Cara Lengkap Bisnis Ternak Burung Kacer

Ternak Burung Kacer dan Cara Merawatnya- Burung kacer merupakan burung dengan sifat fighter atau burung petarung, sehingga sampai saat ini kelas kontes burung kacer selalu ramai. Burung kacer mempunyai beberapa keunikan saat diadu atau dilombakan. Suara lantang dan ekornya terbuka seperti kipas, yang sering disebut sobat burung kicau dengan istilah ngobra. Burung kacer badannya bisa meliuk–liuk saat lomba atau beradu, badannya yang tegap, kaki mencengkram kuat dan berdiri kokoh serta leher sampai kepalanya. Karena dengan banyaknya pencinta burung yang lebih memilih burung kacer sebagai burung aduan sehingga tidak banyak para kalangan pencinta burung lebih mengutamakan membudidayakannya.

Cara Lengkap Bisnis Ternak Burung Kacer

Cara Lengkap Bisnis Ternak Burung Kacer

Cara Budidaya Ternak Burung Kacer Yang Benar

Dalam beternak burung kacer memang sangat menjanjikan dan menguntungkan, apalagi kalau burung kacer ternakannya produktif dan menghasilkan banyak anakan. Agar berhasil dalam beternak burung kacer tentunya membutuhkan banyak hal, termasuk kesungguhan, ketelitian, ketelatenan, dan kesabaran yang sangat tinggi, khususnya bagi pemula. Tidak sedikit para peternak pemula yang gagal, dan memilih berhenti di tengah jalan hanya karena hal-hal tertentu. Seperti induk jantan dan betina tidak mau berjodoh, atau sebab-sebab lainnya. Dibawah ada langkah budidaya ternak burung kacer.

Langkah-langkah yang harus kalian lakukan sebelum budidaya ternak burung kacer :

  • Mengetahui Jenis Kelamin Burung Kacer
    Secara fisik jantan dan betina burung kacer mudah dibedakan terutama yang sudah dewasa. Pada jantan, bulu hitam pada kepala dan dada mengkilat, sementara yang betina berwarna abu-abu. Sementara untuk usia trotolan, maka semburat warna hitam pada jantan sudah terlihat meski hanya pada satu dua bulu, sementara trotolan betina hanya warna gelap atau hitam pudar cenderung abu-abu.
  • Pemilihan Indukan Burung Kacer
  1. Jika pilihan untuk kicauan, tentunya yang berkelamin jantan, dengan ciri warna bulu hitam yang tegas mengkilap dan kontras.
  2. Bentuk paruh, sebaiknya pilih bentuk paruh yang berpangkal lebar, tebal, besar dan panjang. Paruh bagian bawah harus lurus. Jangan memilih bahan yang memiliki paruh bengkok. Posisi lubang hidung pilih sedekat mungkin dengan posisi mata.
  3. Kepala berbentuk kotak, mata bulat besar dan melotot. Ini menandakan burung ini mempunyai mental tempur yang baik.
  4. Postur badan, pilihlah bahan yang berpostur sedang dengan panjang leher, badan dan ekor serta kaki yang serasi. Jangan memilih bahan yang berleher dan berbadan pendek.
  5. Sayap mengepit rapat dan kaki mencengkram kuat, ini menandakan bahan tersebut sehat. Pilihlah kaki yang besar dan terlihat kering. Warna kaki tidak berpengaruh terhadap mental burung.
  6. Lincah dan bernafsu makan besar. Ini merupakan ciri-ciri bahan yang bermental baik.
  7. Leher panjang padat berisi. Menandakan burung ini akan mengeluarkan power suara secara maksimal.
  • Pembuatan Kandang Burung Kacer
    Siapkan kandang untuk burung yang akan diternak buat saja kandang dengan panjang 100cm, lebar 100cm dan tinggi 200cm. kami sarankan untuk membuat kandang ternak kacer dari bahan kayu balo, karena struktur kayu balo kerasa dan baik untuk bahan baku kandang ternak kacer. Selain itu kayu balo bisa dibilang menjadi jenis kayu yang tahan dari serangan hama rayap yang sering menyerang kayu, selain itu kayu balo juga lebih ekonomis dari pada kayu jati. Komponen–komponen pendukung untuk kandang ternak yaitu pangkringan untuk burung kacer bertengger, tempat untuk makan dan minum, glodok sarang, tumbuhan kecil–kecil, kolam kecil, tulang sotong.
  • Penjodohan Burung Kacer
    Tahap penjodohan tidak selalu mudah, karena ada karakter kacer yang selalu bertengkar saat dimasukkan dalam kandang yang sama untuk dijodohkan. Untuk teknik penjodohan indukan kacer anda bisa melakukan langkah-langkah adalah dengan cara memasukkan indukan kacer jantan anda ke dalam kandang, kemudian masukkan indukan kacer betina dalam sangkar ke kandang dan tunggu reaksi kedua indukan kacer tersebut apakah sudah terlihat rukun atau belum. Selanjutnya ciri-ciri indukan kacer sudah rukun adalah kacer jantan terus berkicau sambil mendekat ke betina, dan si betina meresponnya dengan turun kedasar sangkar sambil berkicau khas kacer betina. Kalau belum jodoh, biasanya betina akan menghindar dan cuek kepada kacer jantan.
  • Tahap Bertelur
    Ini adalah fase ketika kedua induk masuk dalam satu kandang dan kawin, maka induk betina akan bertelur dengan jumlah 2 hingga 3 telur dalam satu periode musim ternak kacer. Dalam periode setelah penjodohan dan sebelum bertelur, kandang harus selalu tersedia tulang sontong yang mana nutrisi dari tulang sontong baik untuk membentuk cangkang telur kacer supaya kokoh dan piyik juga tidak cacat. Setelah bertelur, biasanya indukan akan mengerami telut itu selama 2 minggu terhitung dari telur kacer pertama keluar dari induk kacer betina. Setelah dierami 2 minggu, biasanya telur bisa menetas. Ketika piyik sudah terlihat, maka perlu ditambahkan kroto dan jangkrik dalam kandang ternak agar indukan betina bisa memberi makan kepada piyik yang baru saja lahir tersebut.
  • Tahap Meloloh dan Menyapih Piyik
    Di bagian ini kalian membutuhkan waktu selama 3 hingga 4 minggu untuk indukan betina memberi makan untuk piyik sehingga piyik bisa makan sendiri tanpa bantuan induknya. Di masa pelolohan itu, kalian harus rajin menyediakan stok kroto, jangkrik, belalang dalam kandang ternak, agar indukan tidak bingung mencarikan makan piyik. Ketika piyik sudah mampu makan dengan sendirinya, dan indukan juga sudah sering mematuki piyik ketika mendekat. Maka saat itulah indukan akan kembali bertelur dan piyik harus segera dipisah dari induknya. Tahap tersebut merupakan taap menyapih dalam dunia ternak kacer yang benar. Ketika dipisah dari induknya, maka pemberian makan untuk piyik yaitu dengan voor, belalang, jangkrik dan kroto.

Itulah pembahasan tentang “Cara Lengkap Bisnis Ternak Burung Kacer”, semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi kalian yang ingin berbisnis ternak burung kacer khususnya bagi pemula.

Pencarian terkait:

budidaya kacer di sangkar gantung , peluang kacer di tahun 2018