersebut, sebaiknya anda juga tidak mengambil keuntungan yang terlalu besar. Hal tersebut guna meyakinkan para konsumen anda bahwa barang yang di jual di tempat anda sama dengan harga jual di warung sembako yang lainnya. Untuk selanjutnya, anda bisa menaikkan harga jual di warung anda sedikit demi sedikit, namun hal tersebut juga harus seimbang dengan kualitas barang yang anda jual. Pastikanlah anda selalu menjual barang dengan kualitas terbaik, sehingga meskipun harganya sedikit lebih tinggi dari tempat lain, konsumen tetap tidak akan ragu di dalam membeli barang ataupun kebutuhan di tempat anda. Namun, upayakan juga untuk tidak menawarkan harga jual yang terlalu tinggi, sebab hal tersebut justru akan menghilangkan konsumen anda sedikit demi sedikit.

Buatlah Promosi Dan Komunikasi Dengan Konsumen

Untuk menarik perhatian konsumen atau para pembeli di awal pembukaan bisnis usaha warung smebako anda, memberikan promosi atau diskon memang di anggap cara paling jitu dan ampuh. Anda bisa memberikan promosi produk dan barang yang anda jual dengan cara melakukan komunikasi melalui selembar kertas atau iklan di depan tempat anda berjualan, dengan menuliskan kalimat “ Berbelanja Murah Dan Hemat Setiap Hari Di sini” sudah dapat menarik perhatian pelanggan, khususnya para ibu rumah tangga. Bagaimanapun, kalimat murah dan hemat memang menjadi hal yang banyak di buru dan di minati oleh para perempuan. Namun, promosi yang anda lakukan tersebut juga harus tetap memperhatikan perhitungan antara modal dan keuntungan, sehingga meskipun sedang dalam masa promo anda akan tetap mendapatkan laba.

Berikan Jasa Pengiriman

Apabila ada konsumen atau pembeli di tempat anda yang membeli barang dengan jumlah yang besar, ada baiknya anda memberikan sebuah bonus dengan cara melakukan pengiriman barang gratis sampai ke tempat tujuan konsumen. Hal ini dipastikan mampu membuat anda mendapatkan banyak konsumen dan pelanggan karena mereka merasa puas dan di perhatikan dalam setiap pelayanan berbelanja di tempat anda.

Analisa modal usaha warung sembako

Modal awal

Etalase , meja dll = Rp 1.200.000,00
alat seperti Rak, kalkulator, dll = Rp 900.000,00
Stok pproduk = Rp 4.000.000,00 +
Total = Rp4.500.000,00

Biaya operasional

Belanja dagangan = Rp 4.000.000,00
Biaya listrik, Air dll = Rp 200.000,00
Transportasi belanja dagangan = Rp 150.000,00
Biaya lain – lain = Rp 200.000,00 +
Total = Rp 4.750.000,00

Omset per bulan

Omzet harian rata-rata Rp 300.000,00
Omset bulanan @ Rp 300.000,00 x 30 hari =9.000.000,00

Laba bersih perbulan

Rp 9.000.000,00 – Rp 4.750.000,00 = Rp 4.250.000,00

Tips mengembangkan usaha warung sembako

  • Mulailah dengan jumlah merk yang lebih sedikit untuk setiap jenis barang, agar Anda bisa menjual produk yang lebih variatif. Misalnya, untuk minyak goreng, cukup ambil 3 merk (misalnya 2 yang paling terkenal dan 1 yang terkenal murah). Untuk sabun atau pasta gigi, ambil dari merk yang murah namun masih terbilang terkenal, karena banyak orang berbelanja dengan melihat merk.
  • Siapkan catatan khusus untuk mencatat stok tiap jenis dan merk produk; pastikan Anda tahu merk apa saja yang cenderung cepat habis, dan merk apa yang paling sedikit disentuh pelanggan dalam sebulan. Jadi, Anda bisa memesan ke distributor dengan lebih efisien.
  • Agar bisa mengembangkan toko, buat catatan pembukuan harian dan bulanan yang rapi, dan sisihkan minimal 25 persen dari keuntungan Anda tiap bulan sebagai tambahan modal di luar keuntungan bersih.
  • Selalu ikuti perkembangan inflasi, kurs rupiah dan kenaikan atau penurunan harga bahan pokok. Sesuaikan harga produk Anda dengan kondisi teraktual sehingga pelanggan tidak merasa rugi saat berbelanja di toko Anda.

Pencarian terkait:

desain warung angkringan sederhana , cara nganpas , warung sembako , warung sembako modal 20 juta