Cara Jitu Untuk Memperluas Jaringan Bisnis Kewirausahaan

10 Kiat Sukses Untuk Memperluas Jaringan Usaha Dan Kewirausahaan – Setiap usaha pasti memiliki strategi penjualan yang berbeda-beda, demi menarik minat konsumen untuk menggunakan jasa atau membeli produk yang mereka tawarkan. Demi meningkatkan hasil penjualan para pelaku bisnis menerapkan berbagai macam strategi, mulai dari mulut ke mulut sampai bahkan melibatkan stasiun TV dan media digital, ini membuktikan pentingnya strategi penjualan untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

Cara Jitu Untuk Memperluas Jaringan Bisnis Kewirausahaan

Cara Jitu Untuk Memperluas Jaringan Bisnis Kewirausahaan

Sebuah bisnis akan sulit berkembang tanpa adanya relasi di dalamnya. Lalu apa yang harus dilakukan oleh pelaku usaha dalam rangka mengembangkan jaringan koneksinya?

Ada banyak cara yang bisa dilakukan, namun yang terpenting adalah take action. Bersikap pasif tentu akan membuat Anda kehilangan peluang dalam mempeluas jaringan bisnis, berikut beberapa pola pikir yang dapat Anda terapkan untuk memperluas jaringan bisnis:

1. Anggap setiap orang yang Anda temui adalah penting
Mulai saat ini ubahlah mindset Anda, anggaplah orang-orang di sekitar Anda adalah orang-orang yang penting dan harus diperlakukan dengan baik dan rasa hormat.

2. Aktif berinteraksi
Jangan hanya fokus berinteraksi pada satu kelompok tertentu saja. Bersikap terbuka dengan bergabung dengan beberapa komunitas yang bukan mainstream Anda akan membuka peluang yang lebar dalam membangun jaringan.

3. Setiap orang memiliki kebutuhan
Masing-masing orang mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda tentunya. Dengan menyadari hal tersebut maka ini merupakan kesempatan yang harus Anda manfaatkan sebaik mungkin untuk menangkap peluang yang ada. Anda bisa mengetahui kebutuhan orang yang Anda kenal atau mungkin menghubungkan mereka dengan pihak lain yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Dengan demikian Anda bisa memperluas jaringan bisnis Anda.

4. Setiap orang memiliki orang terdekat
Jangan pernah memandang remeh seseorang, bisa saja orang tersebut memiliki teman atau keluarga yang mungkin dapat membantu Anda dalam mengembangkan usaha. Tanamkan pada diri Anda bahwa orang yang Anda kenal memiliki potensi untuk mengembangkan bisnis.

5. Menjalin komunikasi
Lakukan pendekatan pada mereka dengan menjalin komunikasi yang saling menghormati akan membuat orang yang Anda temui merasa nyaman dan dihargai.

6. Menggunakan media digital
Dimasa sekarang ini orang lebih banyak menghabiskan waktunya untuk berselancar di dunia maya ( internet ). Sepertinya akan lebih mudah menggait pelanggan yang aktif di dunia maya ini, dengan cara menjual produk kita melalui Jejaring social seperti ( facebook, twitter, blog, youtube, BBM, Line, Wechat dan Instagram), selain murah, jangkauan jejaring social tersebutpun sangat luas, kali saja bisa menarik minat konsumen dari luar negeri. Apalagi di dukung banyak nya kesibukan orang / calon konsumen yang tidak sempat pergi berbelanja ke tempat jauh, saya rasa cara ini sangat jitu.

7. Jujur terhadap konsumen
Sederhana namun sangat besar manfaatnya bagi usaha yang sedang di rintis, ini akan berdapak kepada loyalitas dan kepercayaan konsumen terhadap usaha kita, banyak orang yang teknik penjualannya berlebihan / mendramatsir kemampuan produk yang mereka tawarkan, hal tersebut akan menarik minat konsumen untuk membelinya, namun lambat laun, konsumen akan tersadar sendirnya bahwa kemampuan tersebut tidak sesuai dengan apa yang di katakan. “ ini bisa merusak kepercayaan konsumen terhadap usaha yang sedang kita rintis “.

8. Memberikan Sampel Gratis
Pada usaha border yang sedang saya kembangkan, memberikan sampel Gratis kepada pelanggan merupakan hal yang perlu dilakukan demi kenyamanan pelanggan dan meningkatkan rasa loyalitas pelanggan terhadap usaha ini. Sampel gratis tersbut bisa dikemas dengan berbagai cara sperti baju, topi, bedge, tas, dasi dsb.

9. Memudahkan pelanggan
Pelanggan sangat senang dengan cara-cara sederhana dan mudah, tanpa harus di ribetkan dengan berbagai cara. Memudahkan pelanggan mungkin bisa lebih menarik minat pelanggan tersebut untuk menggunakan jasa kami. Dari pesaing di usaha sejenis yang saya kembangkan, kebanyakan mereka hanya menunggu pelanggan yang akan dating untuk menggunakan jasa bordir mereka namun hal tersbut saya rasa tidak efektif. Dengan cara antar jemput yang kami terapkan mungkin akan lebih banyak menarik minat pelanggan.

10. Memperluas Jaringan usaha
Pentingnya memperluas jaringan bagi usaha itu bisa memperbanyak dan memperluas jangkauan usaha yang sedang kita jalani, banyak cara memperluas jaringan tersebut seperti melakukan kerjasama dengan usaha lain, dan pada usaha yang saya jalani ini kami bekerjasama dengan usaha konveksi yang ada di sekitar , dan bekerjsama dengan usaha video shooting lain jika mereka kewalahan dalam editing video dan banyak cara lain untuk memperluas jaringan.

Komunikasi yang seperti itu akan membentuk hubungan yang Anda bangun menjadi lebih awet dan memungkinkan jaringan Anda semakin berkembang.

Berkembangnya jaringan bisnis yang Anda miliki tentu akan menentukan seberapa keuntungan yang Anda bisa dapatkan pada bisnis Anda. Jadi tunggu apalagi? Kembangkan jaringan bisnis Anda mulai dari sekarang. Muhammad yang notabene seorang nabi dan rasul memiliki konsep tersendiri tentang dunia marketing ?, dan memang benar bahwa Nabi Muhammad memiliki cara yang kebanyakan orang sukses juga melakukannya.