Cara memulai usaha berjualan fried chicken tanpa waralaba

Cara memulai usaha berjualan fried chicken tanpa waralaba – Mungkin anda sering kali menemui usaha fried chicken atau ayam crispy di berbagai tempat di perkotaan maupun di desa, karena bisnis fried chicken saat ini banyak di jalani oleh beberapa pelaku bisnis dimana mana. Fried chicken merupakan salah satu makanan yang berasal dari barat, dulu kuliner ini populer lewat berbagai restoran fast food terkenal kelas dunia seperti KFC, CFC, McDonald dan sebagainya ini, kini di modifikasi sedemikian rupa agar harganya terjangkau berbagai lapisan masyarakat.

Cara memulai usaha berjualan fried chicken tanpa waralaba

Cara memulai usaha berjualan fried chicken tanpa waralaba

Jika dahulu saat kita ingin menikmati fried chicken ini perlu merogoh kocek yang cukup dalam, karena memang hanya tersedia di restoran-restoran ternama seperti di atas, namun kini tidak lag banyak tempat dari mulai pinggir jalan, para pedagang fried chicken kelas grobakan pun sudah pandai membuatnya dengan bandrol harga yang pastinya tidak memberatkan siapa saja. Meski tentu saja dari segi citarasa dan kualitasnya bisa di katakan berbeda, namun racikan fried chicken ala pedagang ini tetap di minati masyarakat.

Nah, bagi Anda yang sedang mencari ide usaha atau peluang usaha makanan tidak ada salahnya jika mencoba usaha fried chicken. Selengkapnya :

Tips menjalankan usaha fried chicken laris pembeli

Pangsa pasar yang luas

Penggemar fried chicken tergolong luas cakupannya. Mulai masyarakat kelas bawah hingga atas suka dengan makanan ini. Karena itu pelaku usaha fried chicken tidak hanya pengusaha besar saja, tapi pengusaha kecil juga bisa membuka usaha yang sama.

Jadi meski modalnya terbatas, semua orang memiliki peluang sama untuk menjalankan usaha fried chicken. Asal produknya memiliki citarasa yang lezat dan istimewa, pasti dapat bersaing dengan pelaku lain.

Menciptakan bumbu masakan sendiri

Agar kebutuhan modalnya bisa ditekan, sebaiknya menggunakan resep bumbu sendiri. Selain itu jika memakai bumbu sendiri usaha fried chicken tersebut akan mempunyai rasa yang tidak dimiliki oleh penjual lain.

Dengan keistimewaan bumbu ciptaan sendiri, akan tercipta sebuah peluang lebih besar untuk meraih laba dari usaha fried chicken yang dijalankan. Sistem ini sangat berbeda dengan usaha sejenis yang dilakukan melalui konsep waralaba.

Jika menggunakan sistem waralaba dalam usaha fried chicken, produk ayam gorengnya akan memiliki citarasa yang sama dengan pelaku franchise lainnya. Kondisi ini menjadikan tingkat persaingan bisa bertambah ketat.

Mencari lokasi usaha

Setelah berhasil menemukan resep masakan yang lezat, saatnya mencari lokasi usaha untuk mengawali usaha fried chicken yang mau dibuka. Lokasi paling strategis untuk menjalankan usaha ayam goreng ini adalah pusat keramaian seperti terminal, lapangan olahraga atau pasar dan obyek wisata.

Membuat kemasan

Karena modalnya kecil, sebaiknya produk usaha fried chicken tersebut dijual dalam bentuk kemasan. Jika dimakan di tempat, tentu membutuhkan meja dan kursi sehingga perlu ruangan yang lebih besar. Hal ini sangat berpengaruh terhadap nilai kontrak lokasi jualannya.

Untuk menjaring konsumen yang lebih banyak, kemasan harus dibuat indah dan unik. Jangan hanya memakai kertas pembungkus atau plastik biasa. Kemasan yang dibuat dengan tampilan istimewa bisa meningkatkan omzet usaha fried chicken karena pembeli merasa senang.

Modal usaha berjualan fried chicken

Modal awal :

  • Gerobak alumunium : Rp 2.500.000
  • Peralatan masak lengkap : Rp 1.500.000
  • Sewa Tempat : Rp 800.000
  • Gaji karyawan : Rp 750.000
  • Total : Rp 5.350.000

Asumsi omset 10 Ekor per hari

Modal Bahan baku Fried Chicken / hari

  • Ayam broiler : Rp 250.000
  • Minyak goreng : Rp 100.000
  • Gas : Rp 36.000
  • Saos kemasan : Rp 25.000
  • Kantong : Rp 35.000
  • Total : Rp 446.000

Pendapatan : ( asumsi ayam di potong 9 bagian )

  • Dada/10 potong @ Rp 8.500 = Rp 85.000
  • Dada Atas/20 potong @ Rp 8.500 = Rp 175.000
  • Paha Atas/20 potong @ Rp 8.500 = Rp 175.000
  • Paha Bawah/20 potong @ Rp 7.000 = Rp 140.000
  • Sayap/20 potong @ Rp 8.500 = Rp 140.000
  • Total = Rp 715.000

Asumsi Keuntungan / hari

Profit : Pendapatan – Modal
Profit / hari : ( Rp 715.000 – 446.000) = Rp 269.000

Dalam satu bulan ( 25 hari ) total pendapatan : Rp 6.725.000

Pencarian terkait:

usaha fried chicken jajan sekola