Cara Membuat Kolam Lele dengan Lahan Terbatas

Ide Bisnis di Sektor Perikanan – Sekarang ini banyak sekali orang yang ingin membuat usaha yang bisa dikerjakan tanpa harus meninggalkan rumah terlalu jauh. Oleh karena itu Anda bisa mencoba untuk melakukan usaha budidaya ikan lele. Usaha budidaya ikan lele memang semakin diminati dengan berbagai alasan. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai Cara Membuat Kolam Lele dengan Lahan Terbatas. Semoga dapat membantu anda yang hendak membudidayakan ikan lele di sekitar rumah.

cara membuat kolam lele dengan lahan terbatas

cara membuat kolam lele dengan lahan terbatas

Sebenarnya dengan lahan yang berukuran panjang 5 meter dan lebar 4 meter saja, Anda juga sudah bisa membuat sebuah kolam untuk membudidayakan ikan lele. Untuk memulai budidaya ikan lele ini, anda bisa memulainya dengan menyiapkan kolamnya terlebih dahulu. Terdapat berbagai macam jenis kolam ikan lele yang bisa anda pilih salah satu, seperti galian tanah yang membentuk kolam, tanah dengan terpal, bambu dengan terpal, dan lain sebagainya.Yang jelas pada intinya kolam merupakan wadah yang akan digunakan untuk menampung air sebagai media budidaya ikan lele. Sementara untuk jenis kolam dan ukurannya, bisa anda sesuaikan sendiri dengan budget atau anggaran yang anda buat yang juga erat hubungannya dengan kapasitas panen anda nantinya.

Prospek bisnis Ikan Lele

Selanjutnya sebagai gambaran, jika anda mempunyai kolam selebar 5 x 4 meter atau sekitar 20 M2, maka kolam tersebut bisa menampung ikan lele sebanyak 1800-2000 ekor. Lalu untuk kapasitas panennya, hal itu tergantung dengan berapa ukuran panen yang anda inginkan selanjutnya.Kesimpulannya jika anda memiliki lahan untuk membuat kolam ikan lele seluas 5 x 20 meter atau 100 M2 maka itu sudah cukup untuk membuat 5 kolam yang berukuran 5 x 4 meter, sehingga Anda juga berpeluang untuk mendapatkan panen dengan kapasitas lebih dari 1 ton.

Aturlah supaya ikan yang ada di kolam tidak terlalu sedikit ataupun terlalu banyak, sehingga hasil panennya bisa optimal. Sedangkan untuk metode tebar padat,resiko kematian ikanakan semakin diperburuk dengan tidak adanya sirkulasi dan teknologi mutakhir. Oleh karena itulah anda harus benar – benar memperhitungkan jumlah ikan lele yang anda tebar dalam satu kolam. Jika terlalu banyak maka bisa saja ikan – ikan tersebut akan mati dalam jumlah yang banyak pula dalam satu kolam, dan hal tersebut tentu akan membuat anda rugi. Anda juga harus selalu memperhatikan kualitas air dalam kolam, jangan malas untuk mengganti air jika sekiranya kualitasnya sudah tidak bagus lagi untuk habitat ikan lele.

Itulah ulasan mengenai “Cara Membuat Kolam Lele dengan Lahan Terbatas”. Semoga ulasan kami bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda. Sekian dan terimakasih atas kunjungan anda.