Cara Budidaya Lidah Buaya Kualitas Ekspor

Cara Budidaya Lidah Buaya Kualitas Ekspor – Siapa yang tidak mengenal lidah buaya? Bentuknya yang unik dan manfaatnya yang sangat beragam membuat tanaman yang satu ini sangat terkenal. Selain untuk dijadikan sebagai tanaman hias, lidah buaya juga bermanfaat untuk kecantikan dan juga bisa dioleh menjadi dodol, kripik, jelly, permen, sirup, puding, natta de aloevera, sup dan tepung. Dengan khasiat, manfaat dan adanya berbagai macam produk yang menggunakan lidah buaya, maka budidaya lidah buaya juga menjanjikan untuk menambah pundi – pundi anda.

Lidah buaya semakin dicari – cari konsumen baik yang dari dalam negeri maupun luar negeri. Iklim tropis di indonesia memungkinkan untuk membudidayakan lidah buaya dan mengekspornya dengan tujuan memenuhi kebutuhan pasar mancanegara. Beberapa daerah di indonesia yang sudah banyak membudidayakan lidah buaya diantaranya yaitu bali, yogyakarta, kalimantan, malang dan pontianak.

Cara Budidaya Lidah Buaya Kualitas Ekspor

Cara Budidaya Lidah Buaya Kualitas Ekspor

Berikut ini kami akan membagikan informasi mengenai Cara Budidaya Lidah Buaya Kualitas Ekspor. Langkah awalnya anda harus memastikan terlebih dahulu bibit tanaman yang sehat, yang bisa anda lihat dari daunnya yang tampak berih tanpa ada bintik ataupun noda. Nah, untuk perawatannya, anda bisa menyimak ulasan berikut ini :

Sukses Bisnis Budidaya Lidah Buaya Kualitas Ekspor

1. Penuhi Kebutuhan Sinar Matahari yang Cukup
Tanaman lidah buaya memerlukan banyak sinar matahari. Namun anda juga harus menghindarkannya dari sinar matahari yang intens karena bisa merusak daunnya. Bintik yang ada pada daun dengan warna orange atau coklat gelap, itu merupakan isyarat bahwa tanaman tersebut terlalu banyak terkena inar matahari. Biasanya jika sudah parah maka daunnya akan menjadi bersisik dan berubah warna menjadi orange. Sebaiknya anda menanam lidah buaya ini pada tempat yang teduh namun pada pagi hari tetap bisa mendapatkan sinar matahari secara langsung.

2. Perhatikan Jenis Tanah dan Pupuk
Untuk media tanam budidaya lidah buaya anda harus menggunakan jenis tanah yang cukp kering dan bukan tanah yang basah. Anda bisa mencampur tanah kering dengan pasir, perlit dan juga batu apung. Dan untuk pertumbuhan tanaman lidah buaya yang sehat, maka jangan lupa untuk melakukan pemupukan secara rutin.

3. Perhatikan Metode Penyiraman
Daun berdaging pada lidah buaya memungkinkan tanaman tersebut untuk banyak menyimpan air. Itulah alasannya mengapa lidah uaya hanya membutuhkan sedikit air atau penyiraman selama pertumbuhannya. Penyiraman pada tanaman lidah buaya yang berlebihan bisa menyebabkan lidah buaya tersebut menjadi busuk. Anda bisa menyiram tanaman saat tanah pada media tanamnya sudah tampak benar – benar ering. Pastikan jika anda menanam lidah buaya di pot, maka pot tersebut memilikilubang drainase untuk membuang kelebihan air saat penyiraman.

4. Rutin Mengganti Pot yang Banyak Tunasnya
Lidah buaya merupakan tanaman dengan tingkat pertumbuhan yang pesat sehingga akan segera memiliki banyak tunas. Dengan adanya tunas baru, maka anda perlu mengganti pot tersebut dan memindahkan tanaman pada pot lainnya. Karena jika anda tidak memisahkannya, tunas hanya akan mengganggu kesejahteraan tanaman induknya dengan cara menyedot energi dari induk tersebut.

Itulah ulasan mengenai “Cara Budidaya Lidah Buaya Kualitas Ekspor”. Semoga ulasan kami bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.