Inspirasi Bisnis dan Peluang Usaha Di Bidang Pertanian

Inspirasi Bisnis dan Peluang Usaha Di Bidang Pertanian – Di Indonesia peluang usaha di bidang Agrobisnis ini sebenarnya sangat menjanjikan, keuntungan yang besar dan rutin dari usaha tanam menanam ini juga bisa relatif sangat mudah didapat asalkan dilakukan dalam skala yang tidak terlalu kecil alias usaha skala menengah ke atas.

inspirasi bisnis di bidang pertanian

Dalam merintis usaha pun sama saja dengan prinsip bisnis lain, yakni tidak mutlak membutuhkan banyak modal, dan yang bagus memang memulai usaha dari skala kecil terlebih dahulu baru setelah paham seluk beluk usaha yang digeluti, modal bisa ditambah dan skala usaha bisa diperbesar lagi.

Tidak hanya itu, Peluang usaha di bidang agrobisnis sesungguhnya sangat patut dipertimbangkan karena waktunya yang sangat fleksibel dan relatif lebih santai dibandingkan dengan jenis usaha lainnya, sehingga bisa juga dilakukan sebagai usaha sampingan di rumah. Faktor inilah tentunya yang membuat para Ibu Rumah tangga, karyawan, pegawai maupun adik adik yang masih pelajar juga berpeluang untuk menggeluti usaha ini.

Usaha di bidang Agrobisnis ini juga terbilang mudah dan peluang serta pangsa pasarnya yang masih sangat terbuka lebar dan beragam. Sehingga tidak berlebihan rasanya ketika dikatakan bahwa usaha agrobisnis ini masih sangat bagus prospeknya dan juga termasuk dalam Jenis usaha yang menjanjikan keuntungan maupun berpotensi dapat memberikan penghasilan tambahan yang besar.

Berikut macam – macam Peluang Usaha Di bidang Agrobisnis yang cukup menggiurkan :

1. Bertanam Sayur- Sayuran Kecil Kecilan

Bisa dibilang sayur mayur sudah termasuk dalam daftar kebutuhan pokok setiap rumah tangga di Indonesia. Jadi kenapa kita tidak mengambil kesempatan dan memanfaatkan peluang ini?

Anda pastinya pernah kan melihat iklan viral di facebook yang mengemukakan tentang kisah sukses seorang petani kangkung hidroponik sederhana di tahun 2016 dengan omset 90 juta per bulan itu?

Nah, dengan hanya bertanam kangkung potong atau kangkung cabut, seledri air, budidaya sayuran bayam, menanam kacang panjang, daun kemangi, daun singkong secara kecil kecilan terbukti bukan tidak mungkin untuk mendapatkan penghasilan yang lumayan.

Anda bisa melakukan uji coba dahulu di halaman atau di kebun yang sekalipun lahan yang tersedia hanya lahan yang sempit, kemudian menjualnya di warung kelontong yang menjual sayur mayur, anggap saja sebagai supplier skala kecil, jika prospeknya bagus anda bisa lanjut dan membuka usaha sayur mayur ini dengan skala yang lebih besar.

Dengan demikian tentunya anda sudah bisa membuka sebuah usaha agribisnis budidaya sayuran yang akan dapat menghasilkan tambahan lembaran rupiah dari usaha agrobisnis kecil kecilan anda ini.

2. Peluang Budidaya Tanaman Obat

Jenis tanaman untuk bahan baku minuman mempunyai pangsa pasarnya sendiri, dan usaha agrobisnis tipe ini sangat cocok bagi anda yang hendak memulai untuk mentarget dan mensuplai sebuah pabrik atau home industri bisnis berbasis produksi minuman kesehatan atau usaha minuman bahan baku obat herbal, yang di indonesia minuman kesehatan seperti Jamu dan obat obatan herbal sangatlah diminati konsumen.

Beberapa Contoh peluang usaha dalam kategori ini antara lain ;

  • Bertanam Jahe Merah Dalam Polybag
  • Budidaya Tanaman Bunga Rosela untuk bahan baku sirup alami dan obat herbal tertentu
  • Budidaya Tanaman Lidah Buaya.
  • Budidaya Tanaman untuk Jamu Kesehatan lainnya, misalnya temulawak, kunyit dan tanaman rimpang rimpangan lainnya
  • Budidaya Daun Sirih

3. Membuat dan Menjual Cangkokan Tanaman Buah dan Tabulampot (Tanaman buah dalam Pot)

Selain Hemat Modal, peluang bisnis agri yang satu ini sepertinya akan benar benar luar biasa di masa mendatang. Minat dan antusias masyarakat yang cukup tinggi pada tanaman buah dalam pot ini, terutama bagi warga di perkotaan menjadikan peluang usaha menjual bibit tanaman buah kerdil/perdu di dalam pot akan semakin terbuka lebar.

4. Berjualan Bunga dan Tanaman Hias

Dari yang awalnya hanya hobi berkebun, suka menata dan mendekorasi taman bunga, sebenarnya hobi anda tersebut memiliki potensi usaha yang lumayan loh..

Jadi mengapa anda tidak mencoba untuk sekalian mengembangkan taman indah anda dan mulai berjualan bunga/menjadi petani bunga untuk para pecinta tanaman hias seperti anda atau untuk mensupplai kebutuhan akan tanaman hias bagi para penjual bunga di daerah anda?

Peluang bisnis ini juga membutuhkan dana atau modal yang cukup kecil namun memiliki potensi bisnis yang sangat menguntungkan. Hampir setiap rumah memiliki pekarangan dan kebanyakan mereka membutuhkan tanaman hias bagi taman atau kebun mini mereka.

Tentu saja ini belum termasuk peluang dan pangsa pasar untuk menyuplai para dekorator interior dan eksterior, pengrajin karangan bunga, penjual bunga taburan untuk ziarah, para dekorator hiasan pelaminan, hajatan, karnaval dan lain lain di indonesia yang sudah kita mahfumi membutuhkan pasokan bahan baku bunga segar dan tanaman hias yang banyak dan beraneka ragam.

Nah bagaimana? Tertarik dan ingin mencoba? modalnya tidak banyak kok, cukup kembangkan tanaman hias yang anda miliki dahulu dan mulailah memperlengkap koleksi bunga ada dari uang hasil penjualan tanaman dan bebungaan anda tersebut.

5. Budidaya Jamur Konsumsi Modal Kecil

Peluang Bisnis Jamur konsumsi juga cukup menjanjikan. Pasalnya, dengan pangsa pasar yang masih sangat terbuka lebar serta persaingan yang masih sepi, memilih budidaya jamur tentunya adalah pilihan yang sangat tepat.

Berbagai masakan dapur ibu hingga koki hotel dan restoran juga membutuhkan bahan baku jamur segar setiap hari, yang membuktikan bahwa panganan dan kudapan dari bahan baku dan olahan jamur sangatlah digemari masyarakat karena rasanya yang lezat serta kandungan gizinya yang tinggi.

Apalagi jamur adalah makanan yang juga sangat di rekomendasikan oleh para ahli gizi dan juga para vegetarian.

6. Usaha Pembibitan Pohon.

Varian/Jenis bibit pohon sangatlah beragam dan kondisional sesuai daerah anda. Cobalah anda temukan tanaman apa saja ya yang kira kira cocok untuk dibudidayakan di daerah anda dan berpeluang paling bagus serta berpotensi memberikan keuntungan yang bagus.

Membuka usaha di bidang Pembiakan Bibit Pohon Kelapa, bibit pohon jati emas, bibit pohon cendana, bibit pohon pisang dll. mungkin adalah bibit pohon yang bisa anda pilih dalam jenis usaha ini.

7. Budidaya Tanaman Buah Produksi.

Dalam kategori budidaya tanaman/agrobisnis modal kecil ini, anda bisa menanam jenis tanaman buah yang murah bibit alias mudah didapatkan di daerah anda dan juga terjangkau biaya perawatannya.

Contoh Tanaman buah yang bisa anda budidayakan antara lain ;

  • Budidaya Kedondong
  • Budidaya Pisang Raja / Kepok / Susu
  • Budidaya Jeruk Manis
  • Budidaya Jeruk Purut
  • Budidaya Buah Naga

Semoga artikel diatas bermanfaat bagi anda yang  sedang mencari ide peluang usaha bidang pertanian. Selamat berwirausaha dan semoga sukses !!!