Indahnya Manfaat Dalam Membudidayakan Lebah Madu

Penjelasan Tentang Budidaya Lebah Madu – Lebah madu (Apis indica) sering kita jumpai disekitar tempat tinggal, di rumah (atap/genteng), di pohon sekitar rumah terutama pada batang pohon yang berlubang, bahkan kadang dijumpai di tiang listrik dan gorong-gorong. Lebah madu (Apis indica) akan berkembangbiak dan mempunyai koloni yang besar jika kondisi lingkungan tempat tinggal yang mendukung. Terutama tercukupinya kebutuhan makanan, necter, pollen dan cadangan makanan lainnya. Tidak kalah penting merupakan faktor pendukung bagi habitat lebah madu adalah ada tidaknya gangguan lingkungan, utamanya hama pengganggu dan predator.

Dalam membudidayakan lebah madu yang perlu kalian persiapkan adalah lokasi budidaya dan tentunya kandang lebah, dan syarat utama yang harus kalian penuhi dalam budidaya lebah adalah ada seekor ratu lebah dan ribuan ekor lebah pekerja serta lebah jantan. Dalam satu koloni tidak boleh lebih dari satu ratu karena antar ratu akan saling bunuh untuk memimpin koloni. Maka untuk menghindari hal tersebut dibutuhkan penanganan dan pengelolaan yang baik dan tepat dalam upaya membudidayakan madu lebah ini. Budidaya lebah madu akan berhasil jika lingkungan setempat sangat mendukung yaitu tersedia banyak tanaman berbunga atau penghasil nectar dan pollen serta cukup cadangan makanan lainnya. Penanganan yang serius, tekun, sabar menjaga keberhasilan juga merupakan salah satu faktor pendukung keberhasilan upaya tersebut disamping tersedianya bibit atau lebah madu yang cukup disekitar lingkungan.

Indahnya Manfaat Dalam Membudidayakan Lebah Madu

Indahnya Manfaat Dalam Membudidayakan Lebah Madu

Persyaratan Dalam Budidaya Ternak Lebah Madu

Untuk menentukan keberhasilan dalam upaya membudidayakan lebah madu ini yang harus kalian tentukan terlebih dahulu :

  • Tersedianya sumber makanan (madu atau bunga dan pollen) serta adanya tanaman yang berbunga.
  • Memilih bibit lebah madu yang baik, contohnya memiliki anggota koloni yang banyak, dalam satu stup atau sarang minimal 6 sisiran dan penjantan jumlahnya sedikit 100 per ekor.
  • Pelaku dalam berbudidaya atau dalam beternak.
  • Pemberian tambahan makanan pada saat perubahan cuaca.

Ciri dan Manfaat Dari Ternak Lebah Madu

Lebah madu memiliki ciri-ciri yaitu, hidup secara berkelompok membentuk suatu koloni dan memiliki susunan masyarakat lebah, dimana lebah pekerja yang bertugas membuat sarang, mengumpulkan madu dan mengurus telur dan larva, membersihkan sarang, menyuapi anakan dan menyuapi ratu, dan umur pekerja hanya berkisar 8 minggu. Selanjutnya lebah tentara, bertugas menjaga sarang dari gangguan musuh dan umurnya 8 minggu. Lebah pejantan tugasnya membuahi calon ratu, umur pejantan 8 minggu dan lebah ratu menghasilkan telur, memiliki umur yang panjang yaitu 5 tahun, masa produktif selama 2-4 tahun. Lebah madu mempunyai manfaat langsung dan juga memiliki manfaat tidak langsung bagi manusia. Manfaat langsung antara lain dapat menghasilkan madu, gana, lilin atau malam dan royal jelly serta tepung sari atau pollen. Madu bermanfaat bagi manusia untuk daya tahan tubuh dan untuk obat. Satu liter madu sama dengan 50 butir telur. Gana (telur baru yang menetas) mengandung protein yang tinggi dan hormone pertumbuhan. Tepung sari atau pollen dimanfaatkan untuk daya tahan tubuh. Royal jelly merupakan makanan calon ratu dan dibuat jika ada calon ratu. Manfaat bagi manusia lainnya adalah sebagai penambah stamina karena madu memiliki kandungan gizi yang tinggi. Dan lebah juga memiliki manfaat tidak langsung, yaitu membantu proses penyerbukaan bunga. Sehingga terjadi fertilisasi, maka akan terbentuk calon individu baru atau biji pada tanaman.

Dalam mendukung keberhasilan budidaya lebah madu, peternak hendaknya memiliki dasar ilmu yang sudah terlatih agar dalam penerapannya tidak salah. Demikian lah pembahasan tentang “Indahnya Manfaat Dalam Membudidayakan Lebah Madu”, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.