Cara dan Tips Memulai Usaha Agrobisnis

Cara dan Tips Memulai Usaha Agrobisnis – Pada masa sekarang ini, agribisnis atau orang yang biasa sebut dengan agrobisnis merupakan salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan dengan hasil yang cukup menggiurkan. Salah satu bidang agribisnis/agrobisnis yang banyak dilirik adalah agrobisnis pertanian dan perkebunan. Peluang usaha dalam bidang agrobisnis pertanian merupakan peluang usaha yang dilirik karena ini merupakan peluang bisnis dengan modal kecil dan merupakan peluang bisnis rumahan yang bisa kamu geluti sebagai bisnis pokok atau juga sebagai peluang usaha sampingan yang menjanjikan.

Cara dan Tips Memulai Usaha Agrobisnis

Agrobisnis sendiri pada dasarnya mengacu pada kegiatan pertanian dan perkebunan dalam bentuk apapun dan sekarang termasuk salah satu kegiatan ekonomi, dalam hal ini berarti semua hasil produksi akan dipasarkan dan memperoleh keuntungan finansial. Pada zaman sekarang, usaha agrobisnis berbeda dengan usaha pertanian yang dilakukan oleh petani pada masa dahulu yang hanya untuk memenuhi kebutuhan pribadinya saja.

Sistem Peluang Usaha Agrobisnis

Usaha agrobisnis dapat berjalan lanjar apabila keseluruhan sistem peunjang berjalan dengan lancar, yang berarti para pelaku usaha agrobisnis tidak dapat menjalankan usaha mereka sendiri.

Usaha agrobisnis memiliki sistem dan sub-sistem yang saling berkaitan, meliputi :

  • Penyediaan sarana produksi
    Segala kegiatan yang menyangkut kegiatan pengadaan segala aspek pendukung terlaksananya kegiatan pertanian tersebut seperit perencanaan, penyediaan teknologi dan penyediaan sumber daya alam dan sumber daya manusia.
  • Proses produksi
    Segala kegiatan yang menyangkut pengelolaan usaha agribisnis seperti pengelolaan pertanian, pola tanam, penyediaan komoditas dan berbagai aspek lainnya.
  • Pengolahan hasil
    Proses pengolahan hasil mencakup area yang lebih luas, dan tidak hanya terbatas pada area pengolahan secara sederhana. Peningkatan upaya pengolahan hasil pertanian yang ada akan menambah nilai mutu dan kualitas produk pertanian tersebut sehingga akan meningkatkan daya saing dan harga jual di pasaran.
  • Pemasaran
    Upaya pemasaran merupakan sub bagian yang tidak kalah penting. Pemasaran hasil agribisnis itu sendiri meliputi semua tingkatan mulai dari tingkatan lokal hingga tingkatan internasional bila memungkinkan.
  • Penunjang
    Bagian penunjang disini lebih mengacu pada berbagai pihak atau lembaga yang mendukung kelancaran kegiatan sebelum dan sesudah panen, sebagai contohnya adalah pihak bank sebagai penyedia kredit untuk modal, kelompok tani, kegiatan penyuluhan, koperasi, kebijakan pemerintah dan kegiatan pelatihan dan pengembangan.

Usaha Pertanian di Lahan Terbatas

Usaha agrobisnis bisa dilakukan dimana saja dan tidak terbatas pada area/lahan yang luas saja. Mungkin sebagian besar orang yang akan memulai bisnis ini merasa hambatan terbesar mereka ketika akan memulai bisnis dalam bidang ini adalah karena keterbatasan lahan. Padahal sebenarnya hal ini bisa disiasati sehingga usaha agrobisnis yang akan anda mulai tetap dapat berjalan dengan lancar.

Beberapa strategi yang bisa anda manfaatkan untuk mensiasati keterbatasan lahan dalam usaha agrobisnis antara lain:

  • Memilih jenis tanaman
    Memilih jenis tanaman yang memang tidak membutuhkan area tanam yang luas seperti sayur, budidya bibit dan lainnya. Jenis tanaman seperti ini jauh lebih cocok untuk lahan yang terbatas.
  • Menggunakan sistem pertanian vertikultur
    Untuk mensiasati lahan yang sempit, anda bisa menggunakan sistem pertanian vertikultur. Sistem pertanian vertikultur adalah sistem pertanian dengan model penanaman tanaman secara bertingkat. Penggunaan rak yang disusun secara bertingkat sebagai tempat untuk meletakkan tanaman yang ada merupakan strategi yang jitu dalam memaksimalkan lahan yang sempit.
  • Menggunakan sistem pertanian hidroponik
    Selain kendala lahan yang sempit, mungkin anda mungkin juga akan menemukan kendala lainnya yaitu keterbatasan media tanah. Hal ini bisa disisati dengan menggunakan sistem hidroponik. Sistem pertanian hidroponik yang menggabungkan konsep pertanian diatas media air merupakan sistem yang cukup populer dan juga cocok untuk dipergunakan dalam usaha agrobisnis di lahan yang sempit dan media tanah yang terbatas.

Strategi untuk Memulai Usaha Agrobisnis

Sebelum anda memulai usaha agrobisnis, ada beberapa hal yang perlu anda persiapkan agar bisnis ini tetap bisa berjalan lancar untuk kedepannya:

  • Pemilihan jenis tanaman
    Pemilihan jenis tanaman ini sendiri akan sangat bergantung pada banyak hal misalnya saja kondisi tanah atau kondisi cuaca tempat anda tinggal, area yang tersedia, peluang laku tidaknya hasil pertanian tersebut dan berbagai hal lain.
  • Pengetahuan tentang cara dan metode pertanian yang tepat
    Tanpa adanya pengetahuan mengenai cara serta metode yang perlu diterapkan untuk menanam dan memelihara tanaman yang ada, maka bisa dipastikan usaha tersebut tidak akan berjalan dengan lancar.
  • Pengolahan pasca panen
    Hal ini juga perlu menjadi bahan pertimbangan sejak awal. Hasil panen dari pertanian yang ada bisa dipasarkan secara langsung dalam bentuk mentah atau bisa juga diolah terlebih dahulu, yang pastinya akan meningkatkan daya jual di pasaran.
  • Pemasaran
    Sebelum memulai, ada baiknya anda telah memiliki bayangan mengenai proses pemasaran. Bila anda telah memiliki informasi atau tempat dimana bisa memasarkan hasil panen anda tersebut, maka hasil panen yang ada tidak akan sia-sia.

Strategi dalam Mengembangkan Usaha Agrobisnis

Setelah anda memulai usaha agrobisnis, maka anda perlu mulai memikirkan upaya pengembangan usaha tersebut agar bisa menjadi lebih baik, lebih besar dan pastinya akan lebih menguntungkan di kemudian hari.

Dalam mengembangkan usaha agrobisnis ini ada beberapa hal yang bisa anda pertimbangkan:

  • Pengembangan produk pertanian
    Anda perlu memiliki ide mengembangkan bisnis anda yaitu mengolah hasil produksi yang ada menjadi sesuatu hal yang baru dan inovatif, sehingga akan bisa menarik perhatian orang banyak. Sebagai contoh, bila anda memiliki usaha agrobisnis pertanian tanaman jagung, yang pada awalnya anda menjual mentah hasil panen anda, maka anda bisa mengolah bahan jagung bentuk produk makanan jadi atau sebagainya. Produk-produk seperti ini merupakan produk lanjutan yang memiliki daya jual yang jauh lebih tinggi.
  • Mengembangkan jaringan pemasaran yang lebih luas
    Bila selama ini hasil pertanian yang ada hanya dipasarkan di pasar lokal, maka anda perlu berpikir mengenai cara untuk memasarkannya ke tingkatan yang lebih luas, bahkan bila perlu mencapai tingkat internasional.
  • Upaya peningkatan jumlah produksi
    Hal ini perlu dilakukan untuk bisa memenuhi kebutuhan pasar yang meningkat serta memenuhi jumlah kebutuhan konsumen yang berubah-ubah.
  • Penggunaan teknologi dalam usaha pertanian
    Di jaman modern seperti sekarang ini, usaha agrobisnis pertanian juga tidak lepas dari perkembangan teknologi. Ada banyak aspek dalam sebuah usaha agrobisnis dimana penerapan teknologi terbaru bisa menjadi cara untuk meningkatkan usaha tersebut menjadi lebih baik misalnya saja penggunaan mesin tanam terbaru, penggunaan strategi pemasaran secara online melalui internet, penggunaan jenis benih baru dan sebagainya.
  • Pengembangan Sumber Daya Manusia
    Pengembangan SDM yang dimaksud disini adalah upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan para pengusaha dalam bidang yang mereka tekuni. Upaya pengembangan SDM ini bisa berupa penambahan referensi pertanian, pengembangan kemampuan bisnis serta manajerial, pengembangan kemampuan berorganisasi serta berbagai hal lainnya yang akan menunjang kesuksesan bisnis tersebut.

Pengembangan Usaha Agrobisnis secara Online

Melihat pesatnya perkembangan bisnis online pada saat ini, hal tersebut bisa menjadi jalan untuk mengembangkan usaha agrobisnis anda. Melalui bisnis online anda bisa memasarkan hasil produksi, memasarkan benih tanaman dan tentunya dengan perkembangan internet yang semakin maju bisa mendongkrak usaha pengembangan bisnis agrobisnis anda.

Perlu anda perhatikan, hasil panen produksi pertanian yang anda pasarkan secara online. Ada hal Khusus yang harus anda perhatikan, yaitu tentang pengepakan/packing, pengemasan dan pengiriman perlu menjadi perhatian tersendiri agar hasil panen yang ada bisa tiba dengan kondisi yang baik hingga di tempat tujuan. Pemasaran hasil pertanian secara online akan jauh lebih menguntungkan bila bisa menembus pasar yang lebih besar, yang secara otomatis membutuhkan jumlah hasil produksi yang banyak.

Salah satu hal yang cukup menjanjikan dari penggunaan strategi bisnis online dalam bidang usaha agrobisnis pertanian adalah upaya untuk memasarkan produk olahan atau produk lanjutan dari hasil panen yang ada. Hal ini berarti para pengusaha agrobisnis perlu mengembangkan usaha mereka secara agroindustri dan mengolah hasil panen yang ada menjadi sebuah produk lanjutan dalam bentuk apapun juga. Produk lanjutan seperti ini memiliki daya tarik dan daya jual yang jauh lebih baik bila dibandingkan dengan produk mentah, terutama bila produk lanjutan tersebut tergolong unik dan inovatif.

Proses pemasaran hasil produksi anda secara mentah ataupun produk olahan yang ada dari hasil pertanian bisa menggunakan berbagai media online. Salah satu media yang paling tepat untuk pemasaran seperti ini adalah website dan juga blog yang berisikan informasi lengkap mengenai produk yang anda pasarkan. Selain itu, media sosial lain seperti seperti Facebook, Instagram dan sosial media lainnnya juga bisa dimanfaatkan sebagai ajang promosi.

Demikian beberapa tips dalam memulai usaha agrobisnis yang bisa anda jadikan sebagai referensi ketika akan memulai bisnis di bidang agrobisnis ini. Peluang usaha bidang agrobisnis memang sangat menjanjikan. Anda hanya perlu lebih jeli melihat peluang dan moment yang ada. Jangan pernah takut untuk mencoba hal yang baru dan jangan pernah takut untuk GAGAL. Karena kegagalan adalah proses untuk menuju keberhasilan.

Selamat mencoba dan semoga sukses. Salam sukses!!!

Pencarian terkait:

contoh desa agrobisnis