Cara Lengkap Bisnis Ternak Ayam Bangkok Berkualitas

Cara Lengkap Bisnis Ternak Ayam Bangkok Berkualitas – Ayam bangkok merupakan jenis ayam yang berbeda dari jenis ayam lainnya, hal ini dikarenakan ayam bangkok memilik tubuh yang besar, dan tinggi. Dengan tubuh yang besar dan tinggi membuat ayam bangkok ini menjadi ayam aduan di kalangan masyarakat. Selain untuk ayam aduan, ayam bangkok ini biasa dijadikan sebagai usaha sampingan yaitu membudidayakannya karena ayam bangkok ini harga jualnya semakin tinggi dari hari ke hari. Apalagi ayam yang selalu menang dalam lomba aduan ini harga jualnya bisa mencapai jutaan rupiah. Selain itu usaha berternak ayam bangkok merupakan salah satu usaha yang dapat meningkatkan pendapatan. Seperti telah dijelaskan sebelumnya, usaha berternak ayam bangkok merupakan usaha yang prospektif karena permintaan terhadap ayam bangkok dari masyarakat tiap tahunnya meningkat. Dengan berkembangnya usaha beternak ayam bangkok, tidak hanya peternak ayam bangkok saja yang meningkat pendapatannya, tetapi juga para perajin sangkar, para penjual makanan ayam atau industri yang berkecimpung membuat pakan buatan, juga penjual obat-obatan unggas.

Cara Lengkap Bisnis Ternak Ayam Bangkok Berkualitas

Cara Lengkap Bisnis Ternak Ayam Bangkok Berkualitas

Cara Budidaya Ternak Ayam Bangkok

Bisnis budidaya ternak ayam bangkok sebanarnya sangatlah mudah, yang perlu kalian perhatikan dalam berternak ayam bangkok adalah pemilihan induk bangkok yang bagus, baik induk bangkok maupun pejantan bangkok. Untuk menghasilkan peranakan bangkok yang baik sebaiknya dalam pengawinan induk dan pejantan bangkok herus dalam keadaan sehat, karena jika dalam pengawinan tersebut salah satu diantaranya sakit atau mempunyai kelainan, bisa menyebabkan peranakan bangkok yang kurang bagus atau masih mempunyai kelainan yang menyebabkan harga ayam tersebut terpengaruh atau lebih murah. Inilah langkah-langkah yang harus kalian persiapkan dalam memulai bisnis ternak ayam bangkok, diantaranya adalah :

A. Pemilihan Induk Ayam Bangkok
Sebelum beternak ayam bangkok kalian harus memilih indukan jantan dan betina yang sehat. Dibawah ini adalah cara memilih indukan jantan dan betina yang baik dan sehat :

  • Indukan Jantan
  1. Kepala besar berbentuk bulat memanjang atau lonjong.
  2. Mata bersinar tajam.
  3. Paruh panjang kuat dan kokoh, warna putih kekuning-kuningan, mempunyai alur memanjang dari ujung -paruh ke arah lubang hidung.
  4. Jengger berbentuk blangkon atau sumpel dengan warna merah segar.
  5. Leher besar panjang dan kokoh, ditumbuhi bulu-bulu pendek mengilat.
  6. Badan bulat memanjang dengan dada bidang dan kekar.
  7. Sayap menempel ketat dengan bulu panjang, keras, dan kaku dan bulu ekor lebat, panjang, kaku, kuat, dan meruncing kebelakang.
  8. Seluruh warna bulu harus mengkilat, warna bulu yang kusam menunjukkan ayam yang kurang sehat.
  9. Paha besar, kaki panjang kuat berbentuk belimbing atau bulat dengan sisik menonjol tersusun teratur dan kering, serta jari-jari kaki kecil memanjang.
  10. Berat badannya minimum 3 kg, lebih berat lebih baik.
  11. Berpenampilan gagah, kekar, dan energik. Cara berjalannya tegap dan menampakkan kejantanannya.
  12. Rajin mencari makan di dalam kandang dengan mencakar-cakar tanah.
  13. Umur paling rendah 1,5 tahun. Jika kalian mendapat ayam bangkok jantan yang memenuhi persyaratan tetapi umurnya masih muda, sebaiknya diambil saja karena ayam ini nantinya baik untuk pejantan.
  • Indukan Betina
  1. Berperawakan tinggi besar dengan potongan punggung rata atau agak miring sedikit ke arah ekor.
  2. Bentuk kepala lonjong seperti buah pinang dengan mata bening bercahaya yang letaknya agak tersembunyi dan terkesan sipit, leher panjang dan berbulu.
  3. Warna kulit kemerah-merahan.
  4. Bentuk dada bidang lebar dan kuat.
  5. Kaki bulat atau berbentuk belimbing panjang kuat dengan sisik tersusun rapi dan kering serta tidak budukan.
  6. Bulu badan, sayap, dan bulu ekor lebat dan lemas serta berwarna hitam kumbang berkilat.
  7. Dubur lebar, bulat, dan basah.
  8. Kulit disekitar dubur tidak berkerut.
  9. Umur paling tidak 10 bulan, ayam bangkok betina yang terlalu tua biasanya sudah mandul atau tak dapat bertelur.

Dengan memperhatikan ciri-ciri tersebut, diharapkan untuk kalian atau peternak memelihara ayam bangkok yang benar-benar unggul. Induk yang unggul membuat kemurnian jenis keturunannya tetap terjaga dan membuat harga jualnya semakin tinggi.

B. Pemeliharaan dan Kandang Ayam Bangkok
Kandang dan pemeliharaan merupakan salah satu yang terpenting dalam ternak ayam bangkok, karena ayam bangkok tidak dapat hanya dikandangkan saja tanpa dipelihara. Atau sebaliknya, tak mungkin ayam bangkok dipelihara tanpa mempunyai kandang. Ayam bangkok yang dipelihara dan dikandangkan dengan asal-asalan jelas kurang mendatangkan manfaat bagi pemiliknya. Inilah panduan yang harus kalian perhatikan sebelum membuat kandang ayam bangkok :

  • Lokasi kandang harus jauh dari rumah sekurang-kurangnya 5 meter dari rumah.
  • Lokasi usahakan pada tempat yang datar dan mempunyai pelindung yang berupa pohon pelindung ataupun tembok atau pagar disekitar kandang agar kandang tidak kena angin dan terik matahari siang hari secara langsung.
  • Mempunyai saluran parit atau selokan yang lancar sehingga waktu hujan air tidak tergenang.
  • Diutamakan dilokasi banyak tumbuh rumput, karena ayam sangat suka dengan dedaunan sebagai pengganti sayuran.
  • Arah kandang menghadap sinar Matahari, diutamakan dibuat serong menghadap sinar matahari pagi.
  • Arah kandang tidak boleh berlawanan dengan arah angin karena virus penyakit sering kali tersalurkan melalui angin.
  • Atap kandang harus baik sehingga waktu hujan tidak kemasukkan air dan dapat terhindar dari tempias air hujan.
  • Untuk kandang model panggung Kandang harus memiliki ketinggian yang cukup dari permukaan tanah sekurang-kurangnya 50 cm.
  • Untuk kandang model panggung Kaki kandang harus dialas dengan batu atau balok cor atau ember atau kaleng cat yang dicor dengan semen gunanya menghindari kelapukkan pada kaki kandang.
  • Kandang memiliki fentilasi yang baik sehingga ayam di dalam kandang selalu mendapatkan udara yang segar.

C. Perjodohan Ayam Bangkok
Menjodohkan dalam beternak ayam bangkok dimaksudkan untuk mendapatkan keturunan yang berkualitas. Tanpa usaha penjodohan induk betina bebas kawin dengan sembarang jago bangkok atau jago kampung yang diumbar di pekarangan, dan akan dihasilkan keturunan yang tidak dapat dipertanggungjawabkan mutunya. Mungkin keturunan yang dihasilkan mempunyai sosok tubuh kecil seperti ayam kampung. Menjodohkan induk bukanlah pekerjaan yang sulit, terutama bagi peternak yang sudah berpengalaman. Hal yang sulit adalah mencari bakal pejantan dan indukan yang berkualitas tinggi. Mengawinkan induk bisa dilakukan di kandang umbaran atau dengan sistem penjodohan tembak. Caranya induk betina dipegangi, lalu induk jantan akan mengawini induk betina. Cara ini terkenal paling efektif dan cepat menghasilkan keturunan. Induk jantan yang baik biasanya tidak terlalu sulit dikawinkan dengan cara penjodohan tembak. Jika induk jantan tidak mau mengawini induk betina dengan cara penjodohan tembak, sebaiknya induk jantan dan induk betina dikawinkan di dalam kandang umbaran.

D. Pakan Ayam Bangkok
Dengan diberikannya pakan yang bergizi diharapkan ayam bangkok tersebut dapat tumbuh normal hingga dewasa dan tak pernah terserang penyakit. Dengan demikian setelah dewasa ayam bangkok jantan akan mempunyai bentuk tubuh yang kekar dan tegap, otot-otot yang kuat, tulang yang besar dan kuat, bulu-bulu yang subur dan mengkilat, serta mempunyai stamina dan daya tahan tubuh yang kuat. Selain diberi pakan yang bergizi, untuk mencetak ayam bangkok aduan yang tangguh juga diberikan perawatan khusus, kesabaran, dan ketekunan dari peternak.

E. Pencegahan Penyakit Ayam Bangkok
Inilah daftar penyakit yang akan sering kalian alami dalam ternak ayam bangkok :

  • Penyakit Snot
    Penyakit Snot atau coryza disebabkan oleh bakteri Haemophillus gallinarum. Penyakit Snot dapat menyerang semua umur ayam dan terutama menyerang anak ayam, biasanya penyakit ini muncul akibat adanya perubahan musim dan banyak ditemukan di daerah tropis. Perubahan musim biasanya akan mempengaruhi kesehatan ayam. Angka morbiditas kawanan unggas bervariasi antara 1-30%. Mortalitas atau angka kematian yang ditimbulkan oleh penyakit ini mencapai 30%. Cara pengobatannya dengan pemberian preparat sulfat seperti sulfadimethoxine atau sulfathiazole. Pemberian sulfonamida dapat dikombinasikan dengan tetrasiklin untuk mengobati coryza dan dapat diberikan melalui air minum atau disuntikkan secara intramuskular. Perhatikan withdrawal time pada ayam petelur karena obat tersebut dapat mengkontaminasi telur dan kualitas dari kerabang telur.
  • Penyakit Berak Kapur (Pullorum)
    Pullorum merupakan penyakit menular pada ayam yang dikenal dengan nama berak putih atau berak kapur (Bacilary White Diarrhea). Penyakit ini menimbulkan mortalitas yang sangat tinggi pada anak ayam umur 1-10 hari. Selain ayam, penyakit ini juga menyerang unggas lain seperti kalkun, puyuh, merpati, beberapa burung liar. Pullorum atau Berak kapur disebabkan oleh bakteri salmonella pullorum dan bakteri gram negatif. Bakteri ini mampu bertahan ditanah selama 1 tahun. Cara pengobatannya dengan menyuntikkan antibiotik seperti furozolidon, coccilin, neo terramycin, tetra atau mycomas di dada ayam. Obat-obatan ini hanya efektif untuk pencegahan kematian anak ayam, tapi tidak dapat menghilangkan infeksi penyakit tersebut. Sebaiknya ayam yang terserang dimusnahkan untuk menghilangkan karier yang bersifat kronis.

Cara Pemasaran Ayam Bangkok

Untuk pemasaran ayam bangkok ini tergolong gampang, kalian hanya perlu menjual hasil ternak kalian di pasar ayam di sekitar kalian. Atau dengan cara membuat selebaran info jual ayam bangkok berkualitas. Atau dengan cara pergi ke lomba aduan ayam, lebih bagus jika ayam kalian ikut lomba aduan dan menang dalam lomba aduan tersebut, mungkin ayam bangkok kalian akan mendapat harga jual yang sangat tinggi.

Itulah penjelasan Cara Lengkap Bisnis Ternak Ayam Bangkok Berkualitas. Semoga berguna dan bermanfaat untuk kalian yang akan memulai bisnis yang menjanjikan tersebut.

Pencarian terkait:

tips membuat kandang merpati sehat dan nyaman , ayam bangkok pangkas com , kandang ayam jawa koloni , model kandang ayam bangkok , peluang usaha jual pakan burung di palembang , sosis buat ayam bangkok , sosis untuk ayam aduan , tips & cara membuat kandang ayam bangkok