Cara Mudah Berbisnis Tanaman Hidroponik

Cara Mudah Berbisnis Tanaman Hidroponik – Teknologi hidroponik bisa menjadi alternative dalam media tanaman salah satunya sayuran. Berbagai jenis sayuran dengan mudah bisa ditanam secara hidroponik, untuk sarananya bisa menggunakan paralon. Hidroponik dengan cara ini dapat diterapkan oleh siapa saja karena sangat mudah. Tanaman dapat ditempatkan dimana saja, yang penting pada saat hujan tanaman tidak kehujanan. Kalau kehujanan larutan nutrisi akan menjadi lebih encer dari yang seharusnya.

Hal kedua yang dapat menunjang tanaman Hidroponik adalah struktur bangunan green house atau rumah kaca. green house adalah struktur bangunan dengan lingkungan yang tertutup oleh bahan transparan (tembus cahaya) dengan memenfaatkan radiasi surya untuk pertumbuhan tanaman. Tujuan penanaman dalam greenhouse adalah untuk melindungi tanaman dari kondisi alam seperti sinar matahari, suhu udara, kelembaban, angin hujan salju dan lain-lain yang sifatnya tidak menguntungkan dan karenanya penutup greenhouse awalnya terdiri dari kaca. Keunggulan dari tanaman hiroponik adalah tidak memerlukan lahan yang luas karena disain tata letak tanaman dapat diatur sedemikian rupa dan dapat pula diatur bertingkat. Keuntungan lain adalah kebutuhan nutrisi tanaman lebih tercukupi sehingga tanaman lebih subur. Tanaman Hidroponik jika diadaptasikan dengan sistem green house sangat cocok sekali karena lebih mengurangi resiko terserang hama.

Cara Mudah Berbisnis Tanaman Hidroponik

Cara Mudah Berbisnis Tanaman Hidroponik

Cara menanam dengan teknik hidroponik

Alat dan bahan yang diperlukan

  • Hidroponik kit untuk bercocok tanam, dapat dibuat dari paralon
  • Media tanam Rockwool. Rockwool terbuat dari batuan volcanic yang di panaskan sedemikian rupa sehingga akhirnya terbentuk serat-serat. Media ini steril dari sumber hama, penyakit dan gulma

Teknik Sederhana Bercocok Tanam Sayuran Hidroponik

  • Benih sayur. Berbagai jenis sayuran daun danpat di tanam dengan teknologi ini. Misalnya kangkung, selada, pakcoy, caisim dan sebagainya.
  • Nutrisi hidroponik Karena pada system hidroponik, tanaman mendapatkan unsur hara dari larutan, maka larutan tersebut harus mengandung nutrisi.
  • Semai. Semaikan benih ke media yang sudah disiapkan. Pilih benih yang bernas (berisi). Gunakan pinset. Benih dibenamkan ke media sedalam kira-kira 2-5 mm
  • Penyiraman Benih yang sudah disemai disiram sampai media tanam menjadi basah. Gunakan air bersih, belum menggunakan pupuk.
  • Tutup kit dengan plastic selama 3-5 hari. Tujuannya agar media jadi lembab dan selalu hangat sehingga perkecambahan akan mudah. Benih akan berkecambah setelah 3-5 hari. Isi hidroponik kit dengan larutan nutrisi sampai menyentuh bagian bawah dari media tanam. Hidroponik kit harus diletakan pada tempat yang datar, mendapat sinar matahari dan sebaiknya tidak kena hujan. Apabila nutrisi berkurang, tambahkan lagi larutan nutrisi. Setelah 30 hari, sayuran bisa dipanen, tergantung jenis sayuran dan sinar matahari. Teknik ini sangat minim pemeliharaan

Demikianlah sekilas mengenai keunggulan tanaman Hidroponik semoga dengan ulasan diatas dapat menambah wawasan Anda dan menjadi alternatif media tanaman di lingkungan sekitar rumah Anda.