Cara Sukses Bisnis Ternak Kambing Pedaging

Bisnis Kambing Pedaging Super – Di Indonesia ini semakin hari permintaan daging semakin meningkat, baik daging sapi maupun daging kambing. Maka tidak mengherankan jika bisnis ternak kambing pedaging bisa membuat pengusaha meraup keuntungan yang tidak sedikit jika usahanya itu sukses. Peluang menjalankan bisnis ternak kambing pedaging juga semakin tampak menggembirakan dengan adanya kondisi dimana permintaan daging di Indonesia belum tercukupi sepenuhnya. Oleh karena itu bisnis ternak kambing pedaging ini bisa dikatakan sangat menjanjikan.

Cara Sukses Bisnis Ternak Kambing Pedaging

Cara Sukses Bisnis Ternak Kambing Pedaging

Apalagi saat menjelang hari raya baik idhul fitri maupun idhul adha, harga kambing pedaging akan melonjak tinggi dengan adanya moment tersebut. Oleh karena itu jika anda menjalankan bisnis ternak kambing pedaging maka anda bisa turut membantu memenuhi kebutuhan daging di Indonesia ini. Terleps nanti anda juga akan memperoleh keuntungan dari bisnis jual beli kambing tersebut, anda juga masih bisa mendapat bonus dari kotoran kambing yang bisa anda jual juga atau anda gunakan sendiri sebagai pupuk kompos organik

Berikut ini kami akan memberikan sedikit ulasan mengenai cara sukses bisnis ternak kambing pedaging sebagai berikut

Cara sukses beternak kambing pedaging super

1. Jenis Kambing yang Cocok
Memilih jenis kambing yang cocok untuk anda jalankan sebagai bisnis merupakan hal utama yang harus anda lakukan. Anda harus mengetahui jenis kambing apa yang memiliki peluang untuk anda jadikan bisnis ternak.

2. Bibit yang Berkualitas
Seperti halnya saat anda menjalankan bisnis ternak pada jenis hewan lainnya, untuk beternak kambing pedaging ini anda juga harus mengawalinya dengan memilih bibit kambing pedaging yang berkualitas dan tidak mudah terserang penyakit. Adapun ciri bibit kambing yang berkualitas diantaranya yaitu :

  • Kambing setidaknya telah berumur sekitar 8 – 12 bulan.
  • Badannya berukuran normal dan tidak memiliki cacat.
  • Bulunya bersih, garis punggung dan pinggangnya tampak lurus.
  • Tidak memiliki cacat fisik.
  • Pandangan matanya terlihat tajam.
  • Hidung dan anusnya tampak bersih.

3. Proses Pemeliharaan Kambing
Selanjutnya yang harus anda perhatikan yaitu mengenai proses pemeliharaan kambing yang meliputi beberapa hal, diantaranya pembuatan kandang kambing yang sesuai dengan ukuran tubuhnya dan jumlahnya, pembersihan kandang untuk mencegah timbulnya penyakit dan pemberian pakan yang cukup.

4. Memperhatikan Masa Reproduksi Kambing
Jika anda menjalankan usaha ternak kambing pedaging ini secara benar maka kambing yang anda pelihara nantinya akan melahirkan tiap 7 bulan sekali. Yang harus anda ketahui, kambing baru bisa dikatakan dewasa jika telah memasuki umur 8 – 10 bulan dengan masa birahi yang berlangsung sekitar 17 – 21 hari. Sekali mengalami birahi lamanya 24 – 40 jam. Setelah kambing melahirkan, sebulan kemudian indung kambing telah siap untuk dikawinkan kembali. Dengan begitu sebaiknya anda memilih bibit kambing yang telah berusia 8 – 10 bulan agar dalam beternak anda tidak memerlukan waktu lama dalam menghasilkan anak kambing.

Itulah ulasan mengenai “Cara Sukses Bisnis Ternak Kambing Pedaging”. Semoga ulasan kami bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.