Cara Berbisnis Ternak Sapi Limosin Untung Jutaan Rupiah

Bisnis Ternak Sapi Limosin – Sapi limosin adalah jenis sapi yang memiliki kepribadian tubuh yang besar, panjang, dan padat. Dikembangkan pertama kali di Perancis, dan merupakan tipe sapi pedaging dengan perototan yang lebih baik dari simmental, warna bulu coklat tua kecuali disekitar ambing berwarna putih serta lutut kebawah dan sekitar mata berwarna lebih muda. Keunggulan dari jenis sapi limousin ini karena pertumbuhan badannya yang sangat cepat.
Bagi kalian yang belum mengetahui ciri-ciri dari sapi limosin, dibawah ada keterangan ciri-ciri sapi limosin :

  1. Sapi limosin memiliki tinggi mencapai 1 ½ meter.
  2. Bulu diseluruh tubuhnya tebal sehingga menutupi seluruh tubuhnya.
  3. Jenis sapi limosin memiliki warna mulai dari kuning hingga merah keemasan.
  4. Memiliki tanduk dengan warna yang cerah.
  5. Ketika lahir bobot tergolong kecil hingga medium.
  6. Sapi limosin betina memiliki bobot bisa mencapai 575 kg.
  7. Sedangkan pada sapi limosin betina dewasa bobotnya dapat mencapai 1100kg.
Cara Berbisnis Ternak Sapi Limosin Untung Jutaan Rupiah

Cara Berbisnis Ternak Sapi Limosin Untung Jutaan Rupiah

Cara Ternak Sapi Limosin Agar Cepat Tumbuh Besar

Ternak sapi limosin memiliki keunggulan tersendiri daripada sapi biasa, karena pertumbuhan badannya yang sangat cepat. Di dalam dunia industri peternakan sapi limosin diprediksi akan populer dan menjadi primadona baru. Sapi limosin mulai dilirik para peternak seperti halnya peternak sapi brahman dan sapi simental, karena sapi limosin sendiri memiliki pertumbuhan yang cepat dengan harga jual yang lumayan tinggi. Walau memiliki harga jual yang tinggi dari hari ke hari, permintaan hasil ternak sapi limosin justru semakin meningkat. Hal ini sering sekali membuat para peternak dan pedagang sapi sering merasa kewalahan untuk memenuhi setiap pesanan yang masuk, karena stoke dan suplai sapi limosin masih terbilang sangat terbatas.

  • Persiapan Kandang Sapi Limosin
    Sapi limosin adalah sapi yang mempunyai ukuran yang besar jadi apabila anda ingin membudidayakannya dalam skala besar maupun kecil, sebaiknya buatlah kandang sapi dalam ukuran yang luas. Kalian bisa memilih kandang dengan tipe terbuka, setengah terbuka, dan kandang tertutup. Kadang sapi lazimnya memiliki dua bentuk yaitu kandang individu dan juga kandang kelompok. Ukuran pada kandang individu biasanya 2,5 x 1,5 meter dengan ditempati satu ekor sapi limosin. Dengan kandang individu ini sapi limosin akan lebih cepat tumbuh, karena tidak terjadi persaingan dalam mendapatkan pakan serta memiliki ruang gerak yang terbatas. Sedangkan kandang kelompok merupakan kandang bakalan sapi dalam satu periode penggemukan ditempatkan dalam satu kandang. Dalam kandang kelompok seekor sapi akan memiliki kelemahan, yaitu terjadi persaingan dalam mendapatkan pakan, sehingga sapi yang kuat akan lebih cepat tumbuh daripada sapi yang lemah. Ketika memilih kandang untuk sapi, sebaiknya pilihlah kandang yang sesuai dengan kebutuhan kalian serta buatlah kandang yang sesuai dengan lingkungan tempat kalian ingin membudidayakan sapi limosin. Jika tempat yang akan kalian gunakan di dataran rendah yang mempunyai tiupan angin yang tidak terlalu kencang, kalian bisa memilih kandang terbuka atau setengah terbuka. Sedangkan bila di daerah yang dingin dengan angin yang bertiup kencang kalian bisa memilih kandang yang tertutup.
  • Pakan Sapi Limosin
    Dalam program penggemukan sapi limosin pakan merupakan hal terpenting, karena secara keilmuan dari sisi fisiologis dan system pencernaan sapi digolongkan ke dalam hewan ruminansia. Keberhasilan bertenak sapi limosin khususnya pada saat penggemukan dapat di beri pakan sapi dengan dua jenis, yaitu hijauan dan kombinasi pakan hijauan dengan konsentrat, serta vitamin. Konsentrat berupa biji-bijian, limbah pengolahan hasil pertanian, serta umbi-umbian. Berikan juga vaksin dan antibiotik agar sapi sehat, bugar, dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Walaupun sapi limosin adalah sapi yang tahan terhadap penyakit tetapi vaksin dan antibiotik bisa tetap di berikan. Kalian juga harus menjaga kebersihan tempat pakan dan minum, pilihlah tempat pakan dari bahan yang tidak melukai mislanya bahan dari kayu atau juga bisa membuat tembok yang dibuat persegi panjang. Sedangkan untuk tempat minum pilih dari bahan plastik yang berupa ember yang tidak mudah pecah serta mudah untuk dibersihkan dan diganti airnya.
  • Perawatan dan Panen Sapi Limosin
    Untuk perawatan kalian bisa memberikan sapi limosin obat cacing, antibiotik, maupun vaksin. Usahakan agar selalu membersihkan kotoran di kandang sapi setiap hari, ini untuk menjaga kesehatan sapi dan juga agar sapi tidak mengalami stress. Kalian juga bisa rutin memotong kuku sapi, karena pada kondisi tertentu kuku sapi yang terlalu panjang akan membuat sapi tidak nyaman dan membuat kakinya sakit. Untuk cara panennya, Sapi limosin sudah bisa di panen (dipasarkan atau dipotong) bila beratnya sudah mencapai 390-500 kg, karena sapi limosin merupakan sapi yang pertumbuhan dan perkembangannya cepat, maka kalian bisa memanen setelah 100 hari itu apabila kalian melakukan pemeliharaan dengan baik dan benar.

Cara Pemasaran Sapi Limosin

Untuk pemasaran sapi limosin sendiri kalian tidak akan kesulitan, karena sekarang minat orang terhadap sapi jenis ini cukup banyak sehingga kalian akan lebih mudah mendapatkan pembeli selain itu harga sapi limosin juga cukup mahal jadi kalian akan mendapat banyak keuntungan bila beternak sapi limosin. Dibawah adalah daftar harga sapi limosin menurut beberapa survey harga di pasaran :

Sapi Limosin Bakalan Rp. 8.000.000 – 10.000.000,-/ekor
Sapi Limosin Umur 5 – 6 bulan Rp. 10.000.000 – 14.000.000,-/ekor
Sapi Limosin Umur 6 – 8 bulan Rp. 15.500.000,-/ekor
Sapi Limosin Umur 8 – 10 bulan Rp. 17.300.000,-/ekor
Sapi Limosin Dewasa Umur 1 – 2 tahun Rp. 20.000.000 – 22.000.000,-/ekor

Harga di atas sewaktu waktu bisa berubah, baik hari ini, besok, atau lusa dan bulan depan. Dan juga harga tersebut pasti memiliki perbedaan di setiap daerah kalian masing-masing namun harga diatas bisa menjadi referensi atau patokan dalam melakukan usaha jual beli sapi limosin.

Demikianlah pembahasan tentang “Cara Berbisnis Ternak Sapi Limosin Untung Jutaan Rupiah”. Mungkin pembahasan ini tidak begitu lengkap, tapi sedikitnya pembahasan ini cukup membantu kalian. Semoga bermanfaat dan semoga sukses dalam berbisnis.