Cara memulai usaha jualan aneka gorengan yang menguntungkan

Cara memulai usaha jualan aneka gorengan yang menguntungkan – Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya gorengan? Saat ini keberadaan usaha gorengan sudah banyak di menjamur dimana-mana, kebanyakan berupa gerobak yang mangkal di pinggir jalan. Sudah sejak lama makanan ini menjadi favorit masyarakat kita dari segala golongan, rasanya tidak pernah membosankan meski sudah sering kita mengkonsumsinya. Mulai dari balita hingga orang dewasa bisa menikmati lezatnya berbagai jenis bahan makanan ringan yang digoreng ini. Dalam hal usaha pun, dapat dipastikan bahwa para pedagang gorengan bisa meraih pangsa pasar yang sangat beragam.

Cara memulai usaha jualan aneka gorengan yang mengguntungkan

Cara memulai usaha jualan aneka gorengan yang mengguntungkan

Meskipun sudah banyak para pedagang yang menjalankan usaha ini, tetap kebanyakan dari mereka tidak pernah mengalami kekurangan pembeli karena begitu banyak peminatnya yang menyukai makanan ringan ini. Tidak ada salahnya jika kita pun ikut mencoba usaha gorengan, selama masih bisa menguntungkan itu bisa menjadi pilihan.

Tidak perlu ragu atau bahkan malu karena umumnya kebanyakan orang menyepelekan terhadap usaha ini. Sebaliknya kita harus bisa mengambil keuntungan dari hal ini, dengan menerapkan ide dan inovasi baru pada usaha gorengan, bukan tidak mungkin usaha yang di spelekan ini bisa sukses menjanjikan keuntungan.

Peluang usaha kuliner aneka gorengan

Tempat berjualan

Tempat untuk berjualan gorengan bisa berupa gerobak dorong dengan kisaran harga ratusan ribu rupiah. Bisa juga ditambahkan terpal jika Anda ingin berjualan menetap. Namun, jika tidak memungkinkan ataupun tidak menghendaki berjualan dengan menggunakan gerobak, Anda dapat menjual gorengan di rumah atau depan rumah, dengan tempat yang sederhana, misalnya etalase atau cukup dengan meja untuk meletakkan gorengan.

Selain itu, ada pula berbagai alternatif tempat berjualan lainnya, yakni di perempatan, depan gang, depan sekolah, gerbang kompleks perumahan, pinggir jalan yang ramai, dan lain-lain. Tentunya, dengan catatan bahwa tempat-tempat tersebut diperbolehkan untuk berjualan ataupun tidak mengganggu ketertiban umum.

Peralatan memasak

Untuk peralatan memasak tentu cukup dengan peralatan memasak yang sederhana, seperti kompor, wajan, dan serok untuk menggoreng (kalau bisa wajan yang besar agar dapat menampung banyak bahan yang digoreng), tempat plastik untuk meletakkan gorengan, alas penggiling jika diperlukan, serta tas plastik atau kresek. Sediakan pula cabai rawit, karena banyak yang beranggapan bahwa rasa gorengan itu tidak lengkap tanpa cabai rawit.

Harga gorengan

Harga yang bisa Anda tawarkan sekitar Rp 500 sampai Rp 750 per gorengan dengan keuntungan Rp 50 hingga Rp 100 per gorengan. Kisaran keuntungan yang sebesar itu dan gorengan yang terjual bisa mencapai ratusan buah, maka dalam satu bulan, Anda bisa mendapatkan keuntungan bersih hingga ratusan ribu rupiah. Hal ini juga tergantung pada seberapa banyak Anda menjjual gorengan per hari.

Sebenarnya, yang perlu diingat dalam usaha gorengan adalah dampak kesehatan yang bisa ditimbulkan. Namun, Anda tidak usah khawatir mengenai hal itu. Sebab, ada beberapa persoalan yang harus Anda utamakan dalam berbisnis gorengan.

Analisa modal usaha kuliner gorengan

Modal awal:

  • Bahan baku Rp 100.000
  • Gerobak Rp. 300.000
  • Peralatan Rp. 200.000
  • Lain-lain Rp. 50.000
  • Jumlah total modal awal : Rp. 650.000

Biaya Operasional per Hari:

  • Biaya bahan baku Rp. 100.000
  • Gas untuk memasak Rp. 15.000
  • Lain-lain Rp. 15.000
  • Jumlah total biaya operasional : Rp. 130.000

Pemasukan:

  • Misal per hari, gorengan yang laku terjual adalah sebanyak 350 gorengan, dan harga satu gorengan yang Anda jual adalah Rp. 500, maka Omset per hari adalah = Rp. 175.000
  • Laba bersih per hari : Rp. 175.000 – Rp. 130.000 = Rp. 45.000
  • Laba bersih per bulan : Rp. 45.000 x 30 = Rp. 1. 350.000

Pencarian terkait:

jualan gorengan yang menguntungkan , Kopi & Aneka Gorengan Kota Jakarta Pusat Daerah Khusus Ibukota Jakarta Indonesia , macam macam gorengan dan cara membuatnya