Ide Bisnis Harga Kayu Gaharu Termahal di Dunia

Bisnis kayu gaharu – Peluang usaha berbisnis kayu memang sangat menggiurkan, tetapi resiko yang tinggi patut diperhitungkan. Semakin sempitnya lahan penanaman kayu gaharu semakin berkurang maka ini yang menyebabkan langkanya jenis kayu ini. Tetapi Anda tidak perlu berkecil hati jika memang berniat untuk memulai bisnis jual beli kayu gaharu.

Ide Bisnis Harga Kayu Gaharu Termahal di Dunia

Ide Bisnis Harga Kayu Gaharu Termahal di Dunia

Kayu Gaharu mempunyai ciri warna yang kehitaman dan mengandung resin yang dihasilkan dari beberapa jenis kau seperti dari marga Aquilaria ini sebenarnya penyakit dan respon dari mikroba yang masuk kedalam kayu melalui celah/pori kayu. Masuknya mikroba tersebut merupakan respon pertahanan dan akan menghasilkan resin yang disebut senyawa fitoaleksin yang biasanya bewarna coklat dengan ciri beraroma harum, dan apabila respon pertahanan dari kayu cenderung kuat maka tidak akan menghasilkan resin lalu akan membusuk secara perlahan.

Baca Juga: Bisnis Kayu Jati

Ciri ciri pohon Gaharu

ciri pohon gaharu

ciri pohon gaharu

Secara kasat mata kayu gaharu berwarna coklat kehitaman tetapi Ciri-ciri bagian tanaman yang telah menghasilkan gaharu adalah kulit batang menjadi lunak, tajuk tanaman menguning dan rontok, serta terjadi pembengkakan, pelekukan, atau penebalan pada batang dan cabang tanaman. Senyawa gaharu dapat menghasilkan aroma yang harum karena mengandung senyawa guia dienal, selina-dienone, dan selina dienol.

Harga Kayu Gaharu mempunyai nilai jual yang tinggi

kayu gaharu harga mahal

kayu gaharu harga mahal

Di era sekarang ini apapun yang langka pastinya mempunyai nilai jual yang sangat tinggi, tengoklah beberapa waktu silam yaitu batu akik maupun bunga gelombang cinta yang dijual dengan harga selangit tetapi beda untuk kategori jenis kayu terutama kayu gaharu ini. Jenis kayu gaharu mempunyai banyak manfaat yang sangat dibutuhkan bagi bahan industri untuk kebutuhan manusia, kayu gaharu merupakan bahan utama pembuatan parfum kelas premium oleh karenanya banyak para industri parfum internasional memburunya. Selain digunakan untuk parfum kayu gaharu juga ada yang dijadikan dupa tetapi bukan jenis kayu gaharu yang mahal, karena kayu gaharu dikategorikan menjadi 2 jenis berdasarkan familinya:

Nilai jual kayu Gaharu berdasarkan Jenis famili:

  1. Gaharu beringin : Merupakan jenis kayu gaharu paling tinggi nilai jualnya, dihasilkan dari famili Themeleaceae dengan jenis Aquilaria spp.
  2. Gaharu buaya : Jenis kayu Gaharu dengan nilai jual paling rendah, yang perlu diperhatikan dalam menilai harga kayu gaharu tidak harus berdasarkan jenis tetapi juga ditentukan oleh banyaknya kandungan resin didalamnya.

Nilai kelas jual kayu gaharu berdasarkan warna dan aroma

  1. Gubal : merupakan kayu berwarna hitam atau hitam kecoklatan dan diperoleh dari bagian pohon penghasil gaharu yang memiliki kandungan damar wangi beraroma kuat
  2. Kemedangan : adalah kayu gaharu dengan kandungan damar wangi dan aroma yang lemah serta memiliki penampakan fisik berwarna kecoklatan sampai abu-abu, memiliki serat kasar, dan kayu lunak
  3. Abu gaharu : merupakan serbuk kayu hasil pengerokan atau sisa penghancuran kayu gaharu

Gimana apakah Anda berniat mencoba Bisnis Kayu Gaharu Termahal di Dunia, semua bisnis akan menguntungkan jika dilakukan dengan manajemen yang baik.

Pencarian terkait:

bisnis kayu gaharu