Kiat sukses bisnis penyewaan kamera yang menguntungkan

Kiat sukses bisnis penyewaan kamera yang menguntungkan –¬†Seiring dengan kemajuan teknologi yang tumbuh pesat di seputar perangkat kamera membuat membuka peluang bisnis yang cukup menggiurkan, salah satunya untuk berbisnis penyewaan kamera. Teknologi yang terus di perbaharui melahirkan berbagai jenis kamera yang semakin canggih dan menyuguhkan hasil pengabadian moment dengan lebih sempurna.

Kini hobi fotografi semakin marak di Indonesia. Jadi tak hanya orang yang mempunyai profesi sebagai fotografer saja yang gemar fotografi,tetapi juga orang – orang dari berbagai latar belakang. Mulai dari mahasiswa, pelajar, karyawan, bahkan ibu rumah tangga pun banyak yang gemar memotret. Meningkatnya jumlah penggemar fotografi ini membuat usaha penjualan kamera semakin prospektif.

Kiat sukses bisnis penyewaan kamera yang menguntungkan

Kiat sukses bisnis penyewaan kamera yang menguntungkan

Yang terpenting adalah Anda harus memiliki niat yang kuat serta modal tentunya karna jika ingin membuat suatu usaha pasti kita membutuhkan modal. Berapa modalnya? Anda hanya perlu membeli beberapa kamera dan aksesoris lainnya untuk kemudian disewakan. Sebagian orang lebih senang meminjam kamera pada orang terdekat untuk mngabadikan momen – momen istimewa mereka, misalnya saat acara keluarga, pergi liburan, atau momen spesial lainnya.

Cara memulai usaha jasa sewa kamera

Keperluan sewa kamera :

Action Cam

Ada banyak jenis action cam yang bisa disewakan, mulai dari yang murah meriah Xiaomi Yi, Bpro, SJCAM, sampai Go Pro Hero 4 Black Edition. Terserah sih mau sewain yang mana, kalau lihat di Blitar peminat dari Xiaomi Yi cukup besar. Karena banyak yang tanya kamera itu daripada Go Pro Hero 4.

Semua action cam yang disewakan sudah termasuk waterproof case yak! Jadi kalau xiaomi yi, ya anda harus beli waterproof casenya juga. saya saranin kalau mau disewakan beli yang original biar awet. Soalnya kau pernah beli yang kw itu cepet rusak.

Monopod / Tongsis

Meski enggak terlalu suka pakai monopod / tongsis tapi karena kebutuhan orang yang mau menyewa biasanya untuk berselfie ria anda HARUS menyertakan aksesoris ini dalam paket sewa action cam!

Untuk Monopod saya percaya pakai Attanta SMP-07, harganya 100 ribuan belum termasuk ongkos kirim. Ada sih yang mirip attanta smp-07 yaitu hunter seri berapa gitu. Harganya sama, handgripnya karet lebih enak dipegang sebenernya. Tapi bagian mur baut ada yang gampang lepas. Makanya saya lebih rekom pakai SMP-07.

Selain itu biasanya akan sulit untuk memanjangnkan sticknya gegara ada air di dalam. Pastikan kering sebelum memendekkan monopod / tongsis tersebut biar lancar kalau mau dipanjangin maupun dipendekin.

Baterai Cadangan dan External Charger

Selain menggunakan baterai bawaan kamera saya sediakan 2 baterai cadangan yang membuat siapapun yang sewa bener-bener aman dari kehabisan baterai. Pastikan kedua baterai dalam kondisi terisi penuh saat disewa sehingga tidak ada celah komplain untuk hal ini :D.

Wajib disertakan external charger, karena semua action cam yang saya miliki secara default alias bawaan enggak ada external chargernya. Semua di cas menggunakan kamera. Kalau kamera buat ngecas, lha terus gimana foto-fotonya? Dengan adanya external charger semua jadi lebih mudah, tetunya lengkap dengan kabel datanya. Kalau emang kekurangan baterai, bisa di cas pakai power bank dan kamera tetep bisa dipakai.

Micro SD 32 Gb

saya pakai Micro SD Sandisk Ultra 32 Gb untuk semua kamera yang saya sewakan. Dengan memoricard sebesar itu sebenernya mubadzir sih, soalnya enggak pernah orang sewa sampai penuh setengahnya aja. Tapi enggak ada salahnya kalau sewaktu-waktu disewa agak lama dan butuh memori yang cukup besar.

Selisih harga Micro SD 32 Gb juga enggak terlalu banyak jika dibandingkan yang 16 Gb. Jadi ya sekalian aja sih. Harganya sekitar 150 ribuan kalau enggak salah.

Tas Action Cam

Tas action cam ini penting banget, selain buat melindungi kamera ketika di sewa juga memudahkan orang untuk menata kamera dan membawanya. saya prefer pakai tas yang kecil karena lebih enak bawanya, kalau yang medium itu terlalu besar sehingga makan tempat cukup banyak.

Daftar harga sewa action cam dan jaminan

Untuk menentukan harga sewa action cam memang susah-susah gampang sih, ada baiknya lihat kompetitor yang sudah ada di daerah sekitarmu. Pilih yang reasonable price, jangan terlalu mahal apalagi murah.

  • SJCAM SJ4000Wifi : 40 ribu / hari
  • Xiaomi Yi : 50 ribu / hari
  • SJCAM SJ5000+ : 75 ribu / hari
  • Go Pro Hero 4 SE : 125 ribu / hari.

Semua kelengkapan aksesorisnya sama sesuai dengan poin-poin yang saya jelaskan diatas. Kalau untuk jaminan biasanya saya pakai E-KTP. Kalau Go Pro Hero 4 pakai KK Asli juga bukan fotokopian.

Biar makin mantep bikinin aja surat perjanjian dengan materai 6 ribu supaya mengikat. Intinya semua kerusakan ketika sewa adalah tanggung jawab penyewa. saya enggak terlalu ketat untuk jam pengembalian. Kecuali kalau ada yang antri sewanya baru saya kejar-kejar kalau mau overtime ūüėÄ

Modal biaya paket sewa action cam

Berapa modal yang dibutuhkan untuk paket sewa action cam? Nah, ini agak susah ya, karena belum ada yang jual paket sesuai dengan yang saya inginkan. Jadi belinya di tempat yang terpisah sehingga biaya enggak bisa bener-bener fix. Kurang lebih berikut biaya yang dibutuhkan untuk beberapa paket yang saya tawarkan diatas.

Paket kamera Xiaomi Yi untuk Rental

  • Xiaomi Yi + Battery + USB cable (Standard Package)
  • Tongsis Attanta SMP-07/ Sejenisnya
  • WaterProof Case Kingma up to 40M (Garansi 7 hari)
  • Sandisk Micro SD 32GB (Class 10) up to 48MB/s (Garansi 5 tahun)
  • External Charger + Extra Battery (Garansi 7 hari)
  • Tas Medium

Yang membedakan dengan standardku sih cuma jumlah baterai externalnya. Harganya sekitar 1.6 juta sudah dapet komplit.

Paket kamera Go Pro Hero 4 untuk Rental

  • Go Pro Hero 4 Silver Edition (garansi 2 tahun)
  • Extra rechargeable for gopro
  • Charger 2slot
  • Tas for gopro
  • Memory sandisk high speed 32gb class 10
  • Monopod tongsis underwater / Tongsis 3 Way

Sedikit berbeda dengan yang saya punya tapi enggak masalah sih, sudah lebih dari cukup kalau untuk sewa. Kisaran harganya sih sekitar 5.8 juta.

Layanan Pelanggan

Sebelum menyewakan kamera, anda harus memastikan bahwa semua kamera bisa berjalan dengan baik. Mulai dari password wifi masing-masing kamera terus jangan lupa untuk mengajari yang sewa cara mengoperasikan.

Pencarian terkait:

bisnis sewa go pro laku banget , proposal usaha jasa sewa kamera Travelling , simpulan proposal