Cara Memulai Usaha Pangkas Rambut Atau Barber Shop

Cara Memulai Usaha Pangkas Rambut Atau Barber Shop – Usaha pangkas rambut memang merupakan salah satu jenis usaha dengan modal kecil dan bisa juga di jadikan usaha sampingan. Jika anda mempunyai keahlian memangkas rambut tidak ada salahnya anda membuka usaha pangkas rambut (BarberShop).

Cara Memulai Usaha Pangkas Rambut Atau Barber Shop

Cara Memulai Usaha Pangkas Rambut Atau Barber Shop

Peluang usaha pangkas rambut ini bisa berkembang pesat jika anda memang serius dan didukung dengan manajemen yang sangat baik. Atau jika anda tidak mempunyai keahlian tidak ada salahnya ikut kursus dan pelatihan. Usaha ini sangat prospektif, mengingat semua orang pasti membutuh jasa pangkas rambut dan selagi ada orang yang pangkas rambut selama itu pula usaha anda mengalirkan pundi-pundi rupiah. Maka dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan rincian untuk usaha barbershop. Selengkapnya :

Analisa modal usaha pangkas rambut

Perkiraan modal untuk membuka usaha pangkas rambut :

  • Seperangkat alat potong rambut lengkap diperkirakan Rp. 1.000.000,- sampai Rp. 2.000.000,-
  • Kursi pangkas rambut sedikitnya 2 set diperkirakan seharga Rp 1.000.000,- hingga Rp 4.000.000,-
  • Tempat bila diasumsikan menyewa harganya kira-kira Rp. 6.000.000,- per tahun.

Perkiraan penghasilan perbulan :

Pemasukan sehari dan perbulan dengan 15 orang perhari potong rambut.

  • 15 0rang x Rp 10.000,- : Rp 150.000,-
  • Pemasukan sebulan : Rp 150.000,- X 30 Hari = Rp 4.500.000,-

Hitung-hitungan :

  • Perkiraan biaya awal : Rp 8.000.000 sampai Rp. 12.000.000
  • Rata-rata pemasukan perbulan Rp. 4.5.00.000
  • Biaya awal – Pemasukan perbulan ( Rp. 8.000.000 – Rp.4.5.00.000 = Rp. -3.5.00.000)

Jadi perkiraan modal akan kembali sekitar 2 bulan. Bagaimana kalau pengunjung lebih dari 15 orang? Untuk penunjang perlengkapan ini Anda bisa sesuaikan sendiri. Harga bisa lebih rendah dari apa yang digambarkan di atas. Tambahan lain yaitu masalah kebersihan dan kesehatan harus diperhatikan. Jangan sampai rambut bekas dipangkas berantakan. Begitu pula untuk gunting atau alat cukur lainnya perhatikan unsur kesehatan. Bisa saja ada konsumen yang tidak mau BERBAGI alat kerok semacam silet atau alat cukur jenggot misalnya, karena takut penularan penyakit dari konsumen lain.

Tips menjalankan usaha barbershop

Perhatikan tempat usaha pangkas rambut

Cari lokasi yang strategis, jika perlu ada tempat parkir di depan tempat pangkas rambut, minimal untuk parkir kendaraan bermotor. Jangan lupa juga sediakan ruang tunggu untuk pelanggan yang antri menunggu giliran dicukur. Anda juga bisa melengkapi ruangan dengan air conditioning (AC) atau kipas angin.

Begitu pula mungkin Anda bisa melengkapi dengan menjual minuman dan makanan ringan. Sediakan pula televisi atau koran, majalah, dan bacaan lagi agar konsumen merasa betah walau sedang menunggu giliran dipangkas. Tempat bisa menjadi nilai jual utama bagi kenyamanan konsumen Anda.

Berikan layanan yang memuaskan

Usaha pengkas rambut ini merupakan usaha jual jasa, Anda dituntut untuk memberikan layanan terbaik. Anda bisa menentukan tarif jasa pangkas rambut. Untuk jasa cukur rambut zaman sekarang, harga jasa rata-rata Rp. 15.000,- per kepala. Belum lagi jika ada layanan lain misalnya adanya jasa cukur rambut khusus anak-anak atau cukur kumis dan jenggot.

Bagi Anda kaum perempuan, mungkin lebih identik dengan salon. Dimana ada juga yang mendirikan khusus potong rambut untuk kaum muslimah yang berjilbab. Ini menentukan segmentasi. Begitu pula untuk usaha potong rambut anak, biasanya tarif lebih besar karena mencukur rambut anak memiliki kesulitan tersendiri.Layanan lainnya jika Anda membuka usaha pangkas rambut skala sederhana adalah dengan adanya layanan pijat gratis di kursi pangkas saat sang pelanggan selesai dipangkas. Ini akan menjadi nilai lebih. Hal lainnya yang tak kalah penting, Anda harus update gaya-gaya model rambut zaman sekarang. Khususnya untuk anak muda. Jangan hanya Anda menempelkan poster model rambut zaman jadul di dinding.

Cara promosi bisnis potong rambut

  • Sebarkan brosur dengan menambahkan fasilitas-fasilitas menarik yang ada pada usaha Anda ini
  • Berikan diskon untuk pelanggan
  • Berikan pelayanan khusus seperti pemijatan
  • Berikan jaminan bagi pelanggan jika kurang puas dengan hasil cukuran, maka pembayaran gratis atau dibayar 50% saja misalnya
  • Pasang spanduk dengan informasi yang jelas mengenai usaha Anda, supaya calon pelanggan bisa semakin tertarik